Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store
google

Expense Ratio

Apa itu Expense Ratio?

Expense ratio mengacu pada biaya yang dikenakan oleh dana investasi, seperti reksa dana, exchange-traded funds (ETF), dan dana indeks, untuk menutupi biaya operasional yang terkait dengan pengelolaan dan administrasi dana. Itu dinyatakan sebagai persentase dari total aset dana dan dikurangkan setiap tahun dari pengembalian investor.

Expense ratio mencakup berbagai biaya yang dikeluarkan oleh dana, termasuk biaya manajemen, biaya administrasi, biaya distribusi, dan biaya operasional lainnya. Pengeluaran ini mencakup aktivitas seperti manajemen portofolio, perdagangan, pemasaran, kepatuhan hukum, layanan kustodian, dan layanan pemegang saham.

Misalnya, jika reksa dana memiliki expense ratio 1%, berarti 1% aset dana digunakan untuk menutupi biaya. Jadi, jika seorang investor telah menginvestasikan $10.000 dalam dana tersebut, $100 akan dipotong sebagai biaya, dan jumlah sisanya akan digunakan untuk tujuan investasi.

Expense ratio merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan saat mengevaluasi dan membandingkan dana investasi. Expense ratio yang lebih rendah umumnya dianggap lebih menguntungkan bagi investor, karena menyisakan porsi pengembalian yang lebih besar untuk direalisasikan oleh investor.

Penting untuk dicatat bahwa expense ratio dapat bervariasi di berbagai jenis dana dan strategi investasi. Dana yang dikelola secara aktif cenderung memiliki expense ratio yang lebih tinggi dibandingkan dengan dana yang dikelola secara pasif, seperti dana indeks atau ETF.

Oleh sebab itu, investor harus hati-hati menilai expense ratio bersama dengan faktor lain, seperti kinerja dana, risiko, dan tujuan investasi, untuk membuat keputusan investasi yang selaras dengan tujuan keuangan.

Komponen Expense Ratio

Expense ratio dana investasi terdiri dari beberapa komponen yang mencakup berbagai biaya yang terkait dengan pengelolaan dan pengoperasian dana tersebut. Komponen utama meliputi:

1. Biaya Pengelolaan

Biaya pengelolaan adalah kompensasi yang dibayarkan kepada manajer investasi dana atau perusahaan manajemen untuk mengawasi dan membuat keputusan investasi atas nama dana tersebut. Biaya ini biasanya merupakan bagian yang signifikan dari expense ratio.

2. Biaya Administrasi

Biaya administrasi mencakup biaya administrasi dan operasional untuk menjalankan dana tersebut. Pengeluaran ini mungkin termasuk pencatatan, akuntansi, layanan hukum dan kepatuhan, pengarsipan peraturan, dan biaya administrasi lainnya.

3. Biaya Distribusi

Biaya distribusi adalah biaya yang digunakan untuk mengkompensasi perantara yang terlibat dalam distribusi dan pemasaran dana. Biaya ini dapat mencakup komisi yang dibayarkan kepada pialang atau penasihat keuangan, biaya iklan, dan biaya lain yang terkait dengan promosi dan penjualan dana tersebut.

4. Biaya Operasional Lainnya

Biaya operasional lainnya mencakup berbagai biaya lain-lain yang terkait dengan pengoperasian dana tersebut. Pengeluaran ini dapat mencakup biaya kustodian (untuk penyimpanan dan pemeliharaan aset dana), biaya audit, biaya pelaporan dan komunikasi pemegang saham, serta biaya administrasi umum lainnya.

Penting untuk dicatat bahwa dana yang berbeda mungkin memiliki komponen expense ratio yang berbeda tergantung pada struktur dan strategi investasinya.

Misalnya, dana indeks, yang bertujuan untuk mereplikasi kinerja indeks pasar tertentu, mungkin memiliki biaya manajemen yang lebih rendah dibandingkan dengan dana yang dikelola secara aktif, karena membutuhkan lebih sedikit manajemen portofolio sehari-hari.

Meskipun demikian, komponen-komponen ini secara kolektif membentuk expense ratio suatu dana. Sangat penting bagi investor untuk mempertimbangkan expense ratio dan komponennya saat mengevaluasi opsi investasi, karena biaya yang lebih tinggi dapat memakan pengembalian investasi dari waktu ke waktu.

Membandingkan expense ratio di seluruh dana serupa dapat membantu investor membuat keputusan yang lebih tepat tentang efisiensi biaya dari pilihan investasi yang berbeda.

Cara Menghitung Expense Ratio

Expense ratio dana investasi dihitung dengan membagi total pengeluaran dana dengan rata-rata aset bersihnya. Berikut adalah rumus untuk menghitung expense ratio.

Expense ratio = (Total Pengeluaran / Rata-Rata Aset Bersih) x 100

1. Total Pengeluaran

Total pengeluaran mengacu pada jumlah semua biaya yang dikeluarkan oleh dana selama periode tertentu. Biaya ini meliputi biaya manajemen, biaya administrasi, biaya distribusi, dan biaya operasional lainnya.

2. Rata-Rata Aset Bersih

Rata-rata aset bersih mewakili nilai rata-rata aset dana selama periode tertentu. Ini dihitung dengan mengambil jumlah aset bersih awal dan akhir dana, lalu membaginya dengan dua.

Untuk menghitung expense ratio, ikuti langkah-langkah berikut:

- Langkah 1: Tentukan total pengeluaran yang dikeluarkan oleh dana tersebut selama periode yang diinginkan.

- Langkah 2: Hitung rata-rata aktiva bersih dana dengan menambahkan nilai aktiva bersih pada - awal dan akhir periode, dan kemudian membagi jumlah tersebut dengan 2.

- Langkah 3: Bagi total pengeluaran dengan rata-rata asset bersih.

- Langkah 4: Kalikan hasilnya dengan 100 untuk menyatakan expense ratio sebagai persentase.

Contoh Expense Ratio

Misalnya, jika sebuah dana memiliki total pengeluaran sebesar $1 juta dan rata-rata aset bersih sebesar $100 juta, perhitungannya adalah sebagai berikut:

Expense ratio = ($1.000.000 / $100.000.000) x 100 = 1%

Expense ratio yang dihasilkan sebesar 1% menunjukkan bahwa 1% aset dana digunakan untuk menutupi biayanya. Penting untuk dicatat bahwa rasio biaya dapat bervariasi dari waktu ke waktu karena biaya dan aset bersih berfluktuasi.

Oleh karena itu, expense ratio harus dievaluasi secara berkala untuk menilai biaya berkelanjutan yang terkait dengan investasi dalam dana tertentu.

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca

Daftar Isi

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.
Buka Akun Demo dan Trading Tanpa Risiko

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil