Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store
google

Indonesia Clearing House

Pahami pengertian, fungsi, dan peran Indonesia Clearing House

Pengertian Indonesia Clearing House

Indonesia Clearing House (ICH) merupakan entitas bisnis yang dibentuk sesuai hukum Republik Indonesia berdasarkan UU No. 32 Tahun 1997 tentang Perdagangan Berjangka Komoditi dan UU No. 10 Tahun 2011 tentang Perubahan UU No. 32 Tahun 1997.

Tugas utama ICH adalah menyelenggarakan sistem dan fasilitas yang diperlukan untuk memastikan kliring dan penjaminan transaksi di Bursa Berjangka. Fokus utamanya adalah untuk menjamin keamanan dan efisiensi dalam sistem pembayaran serta penyelesaian transaksi Kontrak Berjangka keuangan di Indonesia.

Sejarah dan Latar Belakang Indonesia Clearing House

Indonesia Clearing House pertama kali didirikan pada tahun 2007 dengan nama PT. Identrust Security International dengan Akta Pendirian No. 02 tanggal 4 April 2007 yang kemudian berganti nama menjadi PT Indonesia Clearing House berdasarkan Keputusan Kepala BAPPEBTI Nomor 16/BAPPEBTI/SP-PN/04/2015.

ICH hadir dengan visi untuk menjadi penyedia jasa kliring dan settlement bertaraf dunia. Sedangkan misi ICH adalah untuk menjadikan masyarakat bertransaksi dengan penuh keyakinan dan rasa aman secara finansial berdasarkan prinsip IOSCO/IOCV bagi infrastruktur Pasar Keuangan.

Indonesia Clearing House merupakan partner ICDX yang hadir sebagai upaya untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan sistem pembayaran dan penyelesaian transaksi keuangan di Indonesia. Sebelum adanya Indonesia Clearing House, sistem pembayaran dan penyelesaian transaksi keuangan masih bersifat manual dan rawan terjadi kesalahan dan penipuan.

Dengan adanya Indonesia Clearing House, sistem pembayaran dan penyelesaian transaksi keuangan di Indonesia menjadi lebih efisien dan terintegrasi. Ini membantu memastikan keamanan dan transparansi transaksi keuangan, serta membantu mencegah terjadinya kekeliruan atau penipuan. Indonesia Clearing House saat ini merupakan bagian penting dari sistem keuangan di Indonesia.

Fungsi dan Tugas Indonesia Clearing House

Secara umum, ICH memiliki tugas untuk menangani segala hal yang berhubungan dengan penyelesaian dan penyimpanan transaksi keuangan, seperti transfer dana, pembayaran, dan settlement. Berikut adalah penjelasan detail fungsi dan tugas Indonesia Clearing House:

Penyelesaian Transaksi

Menyediakan jasa penyelesaian transaksi keuangan bagi para anggotanya.

Penyimpanan Transaksi

Menyediakan jasa penyimpanan transaksi keuangan bagi para anggotanya dan memastikan bahwa transaksi keuangan tersebut tersimpan dengan aman dan terintegrasi dengan sistem keuangan nasional.

Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan

Memastikan stabilitas sistem keuangan dengan melakukan monitoring dan pengawasan terhadap aktivitas transaksi keuangan para anggotanya.

Mencegah Penipuan

Menjaga integritas sistem pembayaran dan penyelesaian transaksi keuangan dengan mencegah terjadinya kegiatan penipuan dan kecurangan.

Meningkatkan Efisiensi Sistem Keuangan

Memastikan efisiensi sistem pembayaran dan penyelesaian transaksi keuangan dengan menyediakan jasa yang lebih cepat, efisien, dan terintegrasi.

Untuk meningkatkan kepercayaan dan stabilitas di pasar keuangan, ICH dan ICDX meluncurkan sistem berbasis platform bernama CITRA. Sistem ini memastikan keakuratan dan verifikasi transaksi trading yang dilaporkan oleh broker dan trader, sehingga dapat mengurangi pengaduan nasabah dan meningkatkan kepercayaan kepada broker forex terpercaya anggota ICH.

Dengan melakukan tugas-tugas tersebut, Indonesia Clearing House berperan penting dalam memastikan keamanan, efisiensi, dan stabilitas sistem keuangan di Indonesia. Lembaga ini juga membantu meningkatkan kepercayaan para pelaku bisnis dan individu dalam melakukan transaksi keuangan.

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca

Daftar Isi

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.
Buka Akun Demo dan Trading Tanpa Risiko

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil