Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store
google

Book Value Per Share

Memahami perhitungan dan rumus dari book value per share dalam dunia keuangan

Apa itu Book Value Per Share?

Book Value Per Share (BVPS) adalah metrik keuangan yang mengukur nilai ekuitas per lembar saham dari suatu perusahaan. Dalam istilah sederhana, BVPS adalah jumlah total ekuitas pemegang saham suatu perusahaan dibagi dengan jumlah saham yang beredar. 

Ini memberikan gambaran tentang nilai intrinsik per saham berdasarkan aset dan kewajiban perusahaan pada suatu titik waktu tertentu.

Nilai BVPS memberikan pandangan tentang berapa banyak nilai yang tersisa untuk setiap saham jika perusahaan dihentikan dan semua kewajibannya dilunasi. Ini dapat digunakan oleh investor sebagai salah satu indikator untuk menilai apakah harga saham saat ini diperdagangkan di bawah atau di atas nilai intrinsiknya. 

Jika harga saham lebih rendah dari BVPS, itu bisa menjadi sinyal bahwa saham tersebut diperdagangkan dengan diskon relatif dan mungkin undervalued. Namun, BVPS juga harus dianalisis bersama dengan faktor-faktor lain seperti kinerja keuangan perusahaan, prospek pertumbuhan, dan kondisi industri secara keseluruhan sebelum membuat keputusan investasi.

Elemen dalam Book Value Per Share

Book Value Per Share terdiri atas beberapa elemen. Berikut ini penjelasannya.

Book Value

Book Value adalah total ekuitas, atau nilai aktiva bersih, dari sebuah perusahaan. Karena perusahaan publik dimiliki oleh pemegang saham, ini juga dikenal sebagai total ekuitas pemegang saham.

Book value mencakup semua peralatan dan properti yang dimiliki oleh perusahaan, serta semua kepemilikan tunai atau inventaris yang ada. Ini juga memperhitungkan semua kewajiban perusahaan, seperti utang atau beban pajak.

Untuk mendapatkan book value, Anda harus mengurangkan semua kewajiban tersebut dari total aset perusahaan. Nilai ini dapat Anda temukan di neraca perusahaan.

Saham

Aspek saham mengacu pada saham biasa perusahaan. Ini adalah saham yang bisa dibeli atau dijual di bursa. Menghitung Book Value Per Share dapat membantu investor memutuskan apakah menurut mereka market value saham terlalu mahal atau terlalu rendah.

Bagaimana Cara Menghitung Book Value Per Share?

Untuk menghitung Book Value Per Share, Anda harus terlebih dahulu menghitung book value, kemudian membaginya dengan jumlah saham biasa. Juga, karena Anda bekerja dengan saham biasa, Anda harus mengurangi ekuitas pemegang saham pilihan dari total ekuitas. Jika tidak, Book Value Per Share akan membengkak dan tidak akurat.

Rumus Book Value Per Share

Rumus untuk BVPS adalah:

Book Value Per Share = Total Ekuitas Pemegang Saham - Saham Pilihan / Jumlah Rata-rata Saham yang Beredar

Penting untuk menggunakan jumlah rata-rata saham beredar dalam perhitungan ini karena jumlah periode penutupan dapat memberikan hasil yang tidak tepat jika terjadi penerbitan saham atau pembelian saham besar-besaran. 

Menggunakan jumlah akhir periode (yang mencakup peristiwa jangka pendek seperti pembelian kembali saham) dapat mengubah nilai akhir periode, dan ini akan memengaruhi hasil dan mengurangi keandalannya. Ini dapat menyesatkan investor untuk berpikir bahwa harga saham dinilai terlalu tinggi atau terlalu rendah padahal sebenarnya tidak demikian.

Cara Kerja Book Value Per Share

Umumnya, Book Value Per Share digunakan oleh investor (terutama investor nilai) untuk menentukan apakah suatu saham dinilai secara wajar. Jika BVPS kurang dari harga saham, maka itu memberi tahu investor bahwa saham tersebut bisa jadi dinilai terlalu tinggi — harganya lebih mahal daripada aset yang menjadi haknya. 

Di sisi lain, ketika BVPS lebih dari harga saham, itu berarti seorang investor pada dasarnya dapat membeli saham di aset perusahaan dengan harga kurang dari nilai sebenarnya dari aset tersebut.

Bayangkan sebuah perusahaan memiliki ekuitas pemegang saham senilai $20 juta, saham pilihan senilai $5 juta, dan rata-rata 5 juta saham beredar. Perhitungan Book Value Per Share-nya adalah:

BVPS = (Ekuitas pemegang saham - ekuitas pilihan) ÷ jumlah rata-rata saham biasa

= ($20 juta - $5 juta) ÷ 5 juta

= $15 juta ÷ 5 juta

BVPS = $3 per saham

Contoh Book Value Per Share

ABC Limited memiliki $20 juta ekuitas pemegang saham, di mana $5 juta di antaranya adalah saham pilihan. Perusahaan memiliki rata-rata saham yang beredar sebanyak 3 juta selama periode tersebut. Berdasarkan informasi ini, kita dapat menghitung BVPS sebagai berikut:

BVPS = (Ekuitas pemegang saham - ekuitas pilihan) ÷ jumlah rata-rata saham biasa

BVPS = ($20.000.000 – $5.000.000) / 3.000.000

BVPS = $15.000.000 / 3.000.000

BVPS = $5

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca

Daftar Isi

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.
Buka Akun Demo dan Trading Tanpa Risiko

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil