Waspada penipuan yang mengatasnamakan HSB.Klik di sini untuk melihat klarifikasi lengkapnya.
close

Exchange Rate

Pengertian Exchange Rate

Secara umum, Exchange Rate adalah nilai tukar dari suatu mata uang milik sebuah negara terhadap nilai tukar mata uang dari negara lain. Nama lain dari Exchange Rate adalah kurs mata uang, yang juga merupakan nilai perbandingan antar mata uang dari negara yang berbeda.

Exchange Rate memainkan peranan penting dalam aktivitas Ekspor dan Impor karena menjadi patokan awal untuk menentukan harga jual dan beli valuta asing dalam transaksinya.

Jenis-jenis Exchange Rate

  • Kurs Tetap (Fixed Exchange Rate): Nilai Exchange Rate tetap ditentukan oleh pemegang otoritas moneter tertinggi di suatu negara, seperti Bank Sentral. Nilai tetap ini tidak dipengaruhi oleh tingkat penawaran atau permintaan di pasar keuangan.

  • Kurs Mengambang Terkendali (Managed Floating Exchange Rate): Nilai tukar mata uang pada Exchange Rate ini tidak murni berasal dari tingkat penawaran dan permintaan saja, tetapi dari tingkat kekuatan pasar saat naik maupun turun.

  • Kurs Mengambang Bebas (Free Floating Exchange Rate): Sistem nilai tukar mata uang ini biasanya dianut oleh negara dengan sistem perekonomian yang sudah mapan dan stabil. Nilai tukar mata uang sepenuhnya berdasarkan kondisi ekuilibrium pasar dalam negara yang memiliki mata uang ini tanpa ada campur tangan pemerintah.

Contoh & Cara Hitung Exchange Rate

Exchange Rate adalah nilai tukar antara dua mata uang, yang menunjukkan berapa banyak mata uang asing yang dapat dibeli dengan satu unit mata uang lokal. Berikut adalah cara menghitung Exchange Rate secara detail:

Tentukan dua mata uang yang akan dibandingkan, misalnya Dolar AS (USD) dan Euro (EUR) atau biasa dsebut juga sebagai pasangan mata uang.

Cari informasi tentang harga beli mata uang asing. Harga beli adalah harga yang harus dibayar dalam mata uang lokal untuk membeli satu unit mata uang asing.

Cari informasi tentang harga jual mata uang asing. Harga jual adalah harga yang akan diterima dalam mata uang lokal saat menjual satu unit mata uang asing.

Hitung rata-rata antara harga beli dan harga jual untuk mendapatkan Exchange Rate:

Exchange Rate = (Harga beli + Harga jual) / 2

Contoh:

Jika harga beli Euro adalah 1.1940 Dolar AS, dan harga jual Euro adalah 1.2010 Dolar AS, maka Exchange Rate antara Euro dan Dolar AS adalah:

Exchange Rate = (1.1940 + 1.2010) / 2 = 1.1950

Ini berarti bahwa satu Euro sama dengan 1.1950 Dolar AS. Namun perlu Anda ingat bahwa Exchange Rate dalam Trading Forex sering berubah-ubah sesuai dengan kondisi pasar dan ekonomi global. Oleh karena itu, sangat penting untuk memantau perkembangannya secara berkala.

Trade with HSB Investasi easily

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

Daftar Isi

Trade with HSB Investasi easily

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

Artikel Terpopuler HSB

chat