Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store
google

Year Over Year

Apa itu Year Over Year?

Laporan Year Over Year (YoY) adalah jenis laporan keuangan yang menunjukkan perubahan persentase kinerja bisnis atau keuangan suatu perusahaan dari satu tahun ke tahun berikutnya. Laporan ini membandingkan data keuangan pada periode waktu yang sama dari tahun sebelumnya, sehingga memungkinkan Anda untuk melihat perubahan atau tren yang terjadi dalam kinerja perusahaan dari waktu ke waktu.

Laporan Year Over Year sering digunakan dalam laporan keuangan tahunan dan kuartalan perusahaan yang merupakan salah satu indikator penting dalam analisis fundamental. Dalam analisis trading saham, laporan YoY dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang pertumbuhan perusahaan dan kinerja keuangan dalam jangka panjang.

Fungsi Laporan Year Over Year

Berikut adalah beberapa fungsi dari laporan Year Over Year (YoY) untuk menunjang analisis trading saham Anda:

1. Mengidentifikasi tren dan perubahan dalam kinerja perusahaan: Dengan membandingkan data keuangan pada periode waktu yang sama dari tahun sebelumnya, laporan YoY dapat membantu Anda untuk melihat arah tren dan perubahan dalam kinerja perusahaan dari waktu ke waktu.

2. Menunjukkan tingkat pertumbuhan atau penurunan perusahaan: laporan YoY dapat membantu mengidentifikasi apakah suatu perusahaan sedang bertumbuh atau mengalami penurunan dalam kinerja bisnisnya.

3. Membandingkan kinerja perusahaan dengan pesaing: Dengan menggunakan laporan YoY, Anda dapat membandingkan kinerja perusahaan emiten dengan perusahaan pesaing dalam industri yang sama, dan memeroleh wawasan tentang posisi perusahaan dalam pasar.

4. Membantu pengambilan keputusan trading dan investasi: Dengan mengevaluasi kinerja perusahaan dari waktu ke waktu, laporan YoY bisa membantu Anda mengambil keputusan investasi yang lebih terinformasi.

5. Menilai efektivitas strategi perusahaan: Laporan YoY dapat membantu perusahaan mengevaluasi efektivitas strategi bisnis dan operasionalnya, serta mengidentifikasi area mana saja yang membutuhkan perbaikan atau peningkatan kinerja perusahaan.

Secara umum, Laporan YoY bisa menjadi alat yang penting dalam analisis fundamental dan pengambilan keputusan investasi, karena memberikan wawasan tentang kinerja jangka panjang suatu perusahaan dan perbandingannya dengan industri dan pesaingnya.

Rumus Menghitung Year Over Year

Untuk mengetahui tingkat kinerja suatu perusahaan emiten penerbit saham, Anda bisa menggunakan rumus untuk menghitung Year Over Year (YoY). Berikut caranya:

{(Data saat ini - Data tahun sebelumnya) / Data tahun sebelumnya} x 100

Dalam rumus di atas, "Data saat ini" merujuk pada data keuangan atau bisnis terbaru yang sedang dievaluasi, sedangkan "Data tahun sebelumnya" merujuk pada data yang sama untuk periode waktu yang sama pada tahun sebelumnya. Perhitungan ini memberikan persentase perubahan dalam kinerja perusahaan dari tahun ke tahun.

Contoh Penghitungan Year Over Year

Sebagai contoh, misalkan suatu perusahaan emiten melaporkan pendapatan tahun 2020 sebesar $1 juta dan $1,2 juta pada tahun 2021. Untuk menghitung YoY pertumbuhan pendapatan perusahaan, Anda dapat menggunakan rumus berikut:

{($1,200,000 - $1,000,000) / $1,000,000} x 100 = 20%

Dalam contoh ini, YoY pertumbuhan pendapatan perusahaan emiten tersebut adalah 20%, yang menunjukkan peningkatan pendapatan sebesar 20% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

YoY juga dapat dihitung untuk berbagai jenis data keuangan, seperti laba bersih, EBITDA, margin keuntungan, dan lain-lain. Perhitungan ini membantu Anda dalam mengevaluasi kinerja perusahaan dari waktu ke waktu dan membandingkannya dengan tahun sebelumnya atau dengan perusahaan pesaing dalam industri yang sama.

Year Over Year dalam Analisis Trading

Laporan Year Over Year (YoY) sangat berguna dalam analisis fundamental trading karena dapat memberikan wawasan tentang kinerja jangka panjang suatu perusahaan. Berikut adalah beberapa cara untuk memanfaatkan laporan YoY dalam analisis fundamental trading:

Identifikasi tren dan perubahan dalam kinerja perusahaan 

Dengan membandingkan data keuangan pada periode waktu yang sama dari tahun sebelumnya, laporan YoY dapat memperlihatkan tren dan perubahan dalam kinerja perusahaan dari waktu ke waktu. Dalam analisis fundamental trading, ini akan membantu Anda menentukan apakah suatu perusahaan sedang tumbuh atau mengalami penurunan dalam kinerja bisnisnya.

Bandingkan kinerja perusahaan dengan pesaing

Dengan menggunakan laporan YoY, trader dapat membandingkan kinerja perusahaan penerbit saham dengan perusahaan pesaing dalam industri yang sama, dan memperoleh wawasan tentang posisi perusahaan dalam pasar. Dalam analisis fundamental trading, ini bisa memberikan gambaran apakah suatu perusahaan memiliki keunggulan kompetitif atau tidak.

Tentukan tingkat pertumbuhan atau penurunan perusahaan 

Laporan YoY dapat membantu Anda mengidentifikasi apakah kinerja suatu perusahaan sedang bertumbuh atau mengalami penurunan sebagai dasar analisis potensi untuk pertumbuhan jangka panjang perusahaan tersebut.

Perhatikan perbandingan antara YoY dan ekspektasi pasar 

Laporan YoY juga harus dibandingkan dengan ekspektasi pasar untuk menilai apakah perusahaan telah memenuhi, melebihi, atau tidak memenuhi harapan. Jika YoY menunjukkan pertumbuhan yang lebih tinggi dari ekspektasi pasar, ini bisa menandakan adanya potensi keuntungan bagi investor. Sebaliknya, jika YoY menunjukkan penurunan yang lebih rendah dari ekspektasi pasar, ini bisa menandakan kemunculan potensi risiko bagi investor.

Karena itulah, penting bagi Anda untuk memahami laporan YoY yang dapat mendukung analisis meraih peluang trading agar lebih tepat sasaran untuk jangka panjang.

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca

Daftar Isi

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.
Buka Akun Demo dan Trading Tanpa Risiko

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil