Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store
google

Investment Appraisal

Pengertian Investment Appraisal

Investment Appraisal merujuk pada langkah evaluasi serta analisis kesempatan investasi yang potensial guna menentukan apakah layak dan perlu diselidiki lebih lanjut.

Proses ini melibatkan penerapan teknik analisis keuangan dan ekonomi guna mengestimasi biaya serta manfaat dari investasi yang diajukan, serta untuk menilai dampak potensialnya terhadap kinerja finansial organisasi dan nilai keseluruhan.

Fungsi Investment Appraisal

Fungsi investment appraisal yang utama sebagai proses penting bagi organisasi untuk membuat keputusan investasi yang terinformasi dan untuk memastikan bahwa investasi selaras dengan tujuan dan sasaran strategis mereka.

Ini membantu organisasi untuk mengevaluasi peluang investasi, menilai potensi risiko dan manfaat investasi dan mengidentifikasi alternatif investasi yang paling layak akan berkontribusi pada kesuksesan jangka panjang mereka.

Metode Investment Appraisal

Ada beberapa metode investment appraisal, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri. Beberapa metode yang paling umum adalah:

Net Present Value (NPV)

Metode ini menghitung nilai sekarang dari arus kas yang diharapkan selama masa investasi, dikurangi investasi awal. Jika hasilnya positif, maka investasi dianggap layak.

Internal Rate of Return (IRR)

Metode ini menghitung tingkat pengembalian yang membuat nilai sekarang dari arus kas yang diharapkan sama dengan investasi awal. Jika IRR lebih besar dari tingkat pengembalian yang disyaratkan, maka investasi dianggap layak.

Payback Period

Metode ini menghitung waktu yang diperlukan untuk arus kas masuk yang diharapkan sama dengan investasi awal. Jika periode pengembalian lebih pendek dari periode waktu yang ditentukan, maka investasi dianggap layak. Oleh karena itu menghitung payback period merupakan salah saut hal yang perlu diperhatikan.

Accounting Rate of Return (ARR)

Metode ini menghitung laba tahunan rata-rata yang dihasilkan oleh investasi, dinyatakan sebagai persentase dari investasi awal. Jika ARR lebih besar dari tingkat pengembalian minimum yang ditentukan, maka investasi dianggap layak.

Profitability Index (PI)

Metode ini menghitung rasio nilai sekarang dari arus kas masuk yang diharapkan terhadap investasi awal. Jika PI lebih besar dari 1, maka investasi dianggap layak.

Teknik Investment Appraisal

Teknik investment appraisal melibatkan pendekatan sistematis untuk mengevaluasi peluang investasi, yang mungkin termasuk:

  • Mengidentifikasi dan menentukan peluang investasi melibatkan identifikasi investasi potensial dan menentukan ruang lingkup, tujuan, dan hasil yang diharapkan dari investasi.

  • Mengumpulkan dan menganalisis data yang melibatkan pengumpulan dan analisis data relevan seperti data keuangan dan ekonomi, data pasar, dan data operasional, untuk memperkirakan biaya dan manfaat investasi.

  • Mengevaluasi alternatif investasi yang melibatkan membandingkan dan mengevaluasi berbagai alternatif investasi berdasarkan perkiraan biaya, manfaat, risiko, dan faktor lainnya.

  • Memilih dan menerapkan investasi yang melibatkan pemilihan alternatif investasi yang paling layak dan menerapkan rencana investasi, termasuk mengamankan pendanaan, mengalokasikan sumber daya, dan memantau kemajuan.

Contoh Investment Appraisal

Berikut adalah contoh bagaimana Investment Appraisal dapat digunakan untuk mengevaluasi peluang investasi potensial:

Sebuah perusahaan manufaktur sedang mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam jalur produksi baru yang biaya pemasangannya $500.000. Lini produksi diharapkan menghasilkan arus kas masuk sebesar $150.000 per tahun selama 5 tahun, setelah itu tidak akan memiliki nilai sisa. Tingkat pengembalian yang diminta perusahaan adalah 10%.

Dengan menggunakan metode net present value (NPV), kita dapat menghitung nilai sekarang dari arus kas masuk yang diharapkan sebagai berikut:

Tahun 1: $150.000 / (1+10%)^1 = $136.364
Tahun 2: $150.000 / (1+10%)^2 = $123.967
Tahun 3: $150.000 / (1+10%)^3 = $112.697
Tahun 4: $150.000 / (1+10%)^4 = $102.452
Tahun 5: $150.000 / (1+10%)^5 = $93.139

NPV = - $500.000 + $136.364 + $123.967 + $112.697 + $102.452 + $93.139
NPV = $68.619

NPV positif, menunjukkan bahwa investasi diharapkan menghasilkan pengembalian positif dan karenanya merupakan peluang investasi yang layak.

Dengan menggunakan metode tingkat pengembalian internal (IRR), kita dapat menghitung tingkat pengembalian yang membuat nilai sekarang dari arus kas masuk yang diharapkan sama dengan investasi awal sebagai berikut:

IRR = 16,54%

IRR lebih besar dari tingkat pengembalian yang disyaratkan sebesar 10%, menunjukkan bahwa investasi tersebut merupakan peluang yang layak.

Berdasarkan perhitungan tersebut, perusahaan dapat menggunakan penilaian investasi untuk menyimpulkan bahwa berinvestasi pada lini produksi baru merupakan peluang yang layak yang diharapkan dapat menghasilkan pengembalian positif dan berkontribusi pada kesuksesan jangka panjang perusahaan.

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca

Daftar Isi

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.
Buka Akun Demo dan Trading Tanpa Risiko

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil