Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store
google

Account Payable

Pengertian Account Payable

Account payable (hutang dagang) adalah jumlah uang yang harus dibayar oleh perusahaan kepada pemasok atau kreditur atas barang atau jasa yang telah diterima tetapi belum dibayar. Account payable dicatat sebagai kewajiban lancar dalam neraca perusahaan dan mencerminkan komitmen perusahaan untuk melakukan pembayaran di masa mendatang.

Account payable adalah salah satu komponen penting dalam manajemen keuangan dan akuntansi perusahaan. Ini mencerminkan kewajiban perusahaan terhadap pihak ketiga dan harus dikelola dengan baik untuk memastikan kelancaran operasional perusahaan. Dalam praktiknya, account payable dapat mencakup berbagai jenis kewajiban, seperti hutang kepada pemasok barang dagangan, biaya operasional, biaya sewa, dan lain-lain. 

Komponen Account Payable

  • Faktur dari Pemasok: Faktur adalah dokumen yang diterima dari pemasok yang merinci jumlah yang harus dibayar oleh perusahaan.

  • Jatuh Tempo Pembayaran: Tanggal dimana pembayaran atas faktur harus dilakukan.

  • Diskon Pembayaran: Beberapa pemasok menawarkan diskon jika pembayaran dilakukan dalam periode waktu tertentu.

  • Kebijakan Pembayaran: Perusahaan biasanya memiliki kebijakan pembayaran yang mengatur kapan dan bagaimana pembayaran dilakukan.

Fungsi Account Payable

  • Manajemen Likuiditas: Account payable membantu perusahaan mengelola likuiditas dengan memastikan bahwa semua kewajiban dibayar tepat waktu. Ini penting untuk menjaga hubungan baik dengan pemasok dan memastikan kelancaran operasi bisnis.

  • Pengendalian Keuangan: Dengan mencatat semua transaksi hutang, perusahaan dapat mengendalikan pengeluaran dan menghindari pemborosan. Ini juga memungkinkan perusahaan untuk membuat perencanaan keuangan yang lebih akurat.

  • Pengelolaan Hubungan dengan Pemasok: Account payable memainkan peran penting dalam mempertahankan hubungan baik dengan pemasok. Pembayaran tepat waktu membantu membangun kepercayaan dan kerja sama yang baik.

  • Pelaporan Keuangan: Account payable merupakan bagian penting dari laporan keuangan perusahaan. Informasi tentang hutang dagang diperlukan untuk menyusun laporan neraca dan laporan arus kas yang akurat.

Tujuan Account Payable

  •  Memastikan Kepatuhan: Perusahaan harus memastikan bahwa mereka mematuhi syarat pembayaran yang disepakati dengan pemasok. Ini mencakup membayar faktur tepat waktu untuk menghindari denda keterlambatan atau penalti.

  • Optimalisasi Arus Kas: Dengan mengelola account payable secara efektif, perusahaan dapat mengoptimalkan arus kas mereka. Menunda pembayaran hingga jatuh tempo dapat membantu perusahaan menjaga likuiditas yang cukup untuk kebutuhan operasional lainnya.

  • Penghematan Biaya: Beberapa pemasok menawarkan diskon jika pembayaran dilakukan lebih awal. Mengambil keuntungan dari diskon ini dapat membantu perusahaan menghemat biaya.

  • Peningkatan Kredibilitas: Manajemen account payable yang baik meningkatkan kredibilitas perusahaan di mata pemasok dan kreditur. Hal ini penting untuk membangun hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan.

Strategi Pengelolaan Account Payable

  • Automasi Proses Pembayaran: Menggunakan sistem otomatisasi untuk mengelola pembayaran dapat meningkatkan efisiensi dan mengurangi kesalahan manusia. Sistem ini juga dapat mengingatkan tentang jatuh tempo pembayaran.

  • Negosiasi Syarat Pembayaran: Bernegosiasi dengan pemasok untuk mendapatkan syarat pembayaran yang lebih menguntungkan dapat membantu perusahaan mengelola arus kas lebih baik.

  • Pemantauan Rutin: Melakukan pemantauan rutin terhadap laporan account payable untuk memastikan bahwa semua faktur dicatat dengan benar dan pembayaran dilakukan tepat waktu.

  • Analisis Tren Pembayaran: Melakukan analisis terhadap tren pembayaran untuk mengidentifikasi pola dan membuat perencanaan keuangan yang lebih baik.

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca

Daftar Isi

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.
Buka Akun Demo dan Trading Tanpa Risiko

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil