Analisa fundamental adalah cara menganalisa harga dari segi kekuatan ekonomi, sosial dan politik yang dapat mempengaruhi pasokan dan permintaan suatu aset.

Menggunakan penawaran dan permintaan sebagai indikator untuk mengukur tren harga itu mudah. Bagian yang sulit adalah menganalisa semua faktor yang mempengaruhi penawaran dan permintaan.

Dengan kata lain, Anda harus mempelajari berbagai faktor untuk menentukan ekonomi mana yang sedang ngerock, ekonomi mana yang sedang payah.

Pahami alasan mengapa dan bagaimana peristiwa tertentu seperti laju tingkat pengangguran mempengaruhi ekonomi atau kebijakan moneter suatu negara yang mempengaruhi tingkat permintaan mata uangnya.

Gagasan di balik jenis analisa ini adalah bahwa jika prospek ekonomi saat ini atau di masa depan sedang baik, maka mata uangnya pasti menguat.

Bentuk ekonomi negara yang baik adalah, akan terlihat semakin banyak investor melakukan bisnis atau berinvestasi di negara itu.

Ini menghasilkan kebutuhan untuk membeli mata uang negara tersebut untuk mendapatkan aset-aset di dalamnya.

Singkatnya, inilah analisa fundamental:


Misalnya, katakanlah saat ini dolar AS menguat karena ekonomi AS membaik.

Ketika ekonomi membaik, menaikkan suku bunga mungkin diperlukan untuk mengendalikan pertumbuhan dan inflasi.

Suku bunga yang lebih tinggi membuat aset keuangan berdenominasi dolar menjadi lebih menarik.

Untuk mendapatkan aset-aset menarik ini, para investor harus membeli sejumlah dolar terlebih dahulu. Akibatnya, nilai dolar meningkat.

Pada kursus selanjutnya, Anda akan belajar poin data ekonomi mana yang cenderung mendorong harga mata uang, dan mengapa ?

Anda akan tahu siapa Ketua Fed dan bagaimana data penjualan ritel mencerminkan ekonomi.

Tetapi untuk saat ini, ketahuilah bahwa analisa ini adalah cara mengetahui potensi pergerakan mata uang melalui kekuatan atau kelemahan prospek ekonomi negara itu. Ini akan luar biasa, kami berjanji!