Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store
google

Waran Terstruktur

Pengertian Waran Terstruktur

Waran terstruktur adalah instrumen keuangan turunan yang kompleks, yang umumnya disesuaikan atau "distrukturisasi" untuk memenuhi kebutuhan spesifik investor atau perusahaan. Waran terstruktur dapat memiliki berbagai fitur tambahan, seperti pelunasan tunai, tingkat bunga variabel, atau keamanan aset yang mendasarinya. Waran terstruktur sering kali dirancang untuk memberikan eksposur terhadap aset yang mendasarinya, seperti saham, indeks saham, mata uang, komoditas, atau bahkan tingkat suku bunga.

Jenis Waran Terstruktur

Waran terstruktur adalah instrumen keuangan turunan yang kompleks, yang dirancang dengan fitur-fitur tambahan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan investor. Berikut adalah beberapa jenis waran terstruktur yang umum ditemui di pasar keuangan:

1. Waran Ekuitas

Waran ekuitas memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli saham suatu perusahaan pada harga tertentu (harga pelaksanaan) dalam jangka waktu tertentu. Waran ekuitas sering digunakan dalam penawaran saham perusahaan atau sebagai insentif bagi karyawan untuk membeli saham perusahaan di masa depan.

2. Waran Indeks

Waran indeks memberikan eksposur terhadap kinerja suatu indeks saham tertentu, seperti S&P 500 atau Dow Jones Industrial Average. Pemegang waran indeks memiliki hak untuk membeli atau menjual portofolio saham yang mewakili indeks tersebut dengan harga yang telah ditentukan.

3. Waran Mata Uang

Waran mata uang memberikan hak kepada pemegangnya untuk menukar satu mata uang dengan mata uang lainnya pada tingkat tukar tertentu dalam jangka waktu tertentu. Waran mata uang sering digunakan untuk melindungi portofolio dari fluktuasi nilai tukar mata uang atau untuk mendapatkan eksposur terhadap pergerakan nilai tukar.

4. Waran Suku Bunga

Waran suku bunga memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli atau menjual obligasi dengan tingkat suku bunga tertentu dalam jangka waktu tertentu. Waran suku bunga sering digunakan untuk melindungi portofolio dari perubahan tingkat suku bunga atau untuk mendapatkan eksposur terhadap pergerakan tingkat suku bunga.

5. Waran Komoditas

Waran komoditas memberikan eksposur terhadap harga komoditas tertentu, seperti emas, minyak, atau logam lainnya. Pemegang waran komoditas memiliki hak untuk membeli atau menjual komoditas tersebut pada harga tertentu dalam jangka waktu tertentu.

Fungsi Waran Terstruktur

Fungsi utama waran terstruktur adalah untuk memberikan fleksibilitas dan eksposur terhadap berbagai kelas aset kepada investor. Waran terstruktur dapat digunakan untuk mendapatkan akses ke pasar yang sulit diakses, melindungi portofolio dari risiko tertentu, atau untuk spekulasi atas pergerakan harga aset yang mendasarinya.

Selain itu, waran terstruktur juga dapat digunakan untuk meningkatkan penggunaan modal atau leverage dalam investasi, karena nilai waran seringkali jauh lebih kecil daripada nilai aset yang mendasarinya. Hal ini memungkinkan investor untuk mendapatkan eksposur terhadap aset yang lebih besar dengan menggunakan modal yang lebih sedikit.

Contoh Waran Terstruktur

Contoh waran terstruktur dapat ditemukan dalam berbagai bentuk dan fitur. Sebagai contoh, sebuah perusahaan dapat menerbitkan waran ekuitas yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli saham perusahaan dengan harga yang lebih rendah dari harga pasar saat ini, sebagai bagian dari penawaran saham umum. 

Perusahaan juga dapat menerbitkan waran indeks yang memberikan eksposur terhadap kinerja indeks saham tertentu, sehingga memungkinkan investor untuk mendiversifikasi portofolio investasi mereka tanpa harus membeli satu per satu saham dalam indeks tersebut.

Itulah beberapa hal yang perlu dipahami mengenai waran terstruktur, instrumen keuangan yang kompleks namun memiliki potensi untuk memberikan eksposur terhadap berbagai kelas aset dan mendukung strategi investasi yang beragam. Sebelum berinvestasi dalam waran terstruktur, penting untuk memahami karakteristik, risiko, dan potensi keuntungan yang terkait dengan instrumen keuangan ini.

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca

Daftar Isi

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.
Buka Akun Demo dan Trading Tanpa Risiko

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil