Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store
google

Weighted Average Cost of Capital (WACC)

Memahami istilah dan rumus perhitungan dari wacc

Apa Itu Weighted Average Cost of Capital (WACC)?

Weighted Average Cost of Capital (WACC) adalah suatu konsep keuangan yang digunakan untuk mengukur biaya modal suatu perusahaan. WACC menggabungkan biaya ekuitas (harga saham) dan biaya utang (bunga pinjaman) dengan mempertimbangkan proporsi relatif dari masing-masing modal tersebut dalam struktur keuangan perusahaan. Dalam istilah sederhana, WACC adalah rata-rata tertimbang dari biaya modal ekuitas dan biaya modal utang perusahaan.

Salah satu manfaat utama dari WACC adalah sebagai alat untuk menilai investasi baru atau proyek-proyek perusahaan. Dengan menggunakan WACC sebagai tingkat diskonto, perusahaan dapat menghitung nilai sekarang dari arus kas masa depan yang diharapkan dari investasi tersebut.

WACC juga membantu manajemen dalam mengambil keputusan finansial yang lebih baik. Dengan mengetahui biaya modal perusahaan secara keseluruhan, manajemen dapat menilai alternatif-alternatif pendanaan dan struktur modal yang berbeda untuk memilih yang paling efisien dan menguntungkan bagi perusahaan. Selain itu, WACC dapat digunakan sebagai dasar untuk menetapkan harga yang adil bagi produk atau layanan perusahaan, serta untuk mengevaluasi kinerja keuangan perusahaan secara keseluruhan.

Bagaimana Cara Menghitung WACC?

Weighted Average Cost of Capital (WACC) dihitung dengan menggabungkan biaya utang dan biaya ekuitas, ditimbang menurut proporsinya masing-masing dalam struktur modal perusahaan. Berikut adalah proses langkah demi langkah untuk menghitung WACC:

1. Tentukan Bobot Utang (Weight of Debt/WD)

Bobot hutang adalah proporsi dari total kapitalisasi perusahaan yang diwakili oleh hutang. Ini dihitung dengan membagi nilai pasar utang dengan jumlah nilai pasar utang dan nilai pasar ekuitas.

WD = Nilai Pasar Hutang / (Nilai Pasar Hutang + Nilai Pasar Ekuitas)

2. Tentukan Bobot Ekuitas (Weight of Equity/WE)

Bobot ekuitas adalah proporsi dari total kapitalisasi perusahaan yang diwakili oleh ekuitas. Ini dihitung dengan membagi nilai pasar ekuitas dengan jumlah nilai pasar utang dan nilai pasar ekuitas.

WE = Nilai Pasar Ekuitas / (Nilai Pasar Hutang + Nilai Pasar Ekuitas)

3. Hitung Biaya Hutang (KD)

Biaya hutang adalah tingkat pengembalian yang diharapkan oleh kreditur. Ini merupakan beban bunga yang dibayarkan atas hutang perusahaan yang belum dibayar. Ini dapat diperkirakan dengan mempertimbangkan suku bunga saat ini, peringkat kredit perusahaan, dan faktor lain yang memengaruhi biaya pinjaman.

4. Hitung Biaya Ekuitas (KE)

Biaya ekuitas adalah tingkat pengembalian yang diharapkan oleh pemegang saham. Ini mewakili pengembalian investasi yang diharapkan pemegang saham untuk mengkompensasi risiko yang mereka tanggung dengan berinvestasi di perusahaan.

Ada beberapa metode untuk mengestimasi biaya ekuitas, antara lain Dividend Discount Model (DDM), Capital Asset Pricing Model (CAPM), atau pendekatan lain berdasarkan data pasar dan faktor spesifik perusahaan.

5. Hitung Weighted Average Cost of Capital (WACC)

WACC dihitung dengan mengalikan bobot utang (WD) dengan biaya utang (KD) dan menambahkannya ke hasil perkalian bobot ekuitas (WE) dengan biaya ekuitas (KE).

WACC = (WD * KD) + (WE * KE)

WACC yang dihasilkan mewakili tingkat pengembalian rata-rata yang perlu diperoleh perusahaan dari investasinya untuk memenuhi ekspektasi pemegang utang dan investor ekuitas. Penting untuk dicatat bahwa WACC adalah metrik dinamis yang dapat berubah seiring waktu seiring perkembangan struktur modal perusahaan dan kondisi pasar.

Contoh Perhitungan WACC

Mari pertimbangkan perusahaan hipotetis, ABC Corporation, untuk mendemonstrasikan perhitungan WACC.

Dengan asumsi informasi berikut:

- Nilai pasar utang: $50 juta

- Nilai pasar ekuitas: $100 juta

- Biaya utang (KD): 5%

- Biaya ekuitas (KE): 10%

1. Tentukan Bobot Utang (WD)

WD = Nilai Pasar Hutang / (Nilai Pasar Hutang + Nilai Pasar Ekuitas)

WD = $50 juta / ($50 juta + $100 juta)

WD = 0,3333 atau 33,33%

2. Tentukan Bobot Ekuitas (WE)

WE = Nilai Pasar Ekuitas / (Nilai Pasar Hutang + Nilai Pasar Ekuitas)

WE = $100 juta / ($50 juta + $100 juta)

WE = 0,6667 atau 66,67%

3. Hitung Weighted Average Cost of Capital (WACC)

WACC = (WD x KD) + (WE x KE)

WACC = (0,3333 x 0,05) + (0,6667 x 0,10)

WACC = 0,0167 + 0,0667

WACC = 0,0834 atau 8,34%

Dalam contoh ini, WACC dari ABC Corporation dihitung menjadi 8,34%. Ini berarti bahwa ABC Corporation perlu menghasilkan pengembalian setidaknya 8,34% atas investasinya untuk memenuhi ekspektasi pemegang utang dan investor ekuitasnya.

Penting untuk dicatat bahwa ini adalah contoh yang disederhanakan, dan dalam praktiknya, penghitungan WACC dapat melibatkan faktor dan kompleksitas tambahan.

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca

Daftar Isi

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.
Buka Akun Demo dan Trading Tanpa Risiko

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil