Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store
google

Quantitative Trading

Apa itu Quantitative Trading?

Quantitative trading, juga dikenal sebagai algorithmic trading atau algo trading, adalah pendekatan dalam trading keuangan yang menggunakan analisis data, model matematika, dan komputasi untuk mengambil keputusan trading. Dalam quantitative trading, para trader mengandalkan algoritma dan program komputer untuk menjalankan transaksi secara otomatis berdasarkan aturan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Metode quantitative trading melibatkan penggunaan data historis dan waktu nyata untuk mengidentifikasi pola, tren, dan peluang trading. Ini melibatkan pemodelan matematis dan statistik untuk mengembangkan strategi yang dapat menghasilkan keuntungan. Trader quantitative menggunakan alat analisis data, seperti statistik, analisis regresi, analisis risiko, dan teknik pembelajaran mesin untuk mengembangkan model trading yang kompleks.

Keuntungan utama dari quantitative trading adalah kemampuannya untuk melakukan eksekusi dengan cepat, mengurangi keterlibatan emosi manusia, dan memanfaatkan peluang pasar yang muncul dalam waktu yang sangat singkat. Ini juga memungkinkan penggunaan strategi trading yang canggih, termasuk arbitrase, market-making, dan strategi derivatif.

Namun, quantitative trading juga melibatkan risiko tertentu, termasuk risiko teknis, risiko pemodelan yang salah, risiko eksekusi, dan risiko data yang tidak akurat. Penggunaan model matematis yang kompleks juga dapat terpengaruh oleh kondisi pasar yang berubah dan perilaku yang tidak terduga.

Penting untuk mencatat bahwa quantitative trading merupakan kombinasi antara pemahaman tentang keuangan, matematika, statistik, dan pemrograman komputer seperti Expert Advisor. Keberhasilan dalam quantitative trading bergantung pada pengembangan model yang akurat, pengelolaan risiko yang tepat, dan pemahaman yang mendalam tentang pasar keuangan.

Bagaimana Memulai Quantitative Trading?

Memulai quantitative trading melibatkan beberapa langkah penting. Berikut adalah panduan umum tentang cara memulai:

1. Pendidikan dan Pengetahuan

2. Riset dan Pengembangan 

3. Pelajari Bahasa Pemrograman

4. Data dan Sumber Informasi

5. Model dan Strategi Trading

6. Pengelolaan Risiko 

7. Backtesting dan Optimisasi 

8. Implementasi dan Eksekusi

9. Evaluasi dan Perbaikan

Selama proses ini, sangat penting untuk terus belajar, beradaptasi dengan perubahan pasar, dan melakukan pengujian dan evaluasi yang terus-menerus. Quantitative trading adalah perjalanan yang berkelanjutan, dan keberhasilan dalamnya membutuhkan ketekunan, pemahaman yang mendalam, dan keterampilan yang terus berkembang.

Contoh Quantitative Trading

Berikut adalah contoh sederhana tentang bagaimana quantitative trading dapat diterapkan:

Misalkan seorang quantitative trader ingin menggunakan strategi breakout pada pasangan mata uang EUR/USD. Mereka mengembangkan model yang mengidentifikasi level support dan resistance berdasarkan analisis harga historis. Jika harga melebihi level resistance, mereka menganggap itu sebagai sinyal untuk memasang posisi beli (buy), sementara jika harga turun di bawah level support, mereka memasuki trading jual (sell).

Trader tersebut mengatur parameter risiko mereka dengan menetapkan stop loss pada 1% dari nilai akun trading mereka. Mereka juga memiliki target keuntungan sebesar 2% dari nilai akun trading.

Menggunakan bahasa pemrograman seperti MetaTrader 5, mereka membangun algoritma trading untuk secara otomatis memantau harga pasar dan menjalankan transaksi sesuai dengan aturan yang telah ditentukan. Algoritma tersebut terhubung dengan broker yang andal untuk eksekusi trading secara real-time.

Trader tersebut melakukan backtesting pada model mereka dengan menggunakan data historis EUR/USD. Setelah melihat hasil yang positif dalam pengujian tersebut, mereka kemudian memutuskan untuk menerapkan model tersebut secara real-time.

Setelah model dan algoritma diterapkan, quantitative trader tersebut terus memantau kinerja trading dan melakukan evaluasi secara berkala. Mereka melakukan analisis statistik untuk mengukur kinerja strategi, melakukan optimisasi parameter, dan mengidentifikasi area perbaikan potensial.

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca

Daftar Isi

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.
Buka Akun Demo dan Trading Tanpa Risiko

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil