Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store
google

One Cancels the Other Order

Pengertian One Cancels the Other Order

One Cancels the Other Order (OCO) adalah dua order yang ditempatkan pada suatu aset secara bersamaan. Seperti namanya, jika satu order dieksekusi, order lainnya akan dibatalkan secara otomatis. Istilah ini sering digunakan dalam dunia trading dan berfungsi untuk membantu trader memanfaatkan peluang pasar sambil meminimalkan risiko.

Cara Kerja One Cancels the Other Order

OCO bekerja dengan memasukkan dua order: satu untuk harga yang lebih tinggi dan satu lagi untuk harga yang lebih rendah dari harga pasar saat ini. Order ini biasanya terdiri dari satu  order stop (order yang akan dieksekusi jika harga mencapai level tertentu) dan satu order limit (order yang akan dieksekusi jika harga mencapai level yang lebih menguntungkan). Jika salah satu dari order ini dieksekusi, order lainnya akan dibatalkan secara otomatis, menjaga trader dari potensi kerugian.

Manfaat One Cancels the Other Order

One Cancels the Other Order (OCO) memiliki sejumlah manfaat yang bisa dimanfaatkan trader untuk memaksimalkan potensi keuntungan dan meminimalkan risiko. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari OCO:

1. Pengelolaan Risiko yang Efektif

OCO memungkinkan trader untuk mengatur level take profit dan stop loss sekaligus, sehingga mempermudah pengelolaan risiko. Dengan menggunakan OCO, trader dapat memastikan bahwa mereka akan keluar dari pasar pada tingkat keuntungan atau kerugian yang telah ditentukan sebelumnya. Hal ini dapat membantu trader untuk menjaga keseimbangan antara potensi keuntungan dan risiko kerugian.

2. Memanfaatkan Peluang Pasar

Dengan OCO, trader dapat merespons fluktuasi harga di pasar tanpa harus terus-menerus memantau grafik. Ini berarti bahwa trader dapat memanfaatkan peluang pasar saat mereka tidak sedang aktif dalam trading atau ketika mereka tidak dapat secara fisik mengawasi pasar.

3. Efisiensi Waktu

Menggunakan OCO bisa menghemat waktu, karena trader tidak perlu secara manual membatalkan order lain ketika satu order telah dieksekusi. Order akan dibatalkan secara otomatis, sehingga memungkinkan trader untuk fokus pada aspek-aspek lain dari strategi trading mereka.

4. Fleksibilitas

OCO memberikan fleksibilitas bagi trader untuk memasuki dan keluar dari pasar berdasarkan kondisi harga yang berbeda. Dengan kata lain, trader dapat mengatur strategi yang berbeda untuk berbagai skenario pasar dan memastikan bahwa mereka siap untuk mengambil tindakan berdasarkan pergerakan harga di pasar.

5. Menghindari Emosi Trading

OCO membantu trader untuk tetap obyektif dan menghindari keputusan trading berdasarkan emosi. Dengan menetapkan order OCO, trader sudah memutuskan terlebih dahulu kapan mereka akan menjual atau membeli, berdasarkan analisis dan strategi mereka, bukan berdasarkan reaksi spontan terhadap perubahan harga di pasar.

Risiko One Cancels the Other Order

Meskipun OCO dapat meminimalkan risiko, bukan berarti order ini tanpa risiko. Misalnya, fluktuasi harga yang cepat dan signifikan dapat menyebabkan eksekusi order yang tidak optimal. Selain itu, OCO tidak menjamin bahwa order akan dieksekusi pada harga yang diinginkan jika pasar bergerak dengan sangat cepat.

Contoh One Cancels the Other Order

Misalkan Anda memiliki saham Netflix yang saat ini diperdagangkan seharga Rp5.000. Anda bisa menempatkan OCO dengan order stop di Rp4.500 (jika harga jatuh ke level ini, Anda ingin menjual untuk membatasi kerugian) dan order limit di Rp5.500 (jika harga naik ke level ini, Anda ingin menjual untuk mengambil keuntungan). Jika salah satu kondisi ini terpenuhi, saham akan terjual dan order lainnya akan dibatalkan.

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca

Daftar Isi

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.
Buka Akun Demo dan Trading Tanpa Risiko

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil