Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store
google

Net Change

Pengertian Net Change

Net change mengacu pada perbedaan keseluruhan antara dua nilai atau pengukuran, seperti saldo awal dan akhir dari suatu akun atau pengukuran awal dan akhir dari suatu proses. Ini dihitung dengan mengurangkan nilai awal dari nilai akhir untuk menentukan selisih bersih atau perubahan di antara keduanya.

Memahami net change penting untuk melacak kemajuan atau mengidentifikasi tren dari waktu ke waktu, dan dapat berguna dalam berbagai konteks, seperti keuangan, sains, dan statistik.

Net Change dalam Trading

Dalam trading, net change mengacu pada selisih antara closing price pada hari trading saat ini dan closing price yang sama pada hari trading sebelumnya. Ini sering dinyatakan sebagai jumlah dolar atau perubahan persentase.

Net change positif menunjukkan bahwa harga aset telah meningkat sejak hari sebelumnya, sedangkan net change negatif menunjukkan bahwa harga telah menurun. Net change digunakan oleh trader dan investor untuk melacak kinerja aset tertentu dari waktu ke waktu dan membuat keputusan tentang membeli atau menjual.

Rumus Net Change

Net change dalam trading dihitung dengan mengurangkan closing price hari sebelumnya dari closing price aset hari ini. Rumus untuk menghitung net change dapat dinyatakan sebagai:

Net Change = Closing Price Hari Ini - Closing Price Hari Sebelumnya

Dalam persentase, rumusnya secara matematis direpresentasikan sebagai berikut:

Net Change (%) = [(Closing Price Periode Saat Ini - Closing Price Periode Sebelumnya) / Closing Price Periode Sebelumnya] * 100

Keterangan:

Closing Price Periode Saat Ini = Closing price pada akhir periode saat analisis dilakukan.
Closing Price Periode Sebelumnya = Harga pada awal periode yang akan dilakukan analisis.

Cara Menghitung Net Change

Anda dapat menghitung net change dengan menggunakan langkah-langkah berikut.

1. Tentukan closing price pada akhir periode di mana analisis dilakukan.

2. Pada langkah selanjutnya, tentukan closing price periode sebelumnya atau harga pada awal periode yang dilakukan analisis.

3. Setelah itu, lakukan penghitungan dengan rumus net change berikut.

Rumus Net Change = Closing Price Periode Berjalan - Closing Price Periode Sebelumnya

4. Jika net change akan dihitung dalam persentase, maka nilai yang diperoleh pada langkah 3 dibagi dengan nilai langkah 2.

Net Change (%) = [(Closing Price Periode Saat Ini - Closing Price Periode Sebelumnya) / Closing Price Periode Sebelumnya] * 100

Contoh Perhitungan Net Change

Untuk lebih memahami mengenai cara menghitung net change ini, mari simak contoh perhitungan di bawah ini!

Misalnya, jika sebuah saham memiliki closing price $50 pada hari trading sebelumnya dan closing price $55 pada hari trading saat ini, maka net change akan dihitung sebagai:

Net Change = $55 - $50 = $5 atau 10%

Net change dalam kasus ini adalah positif $5, menunjukkan bahwa harga saham telah meningkat sebesar $5 sejak hari trading sebelumnya. Alternatifnya, jika closing price saham pada hari ini adalah $45, net change-nya adalah:

Net change = $45 - $50 = -$5 atau -10%

Dalam hal ini, net change adalah negatif $5, menunjukkan bahwa harga saham telah turun sebesar $5 sejak hari trading sebelumnya.

Mengapa Net Change itu Penting?

Net change adalah metrik penting dalam trading karena memberikan informasi berharga tentang kinerja aset keuangan dari waktu ke waktu. Dengan melacak net change, trader dan investor dapat mengidentifikasi tren dan pola dalam pergerakan harga aset, yang dapat menginformasikan keputusan mereka untuk membeli, menjual, atau menahan aset.

Beberapa alasan mengapa net change penting dalam trading meliputi:

Melacak kinerja

Net change membantu trader dan investor untuk melacak kinerja aset keuangan dari waktu ke waktu. Dengan memantau net change, mereka dapat melihat apakah suatu aset secara umum cenderung naik atau turun, dan membuat keputusan berdasarkan informasi tentang kapan harus membeli atau menjual.

Mengidentifikasi peluang

Net change dapat digunakan untuk mengidentifikasi peluang trading. Misalnya, net change positif yang besar pada suatu saham dapat mengindikasikan bahwa ini adalah saat yang tepat untuk membeli, sedangkan net change negatif yang besar dapat mengindikasikan bahwa ini adalah saat yang tepat untuk menjual.

Mengatur stop-loss order

Net change juga dapat digunakan untuk mengatur stop-loss order. Stop-loss order adalah perintah untuk menjual aset keuangan ketika mencapai harga tertentu. Dengan menetapkan stop-loss order berdasarkan net change, trader dapat membatasi kerugian mereka jika harga aset bergerak ke arah yang tidak terduga.

Secara keseluruhan, net change adalah alat penting bagi trader dan investor yang ingin membuat keputusan tentang membeli, menjual, atau memegang aset keuangan. Dengan memahami net change dan cara menghitungnya, trader dapat memperoleh wawasan berharga tentang kinerja aset yang mereka perdagangkan.

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca

Daftar Isi

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.
Buka Akun Demo dan Trading Tanpa Risiko

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil