Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store
google

Market Cap

Pengertian Market Cap

Kapitalisasi Pasar atau Market Cap merupakan istilah yang dipakai untuk menilai nilai sebuah perusahaan atau aset dalam pasar. Caranya adalah dengan mengalikan jumlah saham yang beredar dengan harga per saham saat itu.

Market cap bermanfaat untuk membandingkan ukuran dan nilai perusahaan dengan yang lain dalam pasar. Perusahaan yang memiliki kapitalisasi pasar lebih tinggi dianggap memiliki nilai pasar yang lebih besar.


Market cap juga dapat digunakan untuk menilai performa pasar secara keseluruhan. Misalnya, indeks pasar saham seperti S&P 500 atau Dow Jones Industrial Average menghitung nilai pasar keseluruhan dari sekumpulan saham yang termasuk dalam indeks tersebut. Dalam hal ini, market cap menjadi indikator penting dalam menentukan nilai indeks tersebut dan arah pergerakan pasar.

Cara Mudah Menghitung Market Cap

Untuk menghitung market cap suatu perusahaan, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Tentukan jumlah saham yang beredar. Anda bisa menemukannya dalam laporan keuangan perusahaan emiten atau melalui sumber lain seperti situs web pasar modal.

  • Tentukan harga pasar per saham dengan cara melihat harga terbaru saham perusahaan di pasaran, misalnya pada situs web yang menyediakan informasi harga saham seperti Yahoo Finance, Bloomberg, atau Google Finance.

  • Kalikan jumlah saham yang beredar dengan harga pasar per saham untuk mendapatkan market cap perusahaan.

Mari kita ambil contoh perusahaan fiktif bernama ABC Inc. dengan jumlah saham yang beredar sebanyak 10 juta saham dan harga pasar per saham saat ini sebesar $50. Untuk menentukan market cap perusahaan tersebut, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Tentukan jumlah saham yang beredar: Pada contoh ini, jumlah saham yang beredar adalah 10 juta saham.

  • Tentukan harga pasar per saham: Pada contoh ini, harga pasar per saham adalah $50.

  • Kalikan jumlah saham yang beredar dengan harga pasar per saham: Setelah mengetahui jumlah saham yang beredar dan harga pasar per saham, kalikan kedua angka tersebut untuk mendapatkan market cap perusahaan.

Market Cap = Jumlah Saham yang Beredar x Harga Pasar per Saham
Market Cap = 10 juta x $50
Market Cap = $500 juta

Jadi, market cap dari ABC Inc. adalah $500 juta. Ini berarti nilai pasar perusahaan tersebut saat ini adalah $500 juta. Market cap dapat digunakan sebagai salah satu indikator dalam menilai kinerja perusahaan dan dapat membantu investor dalam membuat keputusan investasi yang lebih baik.

Faktor yang Memengaruhi Market Cap

Kinerja keuangan

Prestasi finansial perusahaan, seperti pendapatan, keuntungan bersih, dan pertumbuhan laba, dapat berpengaruh pada harga saham dan, pada akhirnya, menggerakkan kapitalisasi pasar perusahaan.

Proyeksi pertumbuhan

Estimasi pertumbuhan masa depan suatu perusahaan menjadi elemen kunci dalam menetapkan kapitalisasi pasar. Perusahaan yang diyakini memiliki potensi pertumbuhan yang besar di masa mendatang cenderung memiliki kapitalisasi pasar yang lebih tinggi.

Industri dan pasar

Kondisi industri dan pasar yang sedang berkembang atau sedang menurun dapat memengaruhi nilai saham dan market cap sebuah perusahaan.

Persaingan

Persaingan dari perusahaan lain di industri yang sama dapat memengaruhi kinerja perusahaan dan akhirnya memengaruhi market cap.

Kebijakan perusahaan

Kebijakan perusahaan seperti kebijakan dividen, pengambilan utang, dan rencana investasi dapat memengaruhi kinerja keuangan dan nilai pasar perusahaan.

Isu lingkungan dan sosial

Isu lingkungan dan sosial yang terkait dengan kegiatan perusahaan, termasuk dampak lingkungan, kebijakan etika, dan tanggung jawab sosial perusahaan, bisa mempengaruhi pandangan investor terhadap perusahaan dan pada akhirnya memengaruhi kapitalisasi pasar.

Secara keseluruhan, market cap dipengaruhi oleh berbagai faktor yang saling terkait dan kompleks. Namun, dengan memahami faktor-faktor yang memengaruhi market cap, investor dapat membuat keputusan investasi yang lebih cerdas dan terinformasi.

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca

Daftar Isi

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.
Buka Akun Demo dan Trading Tanpa Risiko

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil