Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store
google

Liquidity Pool

Definisi Liquidity Pool

Liquidity pool adalah cadangan aset digital yang disediakan oleh para penyedia likuiditas (liquidity providers) ke dalam suatu platform terdesentralisasi. Cadangan aset ini digunakan untuk memfasilitasi transaksi dan aktivitas perdagangan di platform tersebut.

Penyedia likuiditas menyediakan aset mereka ke dalam pasangan aset tertentu. Para trader atau pengguna platform kemudian dapat menukar aset mereka dengan menggunakan likuiditas yang tersedia di dalam pool tersebut.

Identifikasi Liquidity Pool

Beberapa ciri khas dari liquidity pool adalah:

1. Pasangan Aset: Liquidity pool biasanya terdiri dari pasangan aset tertentu. 

2. Volume Likuiditas: Anda dapat mengidentifikasi pool likuiditas berdasarkan volume yang disediakan. Pool dengan likuiditas yang lebih tinggi biasanya menarik lebih banyak perdagangan.

3. Imbalan Likuiditas: Penyedia likuiditas biasanya mendapatkan imbalan berupa fee transaksi atau token khusus sebagai imbalan atas penyediaan likuiditas. Identifikasi pool yang menawarkan insentif atau imbalan bagi penyedia likuiditas.

4. Platform DeFi: Banyak dari platform DeFi seperti Uniswap, SushiSwap, PancakeSwap, atau Curve Finance memiliki fitur liquidity pool sebagai inti dari fungsionalitas perdagangan aset mereka.

5. Penggunaan Pool: Liquidity pool dapat diidentifikasi oleh aktivitas perdagangan yang terjadi di dalamnya. Jika terjadi pertukaran atau transaksi antara dua aset tertentu di platform DeFi, kemungkinan besar itu terjadi di dalam liquidity pool.

6. Pasangan yang Dapat Diperdagangkan: Pada antarmuka pengguna (UI) dari platform DeFi, Anda dapat melihat pasangan aset mana yang dapat diperdagangkan dan memiliki likuiditas di dalam pool.

Cara Menggunakan Indikator untuk Liquidity Pool

Berikut beberapa cara menggunakan indikatoruntuk liquidity pool:

1. Volume Likuiditas: Memantau volume likuiditas di dalam pool dapat memberikan gambaran tentang seberapa aktifnya pool tersebut dalam memfasilitasi perdagangan. Anda dapat memantau volume harian atau mingguan untuk melihat perubahan tren.

2. Imbalan bagi Penyedia Likuiditas: Beberapa platform DeFi memberikan imbalan bagi penyedia likuiditas. Memantau imbalan ini bisa menjadi indikator tentang seberapa menguntungkannya menyediakan likuiditas ke dalam pool tersebut.

3. Perubahan Likuiditas: Melihat perubahan dalam jumlah likuiditas yang ada dalam pool dari waktu ke waktu. Ini bisa memberikan gambaran tentang fluktuasi likuiditas dan aktivitas perdagangan yang terjadi.

4. Pasangan Aset yang Populer: Memantau pasangan aset yang populer dan memiliki likuiditas tinggi di dalam pool dapat membantu Anda menentukan di mana perdagangan yang lebih aktif terjadi.

5. Fee Transaksi: Memahami besaran fee transaksi yang dikenakan pada pengguna yang melakukan transaksi di dalam pool. Fee yang rendah mungkin lebih menarik bagi trader.

6. Analisis Komparatif: Membandingkan likuiditas pool dari platform yang berbeda dapat membantu dalam menentukan di mana Anda ingin menyediakan likuiditas Anda, terutama jika Anda mencari imbalan yang lebih besar atau aktivitas perdagangan yang lebih tinggi.

7. Analisis Pasar Keseluruhan: Melihat tren pasar secara keseluruhan juga penting. Volatilitas pasar dan arah tren secara umum dapat memengaruhi likuiditas dan aktivitas perdagangan di dalam liquidity pool.

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca

Daftar Isi

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.
Buka Akun Demo dan Trading Tanpa Risiko

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil