Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store
google

Letter of Credit

Arti Letter of Credit

Letter of Credit (LC), atau dalam bahasa Indonesia disebut Surat Kredit Berdokumen, adalah instrumen keuangan yang digunakan dalam perdagangan internasional untuk menjamin pembayaran dari pembeli kepada penjual. LC dikeluarkan oleh bank atas permintaan pembeli, yang berfungsi sebagai janji bahwa penjual akan menerima pembayaran sesuai dengan persyaratan yang telah disepakati, asalkan penjual dapat memenuhi semua persyaratan yang ditentukan dalam LC tersebut.

Fungsi Letter of Credit

Letter of Credit memiliki beberapa fungsi penting dalam perdagangan internasional:

a. Mengurangi Risiko Pembayaran

Salah satu fungsi utama dari LC adalah mengurangi risiko pembayaran bagi penjual. Dalam perdagangan internasional, kepercayaan antara pembeli dan penjual bisa menjadi masalah besar, terutama jika mereka belum pernah berbisnis sebelumnya. LC menjamin bahwa pembayaran akan dilakukan setelah penjual memenuhi persyaratan yang ditentukan.

b. Memberikan Kepastian Penjual

LC memberikan kepastian kepada penjual bahwa mereka akan menerima pembayaran tepat waktu, asalkan mereka dapat memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan dalam LC. Ini membantu penjual dalam perencanaan keuangan dan pengelolaan arus kas mereka.

c. Meningkatkan Kredibilitas Pembeli

Dengan menggunakan LC, pembeli dapat meningkatkan kredibilitas mereka di mata penjual. Ini menunjukkan bahwa pembeli memiliki komitmen yang kuat untuk membayar barang atau jasa yang mereka pesan dan telah bekerja sama dengan bank untuk menjamin pembayaran tersebut.

d. Memfasilitasi Perdagangan Internasional

LC memfasilitasi perdagangan internasional dengan menyediakan mekanisme pembayaran yang aman dan terjamin. Ini membantu mengurangi hambatan dan risiko yang terkait dengan perdagangan lintas negara, memungkinkan bisnis untuk berfokus pada kegiatan inti mereka tanpa khawatir tentang masalah pembayaran.

Jenis - Jenis Letter of Credit

Terdapat beberapa jenis Letter of Credit yang dapat digunakan dalam berbagai situasi perdagangan internasional. Berikut adalah beberapa jenis LC yang paling umum:

a. Revocable Letter of Credit

Revocable Letter of Credit adalah jenis LC yang dapat diubah atau dibatalkan oleh bank penerbit tanpa pemberitahuan kepada penerima manfaat (penjual). Jenis LC ini jarang digunakan karena memberikan sedikit jaminan kepada penjual bahwa mereka akan menerima pembayaran.

b. Irrevocable Letter of Credit

Irrevocable Letter of Credit tidak dapat diubah atau dibatalkan tanpa persetujuan dari semua pihak yang terlibat, termasuk bank penerbit, bank penerima, dan penerima manfaat. Jenis LC ini lebih umum digunakan karena memberikan jaminan yang lebih kuat kepada penjual.

c. Confirmed Letter of Credit

Confirmed Letter of Credit adalah LC yang tidak hanya dijamin oleh bank penerbit tetapi juga dikonfirmasi oleh bank lain (biasanya bank penjual). Ini memberikan lapisan keamanan tambahan bagi penjual, terutama jika mereka tidak yakin dengan kredibilitas bank penerbit.

d. Standby Letter of Credit

Standby Letter of Credit digunakan sebagai bentuk jaminan sekunder atau cadangan jika pembeli gagal memenuhi kewajiban pembayaran mereka. Jenis LC ini sering digunakan dalam situasi di mana pembeli harus memberikan jaminan kepada penjual bahwa mereka akan membayar tepat waktu.

e. Transferable Letter of Credit

Transferable Letter of Credit memungkinkan penerima manfaat (penjual) untuk mentransfer sebagian atau seluruh hak mereka kepada pihak ketiga. Ini sering digunakan dalam transaksi yang melibatkan perantara atau agen.

Mekanisme Letter of Credit

Proses penggunaan Letter of Credit melibatkan beberapa langkah dan pihak yang berbeda, termasuk pembeli, penjual, bank penerbit, dan bank penerima. Berikut adalah mekanisme dasar dari Letter of Credit:

a. Pembeli dan Penjual Menyepakati Transaksi

Langkah pertama dalam proses LC adalah pembeli dan penjual menyepakati syarat dan ketentuan transaksi, termasuk jenis barang atau jasa, jumlah, harga, dan tanggal pengiriman.

b. Pembeli Mengajukan LC ke Bank Penerbit

Setelah syarat dan ketentuan disepakati, pembeli mengajukan permohonan kepada bank mereka untuk mengeluarkan Letter of Credit. Bank penerbit akan meninjau permohonan tersebut dan, jika disetujui, menerbitkan LC yang sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah disepakati.

c. Bank Penerbit Menerbitkan LC dan Mengirimkannya ke Bank Penerima

Bank penerbit mengeluarkan LC dan mengirimkannya ke bank penerima (biasanya bank penjual) melalui saluran komunikasi yang aman, seperti SWIFT. Bank penerima kemudian memberi tahu penjual bahwa LC telah diterbitkan.

d. Penjual Memenuhi Persyaratan LC

Penjual mempersiapkan barang atau jasa yang dipesan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan dalam LC. Setelah barang atau jasa siap, penjual mengirimkannya kepada pembeli dan menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk menunjukkan bahwa mereka telah memenuhi persyaratan LC.

e. Penjual Menyerahkan Dokumen ke Bank Penerima

Penjual menyerahkan dokumen yang diperlukan, seperti bill of lading, faktur komersial, dan sertifikat asuransi, kepada bank penerima. Bank penerima akan meninjau dokumen tersebut untuk memastikan bahwa semua persyaratan LC telah dipenuhi.

f. Bank Penerima Mengirim Dokumen ke Bank Penerbit

Setelah meninjau dokumen dan memastikan bahwa semua persyaratan telah dipenuhi, bank penerima mengirim dokumen tersebut ke bank penerbit. Bank penerbit kemudian meninjau dokumen tersebut untuk memastikan bahwa semuanya sesuai dengan syarat dan ketentuan LC.

g. Bank Penerbit Membayar Penjual

Setelah bank penerbit meninjau dan menyetujui dokumen, mereka akan membayar penjual sesuai dengan jumlah yang ditentukan dalam LC. Pembayaran ini biasanya dilakukan melalui bank penerima.

h. Bank Penerbit Menagih Pembeli

Setelah membayar penjual, bank penerbit akan menagih pembeli sesuai dengan syarat dan ketentuan pembayaran yang telah disepakati. Pembeli kemudian membayar bank penerbit sesuai dengan jumlah yang telah ditentukan.

i. Pembeli Menerima Barang atau Jasa

Setelah proses pembayaran selesai, pembeli menerima barang atau jasa yang telah dipesan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah disepakati dalam LC.

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca

Daftar Isi

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.
Buka Akun Demo dan Trading Tanpa Risiko

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil