Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store
google

Kliring Berjangka Indonesia

Apa itu Kliring Berjangka Indonesia?

Kliring Berjangka Indonesia (KBI) adalah sebuah lembaga kliring yang berfungsi untuk menjamin pelaksanaan transaksi perdagangan berjangka di Indonesia. KBI didirikan pada tanggal 25 Agustus 1984 berdasarkan Keputusan Menteri Perdagangan No. 927/KP/XII/1984. Sebagai lembaga kliring, KBI bertanggung jawab untuk memfasilitasi dan mengamankan proses penyelesaian transaksi di pasar berjangka, yang mencakup kontrak berjangka komoditi, derivatif keuangan, dan instrumen keuangan lainnya.

Struktur Organisasi KBI

KBI memiliki struktur organisasi yang terdiri dari berbagai unit yang bekerja secara sinergis untuk menjalankan fungsi dan tugasnya. Struktur ini biasanya mencakup:

  • Dewan Komisaris: Bertanggung jawab untuk mengawasi kinerja manajemen dan memastikan bahwa KBI beroperasi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

  • Direksi: Bertanggung jawab untuk mengelola operasional harian KBI dan memastikan bahwa semua transaksi kliring berjalan lancar.

  • Departemen Kliring dan Penyelesaian: Unit ini bertugas untuk memproses dan menyelesaikan semua transaksi yang masuk.

  • Departemen Pengawasan dan Kepatuhan: Unit ini bertugas untuk memastikan bahwa semua aktivitas KBI sesuai dengan peraturan dan standar yang ditetapkan.

Peran Kliring Berjangka Indonesia

KBI memainkan peran penting dalam memastikan stabilitas dan keamanan pasar berjangka di Indonesia. Berikut adalah beberapa peran utama KBI:

a. Menjamin Pelaksanaan Transaksi

Salah satu peran utama KBI adalah menjamin bahwa setiap transaksi yang dilakukan di pasar berjangka dapat diselesaikan dengan baik. KBI memastikan bahwa kedua belah pihak yang terlibat dalam transaksi memenuhi kewajiban mereka. Jika salah satu pihak gagal memenuhi kewajibannya, KBI akan mengambil tindakan yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

b. Mengurangi Risiko Pasar

KBI membantu mengurangi risiko yang terkait dengan perdagangan berjangka. Dengan bertindak sebagai perantara yang netral, KBI memastikan bahwa risiko gagal bayar (default) dapat meminimalkan. Ini memberikan kepastian kepada pelaku pasar bahwa transaksi mereka akan diselesaikan dengan aman.

c. Penyelesaian Transaksi

KBI bertanggung jawab untuk menyelesaikan transaksi yang terjadi di pasar berjangka. Ini melibatkan verifikasi transaksi, penghitungan kewajiban, dan pemindahan aset antara pihak-pihak yang terlibat. KBI memastikan bahwa semua transaksi diselesaikan secara tepat waktu dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

d. Penyediaan Informasi Pasar

KBI juga berperan dalam menyediakan informasi pasar yang relevan kepada para pelaku pasar. Informasi ini mencakup data harga, volume perdagangan, dan informasi lainnya yang dapat membantu pelaku pasar dalam membuat keputusan perdagangan yang lebih baik.

e. Penyediaan Mekanisme Penyelesaian Sengketa

KBI menyediakan mekanisme untuk menyelesaikan sengketa yang mungkin timbul antara pihak-pihak yang terlibat dalam transaksi berjangka. Ini membantu menjaga integritas pasar dan memastikan bahwa semua masalah diselesaikan dengan cara yang adil dan efisien.

f. Pendidikan dan Pelatihan

KBI juga berperan dalam memberikan pendidikan dan pelatihan kepada para pelaku pasar mengenai perdagangan berjangka. Ini membantu meningkatkan pemahaman dan keterampilan pelaku pasar sehingga mereka dapat berpartisipasi dengan lebih efektif dalam pasar berjangka.

Dasar Hukum Kliring Berjangka Indonesia

Kliring Berjangka Indonesia beroperasi berdasarkan sejumlah dasar hukum yang mengatur aktivitasnya. Berikut adalah beberapa dasar hukum yang menjadi landasan operasional KBI:

a. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 1997 tentang Perdagangan Berjangka Komoditi

Undang-undang ini merupakan landasan hukum utama yang mengatur perdagangan berjangka komoditi di Indonesia. Dalam undang-undang ini, KBI diakui sebagai lembaga kliring yang bertanggung jawab untuk menjamin pelaksanaan transaksi perdagangan berjangka. Undang-undang ini menetapkan bahwa setiap transaksi yang dilakukan di pasar berjangka harus melalui proses kliring yang dikelola oleh lembaga kliring yang diakui, yaitu KBI.

b. Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Perdagangan Berjangka

Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 1999 memberikan rincian lebih lanjut mengenai penyelenggaraan perdagangan berjangka, termasuk peran dan tanggung jawab KBI. Peraturan ini menetapkan prosedur operasional KBI, termasuk mekanisme kliring dan penyelesaian, serta kewajiban pelaku pasar dalam mematuhi ketentuan yang berlaku.

c. Keputusan Menteri Perdagangan

Keputusan Menteri Perdagangan merupakan dasar hukum tambahan yang memberikan arahan operasional bagi KBI. Keputusan ini biasanya mencakup pengaturan teknis mengenai prosedur kliring, persyaratan bagi pelaku pasar, dan standar operasional yang harus dipatuhi oleh KBI.

d. Peraturan BAPPEBTI

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) adalah badan pengawas yang bertanggung jawab untuk mengawasi dan mengatur perdagangan berjangka di Indonesia. BAPPEBTI mengeluarkan peraturan-peraturan yang mengatur operasional KBI, termasuk persyaratan kliring, kewajiban pelaporan, dan standar kepatuhan yang harus dipenuhi oleh KBI.

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca

Daftar Isi

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.
Buka Akun Demo dan Trading Tanpa Risiko

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil