Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store
google

Kelayakan Kredit

Pengertian Kelayakan Kredit

Kelayakan kredit mengacu pada evaluasi yang dilakukan oleh lembaga keuangan terhadap kemampuan seseorang atau perusahaan untuk memenuhi kewajiban pembayaran pinjaman atau kredit. Penilaian ini didasarkan pada berbagai faktor, termasuk riwayat kredit, pendapatan, aset, dan faktor lain yang memengaruhi kemampuan untuk melunasi utang.

Kriteria Kelayakan Kredit

Berikut kriteria dari kelayakan kredit yang bisa Anda pahami:

a. Riwayat Kredit

Lembaga keuangan akan mengevaluasi riwayat kredit calon peminjam, termasuk catatan pembayaran pinjaman sebelumnya, jumlah utang yang dimiliki, dan penggunaan kredit secara umum.

b. Pendapatan

Pendapatan merupakan faktor penting dalam menentukan kelayakan kredit. Lembaga keuangan akan menilai apakah calon peminjam memiliki pendapatan yang cukup untuk membayar cicilan pinjaman secara rutin.

c. Aset dan Kekayaan Bersih

Aset dan kekayaan bersih calon peminjam juga akan dievaluasi. Ini mencakup nilai properti, investasi jangka panjang, dan aset lain yang dapat dijadikan jaminan atau digunakan untuk membayar utang.

d. Rasio Utang

Lembaga keuangan akan mempertimbangkan rasio utang calon peminjam, yaitu perbandingan antara total utang dengan pendapatan. Semakin rendah rasio utang, semakin tinggi kelayakan kredit.

Proses Penentuan Kelayakan Kredit

Proses penentuan kelayakan kredit umumnya melibatkan langkah-langkah berikut:

Pengajuan Aplikasi: Calon peminjam mengajukan aplikasi pinjaman ke lembaga keuangan, yang mencakup informasi pribadi, riwayat kredit, pendapatan, aset, dan rincian keuangan lainnya.

Penilaian Dokumen: Lembaga keuangan akan menilai dokumen-dokumen yang diajukan oleh calon peminjam, termasuk laporan kredit, slip gaji, dan informasi keuangan lainnya.

Verifikasi Informasi: Lembaga keuangan akan melakukan verifikasi terhadap informasi yang disediakan oleh calon peminjam, seperti memeriksa kebenaran pendapatan dan aset yang dideklarasikan.

Pengambilan Keputusan: Berdasarkan penilaian dan verifikasi, lembaga keuangan akan membuat keputusan apakah calon peminjam memenuhi syarat untuk diberikan pinjaman atau kredit.

Faktor yang Memengaruhi Kelayakan Kredit

Faktor-faktor yang memengaruhi kelayakan kredit dapat beragam dan memainkan peran penting dalam penilaian yang dilakukan oleh lembaga keuangan. Berikut adalah beberapa faktor utama yang memengaruhi kelayakan kredit seseorang:

1. Riwayat Kredit

Riwayat kredit adalah salah satu faktor terpenting yang memengaruhi kelayakan kredit seseorang. Ini mencakup sejarah pembayaran pinjaman sebelumnya, termasuk utang hipotek, kartu kredit, dan pinjaman lainnya. 

Riwayat kredit yang baik, dengan catatan pembayaran yang tepat waktu dan tanpa catatan kredit buruk seperti pengabaian pembayaran atau pengumuman kebangkrutan, cenderung meningkatkan kelayakan kredit seseorang.

2. Pendapatan dan Stabilitas Pekerjaan

Pendapatan adalah faktor penting lainnya dalam menilai kelayakan kredit seseorang. Lembaga keuangan ingin memastikan bahwa calon peminjam memiliki pendapatan yang cukup untuk membayar cicilan pinjaman secara rutin. 

Selain itu, stabilitas pekerjaan juga menjadi pertimbangan penting. Calon peminjam dengan pekerjaan yang stabil dan aman cenderung dianggap lebih kreditabel daripada mereka yang memiliki sejarah pekerjaan yang tidak stabil atau sering pindah-pindah.

3. Rasio Utang

Rasio utang adalah perbandingan antara total utang seseorang dengan pendapatannya. Semakin rendah rasio utang seseorang, semakin baik kelayakan kreditnya. Lembaga keuangan cenderung melihat rasio utang sebagai indikator kemampuan seseorang untuk mengelola utangnya dan membayar kembali pinjaman baru tanpa mengalami kesulitan keuangan yang signifikan.

4. Jumlah Utang Dimiliki

Selain rasio utang, jumlah utang yang dimiliki seseorang juga memengaruhi kelayakan kredit. Meskipun seseorang mungkin memiliki pendapatan yang cukup untuk membayar cicilan pinjaman tambahan, memiliki terlalu banyak utang saat ini dapat menjadi sinyal peringatan bagi lembaga keuangan. Hal ini karena jumlah utang yang besar dapat mengurangi pendapatan yang tersedia untuk membayar utang baru.

5. Jaminan atau Agunan

Kemampuan untuk menawarkan jaminan atau agunan juga dapat memengaruhi kelayakan kredit seseorang. Jaminan agunan seperti rumah, tanah, atau kendaraan dapat memberikan jaminan tambahan kepada lembaga keuangan bahwa pinjaman akan dilunasi bahkan jika peminjam mengalami kesulitan keuangan. 

Dalam banyak kasus, memiliki agunan dapat meningkatkan kemungkinan persetujuan pinjaman dan bahkan dapat membantu mendapatkan suku bunga yang lebih rendah.

6. Usia dan Riwayat Kepemilikan

Usia dan riwayat kepemilikan juga dapat memengaruhi kelayakan kredit. Individu yang lebih muda atau yang belum memiliki riwayat kepemilikan yang panjang mungkin menghadapi lebih banyak kesulitan dalam mendapatkan kredit daripada mereka yang lebih tua atau yang telah memiliki riwayat kepemilikan yang baik.

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca

Daftar Isi

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.
Buka Akun Demo dan Trading Tanpa Risiko

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil