Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store
google

Invoice Berulang

Apa itu Invoice Berulang?

Invoice berulang adalah faktur yang dikirimkan secara berkala kepada pelanggan untuk layanan atau produk yang diberikan secara terus-menerus atau berulang dalam jangka waktu tertentu. Biasanya, invoice berulang digunakan oleh perusahaan yang menawarkan layanan langganan, keanggotaan, atau kontrak jangka panjang. Invoice ini membantu perusahaan dan pelanggan mengelola pembayaran secara teratur dan otomatis.

Karakteristik Invoice Berulang

Invoice berulang memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dari faktur biasa. Karakteristik ini membuatnya lebih efisien dan mudah dikelola, terutama untuk bisnis yang memiliki transaksi berulang.

A. Interval Waktu Tetap

  • Jadwal Tetap: Invoice berulang dibuat dan dikirim pada interval waktu yang tetap, seperti mingguan, bulanan, atau tahunan.

  • Penagihan Otomatis: Sistem penagihan dapat diatur untuk menghasilkan faktur secara otomatis pada jadwal yang ditentukan.

B. Jumlah dan Detail Sama

  • Biaya Tetap: Jumlah yang ditagihkan pada setiap invoice berulang biasanya tetap dan tidak berubah kecuali ada perubahan pada layanan atau produk yang ditawarkan.

  • Deskripsi Konsisten: Detail barang atau jasa yang disediakan tetap konsisten pada setiap invoice.

C. Pengingat dan Pengelolaan Mudah

  • Pengingat Pembayaran: Sistem penagihan sering kali mencakup fitur pengingat pembayaran yang mengingatkan pelanggan tentang jatuh tempo pembayaran.

  • Manajemen Waktu: Mengurangi waktu dan usaha yang diperlukan untuk membuat faktur secara manual setiap periode penagihan.

Tujuan Invoice Berulang

Invoice berulang memiliki berbagai tujuan yang membuatnya menjadi alat yang berguna bagi perusahaan dan pelanggan dalam berbagai aspek bisnis.

A. Meningkatkan Efisiensi Operasional

  • Otomatisasi Proses: Mengotomatiskan proses penagihan mengurangi kebutuhan akan input manual, sehingga menghemat waktu dan sumber daya.

  • Pengurangan Kesalahan: Mengurangi risiko kesalahan manusia yang mungkin terjadi selama pembuatan faktur manual.

B. Meningkatkan Arus Kas

  • Pendapatan Stabil: Memberikan aliran pendapatan yang lebih stabil dan dapat diprediksi bagi perusahaan, karena pembayaran dilakukan secara berkala.

  • Manajemen Keuangan Lebih Baik: Memudahkan manajemen keuangan dengan memberikan gambaran yang jelas tentang pendapatan berulang.

C. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

  • Kemudahan Pembayaran: Membuat proses pembayaran lebih mudah bagi pelanggan karena mereka tidak perlu mengingat untuk melakukan pembayaran setiap periode.

  • Pengingat Otomatis: Pengingat otomatis membantu pelanggan untuk menghindari keterlambatan pembayaran, sehingga menjaga hubungan baik dengan perusahaan.

D. Memperkuat Hubungan Bisnis

  • Kepercayaan Pelanggan: Membangun kepercayaan dengan pelanggan melalui penagihan yang konsisten dan transparan.

  • Komitmen Jangka Panjang: Mendorong komitmen jangka panjang dari pelanggan yang puas dengan layanan berulang.

Cara Membuat Invoice Berulang

Membuat invoice berulang memerlukan beberapa langkah sistematis untuk memastikan bahwa faktur dapat dihasilkan dan dikelola dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat invoice berulang:

A. Pilih Software 

  • Software Akuntansi: Pilih software Invoice Berulang akuntansi atau platform penagihan yang mendukung pembuatan invoice berulang, seperti QuickBooks, FreshBooks, atau Xero.

  • Integrasi dan Otomatisasi: Pastikan software tersebut dapat diintegrasikan dengan sistem manajemen lainnya dan mendukung otomatisasi penagihan.

B. Tentukan Detail Layanan atau Produk

  • Deskripsi Jasa atau Produk: Tentukan deskripsi lengkap dari jasa atau produk yang akan ditagihkan secara berulang.

  • Harga Tetap: Tetapkan harga tetap yang akan ditagihkan pada setiap periode.

C. Atur Jadwal Penagihan

  • Frekuensi Penagihan: Tentukan frekuensi penagihan, apakah mingguan, bulanan, atau tahunan.

  • Tanggal Mulai: Tentukan tanggal mulai penagihan dan pastikan jadwal ini sesuai dengan kontrak atau perjanjian dengan pelanggan.

D. Buat Template Invoice

  • Template Standar: Buat template standar untuk invoice berulang yang mencakup semua detail yang diperlukan, seperti nama perusahaan, alamat, kontak, deskripsi barang atau jasa, jumlah, dan syarat pembayaran.

  • Pengingat Otomatis: Tambahkan fitur pengingat otomatis untuk pembayaran yang akan datang atau jatuh tempo.

E. Konfigurasi Sistem Penagihan

  • Otomatisasi Penagihan: Konfigurasikan sistem penagihan untuk menghasilkan dan mengirim invoice secara otomatis sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

  • Verifikasi Informasi: Verifikasi semua informasi untuk memastikan tidak ada kesalahan sebelum memulai penagihan berulang.

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca

Daftar Isi

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.
Buka Akun Demo dan Trading Tanpa Risiko

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil