Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store
google

Interest Coverage Ratio

Pengertian Interest Coverage Ratio

Rasio Cakupan Bunga (Interest Coverage Ratio)adalah indikator yang digunakan untuk mengevaluasi kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban membayar bunga pinjaman dengan menggunakan pendapatan yang dihasilkan dari operasinya. Formula perhitungan rasio ini melibatkan pembagian antara pendapatan sebelum bunga dan pajak dengan jumlah bunga yang harus dibayar oleh perusahaan dalam periode yang ditentukan.

Rasio Interest Coverage Ratio merupakan alat yang sering digunakan oleh analis keuangan dan investor untuk menilai risiko keuangan suatu perusahaan. Semakin tinggi rasio ini, semakin baik kemampuan perusahaan dalam membayar bunga pinjaman. Sebaliknya, semakin rendah rasio ini, semakin besar risiko keuangan perusahaan dalam pembayaran bunga pinjaman. Secara umum, rasio di atas 1,5 dianggap baik dan menunjukkan bahwa perusahaan memiliki kemampuan yang sehat dalam membayar bunga pinjaman.

Fungsi Interest Coverage Ratio

Interest Coverage Ratio memiliki beberapa fungsi penting dalam analisis keuangan, termasuk:

1. Mengukur Kemampuan Pembayaran Bunga: Rasio ini memberikan gambaran tentang sejauh mana perusahaan dapat membayar bunga pinjaman dengan laba operasionalnya. Semakin tinggi rasio ini, semakin baik kemampuan perusahaan untuk membayar bunga, mengurangi risiko keuangan terkait pembayaran bunga.

2. Indikator Risiko Keuangan: Rasio ini dapat mengindikasikan tingkat risiko keuangan perusahaan dalam hal membayar bunga pinjaman. Semakin rendah rasio ini, semakin besar risiko keuangan yang mungkin dihadapi perusahaan dalam membayar bunga.

3. Evaluasi Kesehatan Keuangan: Interest Coverage Ratio digunakan untuk mengevaluasi kesehatan keuangan perusahaan secara umum. Rasio yang tinggi menunjukkan bahwa perusahaan mampu menghasilkan laba yang mencukupi untuk membayar bunga pinjaman, mencerminkan stabilitas keuangan.

4. Panduan untuk Investor: Bagi investor, rasio ini membantu dalam menilai risiko investasi dalam perusahaan. Rasio yang tinggi memberikan indikasi bahwa perusahaan memiliki kemampuan kuat untuk membayar bunga pinjaman, yang dapat menjadi faktor yang menarik bagi calon investor.

Rumus Interest Coverage Ratio

Dalam istilah matematis, inilah rumus interest coverage ratio adalah:

Interest Coverage Ratio = (Laba Sebelum Bunga dan Pajak) / Bunga yang Harus Dibayar

Laba Sebelum Bunga dan Pajak adalah laba yang dihasilkan perusahaan sebelum dikurangi dengan beban bunga dan pajak. Sedangkan Bunga yang Harus Dibayar adalah jumlah bunga pinjaman yang harus dibayar oleh perusahaan dalam jangka waktu tertentu.

Contoh:
Jika sebuah perusahaan memiliki laba sebelum bunga dan pajak senilai $500.000 dan bunga pinjaman yang harus dibayar adalah sebesar $100.000, maka rumus Interest Coverage Ratio nya adalah:

Interest Coverage Ratio = $500.000 / $100.000
Interest Coverage Ratio = 5

Dalam hal ini, perusahaan memiliki Interest Coverage Ratio sebesar 5, yang berarti perusahaan memiliki kemampuan yang baik dalam membayar bunga pinjaman dan memperlihatkan kinerja keuangan yang sehat.

Jenis Interest Coverage Ratio

Ada beberapa jenis rasio cakupan bunga. Masing-masing melayani tujuan yang berbeda.

Rasio Cakupan Bunga EBIT

Metrik ini memberi tahu analis berapa kali EBIT perusahaan mampu membayar biaya bunga yang akan datang. Ini dihitung dengan membagi total beban bunga dengan EBIT perusahaan.

Rasio Cakupan Bunga EBITDA

Bagilah biaya bunga perusahaan dengan EBITDA-nya untuk menentukan berapa kali EBITDA perusahaan dapat membayar biaya bunga yang akan jatuh tempo.

EBITDA Less CapEx

Cari tahu berapa kali EBITDA perusahaan dapat membayar biaya bunga yang akan datang setelah dikurangi pengeluaran modal (CapEx). Rumus untuk jenis rasio pertanggungan ini adalah (EBITDA - CapEx): Beban Bunga

Rasio Cakupan Biaya Tetap: Metrik ini membantu menentukan kemampuan perusahaan untuk melayani semua kewajiban jangka pendek atau jangka pendeknya. Rumus untuk jenis rasio pertanggungan ini adalah (EBITDA - CapEx) : (Beban Bunga + Bagian Lancar Hutang Jangka Panjang Perusahaan)

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca

Daftar Isi

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.
Buka Akun Demo dan Trading Tanpa Risiko

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil