Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store
google

Durable Goods Orders

Pengertian Durable Goods Orders

Durable Goods Orders merujuk pada statistik ekonomi yang mengukur nilai total pesanan untuk barang-barang tahan lama selama periode tertentu. Barang tahan lama adalah produk-produk yang dirancang untuk bertahan dalam jangka waktu yang relatif lama, biasanya lebih dari tiga tahun, seperti kendaraan bermotor, pesawat terbang, dan peralatan industri. 

Data Durable Goods Orders memberikan gambaran tentang aktivitas investasi dan kepercayaan produsen terhadap kondisi ekonomi, karena pesanan barang tahan lama mencerminkan niat untuk berinvestasi dalam kapital yang memiliki masa pakai yang panjang.

Fungsi Durable Goods Orders

1. Indikator Investasi dan Pertumbuhan Ekonomi 

Durable Goods Orders berfungsi sebagai indikator utama aktivitas investasi dan pertumbuhan ekonomi, karena peningkatan pesanan barang tahan lama menunjukkan kepercayaan produsen dan sentimen pasar untuk berinvestasi dalam produksi jangka panjang.

2. Mengukur Kepercayaan Produsen

Perubahan dalam Durable Goods Orders memberikan gambaran langsung tentang kepercayaan produsen terhadap kondisi ekonomi, di mana kenaikan pesanan mencerminkan optimisme dan kesiapan untuk meningkatkan produksi.

3. Penilaian Kesehatan Sektor Manufaktur

Durable Goods Orders memberikan pemahaman tentang kesehatan sektor manufaktur dengan mengukur permintaan terhadap barang-barang tahan lama, yang seringkali menjadi indikator vital untuk kekuatan ekonomi secara keseluruhan.

4. Proyeksi Kinerja Masa Depan

Sebagai indikator leading, Durable Goods Orders membantu dalam proyeksi kinerja ekonomi masa depan, karena pesanan barang tahan lama dapat mencerminkan perubahan dalam sikap konsumen dan produsen.

5. Analisis Potensial Risiko Investasi

Para investor dapat menggunakan Durable Goods Orders untuk menganalisis potensial risiko investasi, karena penurunan pesanan barang tahan lama dapat memberikan petunjuk tentang perlambatan ekonomi dan penurunan nilai instrumen saham.

6. Indikator Pengeluaran Konsumen

Meskipun sebagian besar digunakan untuk mengukur investasi bisnis, Durable Goods Orders juga dapat mencerminkan pengeluaran konsumen, terutama dalam sektor kendaraan bermotor dan barang elektronik.

7. Monitor Kesehatan Sektor Transportasi

Dalam kaitannya dengan sektor transportasi, Durable Goods Orders dapat membantu memantau kesehatan industri penerbangan dan otomotif, yang keduanya memiliki dampak signifikan pada perekonomian.

8. Penyaring Data Ekonomi

Durable Goods Orders dapat bertindak sebagai penyaring data ekonomi, dengan pemisahan pesanan inti (core orders) yang membantu menganalisis aktivitas investasi tanpa memperhitungkan volatilitas sektor transportasi.

9. Memberikan Petunjuk Inflasi Potensial

Kenaikan pesanan barang tahan lama juga dapat memberikan petunjuk potensial terkait inflasi, karena meningkatnya aktivitas produksi dapat mengakibatkan tekanan naik pada harga bahan baku dan upah.

10. Mengidentifikasi Siklus Bisnis

Durable Goods Orders membantu dalam mengidentifikasi fase siklus bisnis, karena perubahan dalam pesanan barang tahan lama dapat menandai awal atau akhir periode pertumbuhan ekonomi.

Jenis-jenis Durable Goods Orders

Jenis-jenis Durable Goods Orders melibatkan klasifikasi berdasarkan berbagai kriteria, seperti berdasarkan keberlanjutan produk atau berdasarkan sektor industri tertentu. Misalnya, terdapat kategori pesanan inti (core orders) yang mengukur pesanan barang tahan lama kecuali sektor transportasi, memberikan pandangan yang lebih murni terhadap aktivitas investasi. 

Selain itu, Durable Goods Orders dapat dibagi berdasarkan tingkat keberlanjutan produk, termasuk barang tahan lama berjangka panjang dan pendek. Memahami jenis-jenis ini membantu Anda dalam menginterpretasikan informasi yang lebih spesifik dan relevan sesuai dengan kebutuhan analisis ekonomi Anda.

Dengan memahami pengertian, fungsi, komponen, dan jenis-jenis Durable Goods Orders, Anda dapat memanfaatkannya sebagai alat yang kuat untuk membaca dan merespons dinamika ekonomi yang terus berubah. Dalam mengambil keputusan investasi atau bisnis, informasi dari Durable Goods Orders dapat memberikan pandangan yang lebih mendalam dan relevan terkait dengan prospek perekonomian.

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca

Daftar Isi

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.
Buka Akun Demo dan Trading Tanpa Risiko

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil