Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store
google

Drawdown

Pengertian Drawdown

Drawdown adalah istilah yang sering digunakan dalam dunia trading dan investasi yang merujuk pada penurunan dari titik puncak nilai portofolio atau ekuitas. Hal ini menggambarkan selisih antara nilai tertinggi yang pernah dicapai dengan nilai terendah yang sedang berlangsung. Dalam konteks perdagangan, drawdown mencerminkan kerugian maksimum yang dialami sebelum terjadi kenaikan kembali ke level yang lebih tinggi.

Karakteristik Drawdown

Berikut adalah beberapa karakteristik penting dari drawdown:

1. Durasi

Drawdown dapat memiliki durasi yang bervariasi. Durasi drawdown dapat berkisar dari beberapa hari hingga berbulan-bulan, tergantung pada volatilitas pasar, strategi trading, dan kondisi ekonomi yang sedang berlangsung.

2. Persentase

Drawdown diukur dalam persentase penurunan dari nilai tertinggi. Misalnya, jika portofolio mencapai puncaknya pada $10.000 dan kemudian turun menjadi $8.000, drawdownnya adalah 20% ($2.000/$10.000 x 100%).

3. Pengaruh Emosional

Drawdown dapat menjadi tantangan emosional bagi trader dan investor. Penurunan nilai portofolio yang signifikan dapat mempengaruhi kepercayaan diri dan menyebabkan ketakutan serta keputusan yang tidak rasional.

Contoh Drawdown

Berikut adalah contoh sederhana untuk menggambarkan drawdown:

Seorang trader memiliki portofolio awal senilai $50.000. Nilai portofolio tersebut meningkat menjadi $60.000 dalam beberapa bulan, mencapai puncak tertinggi. Namun, kemudian pasar mengalami koreksi yang signifikan dan nilai portofolio turun menjadi $45.000. Drawdown pada saat ini adalah $15.000 ($60.000 - $45.000) atau 25% ($15.000/$60.000 x 100%).

Faktor yang Mempengaruhi Drawdown

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi drawdown, antara lain:

1. Strategi Trading: Strategi trading yang digunakan dapat mempengaruhi drawdown. Strategi yang lebih agresif atau berisiko tinggi cenderung memiliki drawdown yang lebih besar daripada strategi yang lebih konservatif.

2. Volatilitas Pasar: Volatilitas pasar juga dapat mempengaruhi besarnya drawdown. Pasar yang lebih volatil memiliki potensi untuk pergerakan harga yang lebih besar, yang dapat menyebabkan drawdown yang lebih signifikan.

3. Manajemen Risiko: Cara trader atau investor mengelola risiko dapat mempengaruhi drawdown. Jika tidak ada manajemen risiko yang baik, drawdown dapat menjadi lebih besar dan lebih berbahaya bagi portofolio.

4. Kondisi Ekonomi dan Geopolitik: Faktor ekonomi dan geopolitik yang tidak terduga dapat menyebabkan fluktuasi yang tajam di pasar. Peristiwa seperti krisis keuangan, perubahan kebijakan pemerintah, atau ketegangan geopolitik dapat menyebabkan drawdown yang signifikan.

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca

Daftar Isi

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.
Buka Akun Demo dan Trading Tanpa Risiko

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil