Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store
google

Debt to Equity

Pengertian Debt to Equity

Debt to Equity Ratio (DER) adalah rasio yang digunakan untuk mengukur seberapa besar utang sebuah perusahaan dibandingkan dengan ekuitasnya. Rasio ini memberikan gambaran tentang proporsi dana yang berasal dari pinjaman dan dana yang berasal dari pemilik. DER memberikan indikasi tentang tingkat ketergantungan perusahaan terhadap pinjaman untuk mendanai operasi atau instrumen investasi.

Fungsi Debt to Equity

Fungsi utama dari Debt to Equity Ratio (DER) adalah untuk memberikan gambaran tentang struktur modal sebuah perusahaan dan tingkat risiko keuangan yang terkait dengan tingkat utangnya. Mari kita bahas lebih dalam mengenai fungsi-fungsi utama DER:

1. Menganalisis Tingkat Ketergantungan Perusahaan 

DER membantu menganalisis sejauh mana sebuah perusahaan bergantung pada utang untuk mendanai operasinya. Semakin tinggi DER, semakin besar proporsi dana yang diperoleh dari pinjaman dibandingkan dengan dana yang ditanamkan oleh pemilik (ekuitas). 

Analisis ini penting karena tingkat ketergantungan yang tinggi pada utang dapat meningkatkan risiko keuangan, terutama dalam situasi di mana perusahaan menghadapi kesulitan dalam memenuhi kewajiban pembayaran utangnya.

2. Mengukur Tingkat Risiko Keuangan Perusahaan

DER memberikan indikasi tentang tingkat risiko keuangan yang terkait dengan tingkat utang perusahaan. Semakin tinggi DER, semakin besar risiko keuangan yang dihadapi perusahaan karena pembayaran bunga yang harus dilakukan terkait dengan utangnya. 

Dalam situasi tertentu, seperti penurunan pendapatan atau kenaikan suku bunga, perusahaan dengan DER tinggi mungkin menghadapi kesulitan dalam memenuhi kewajiban pembayaran utangnya, yang dapat mengarah pada masalah likuiditas atau bahkan kebangkrutan.

3. Membandingkan Struktur Modal 

DER juga membantu dalam membandingkan struktur modal perusahaan dengan pesaingnya dalam industri yang sama atau dengan industri secara umum. Perusahaan dapat menggunakan perbandingan ini untuk menilai apakah struktur modal mereka sehat dan kompetitif. Misalnya, jika DER perusahaan jauh lebih tinggi dari rata-rata industri, hal itu dapat menandakan bahwa perusahaan tersebut memiliki tingkat utang yang tidak terkendali atau tidak efisien dibandingkan dengan pesaingnya.

4. Membantu Pengambilan Keputusan Investasi

DER juga menjadi alat yang berguna dalam pengambilan keputusan investasi atau kredit. Investor dan kreditur sering menggunakan DER untuk mengevaluasi risiko investasi atau pemberian kredit kepada perusahaan tertentu. 

DER yang tinggi dapat memberikan sinyal peringatan bagi investor atau kreditur tentang potensi risiko keuangan yang tinggi atau ketidakstabilan perusahaan, sementara DER yang rendah mungkin menunjukkan stabilitas keuangan dan kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban pembayaran utangnya.

Rumus Menghitung Debt to Equity

Rumus untuk menghitung Debt to Equity Ratio adalah sebagai berikut:

Debt to Equity Ratio = Total Utang  /  Ekuitas

 Dimana:

  • Total Utang adalah jumlah semua utang perusahaan, termasuk hutang jangka pendek dan hutang jangka panjang.

  • Ekuitas adalah jumlah total dana yang ditanamkan oleh pemilik perusahaan, termasuk modal saham dan laba ditahan.

Contoh Debt to Equity

Misalkan sebuah perusahaan memiliki total utang sebesar $500.000 dan ekuitas sebesar $1.000.000. Maka, Debt to Equity Ratio perusahaan tersebut dapat dihitung sebagai berikut:

Debt to Equity Ratio = $500,000 / $1,000,000 = 0.5

Dalam hal ini, DER perusahaan tersebut adalah 0.5. Ini berarti bahwa perusahaan memiliki $0.50 utang untuk setiap $1.00 ekuitas yang dimiliki.

Dengan kata lain, perusahaan menggunakan lebih sedikit utang dibandingkan dengan ekuitasnya dalam pendanaan operasi atau investasi. Dengan memahami Debt to Equity Ratio dan menghitungnya secara akurat, pemangku kepentingan perusahaan dapat mengambil keputusan yang lebih baik terkait struktur modal, tingkat risiko keuangan, dan pertumbuhan bisnis secara keseluruhan.

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca

Daftar Isi

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.
Buka Akun Demo dan Trading Tanpa Risiko

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil