Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store
google

Day Trading

Apa itu Day Trading?

Day trading adalah gaya trading yang berfokus untuk membeli dan menjual saham dalam satu hari. Day trader menggunakan gaya trading tersebut guna mengeksploitasi pergerakan harga naik-turun yang tak terhindarkan selama sesi perdagangan.

Day trader lebih berfokus pada pasar saham yang bergerak cepat melakukan transaksi jual beli beberapa kali dalam satu hari dan menghasilkan profit yang signifikan, tetapi juga memiliki risiko tinggi.

Day trading paling umum digunakan ke dalam pasar saham dan forex, tempat dimana mata uang asing ditradingkan dan yang menggunakan strategi ini biasanya memiliki pengetahuan dengan baik.

Banyak dari mereka menambah tingkat risiko tambahan menggunakan leverage untuk meningkatkan ukuran posisi mereka. Day trader terbiasa dengan peristiwa yang menyebabkan pergerakan pasar dalam jangka pendek seperti trading berdasarkan berita merupakan salah satu teknik yang populer.

Contoh trading dengan berita salah satunya diambil dari pengumuman rilis statistik ekonomi, pendapatan perusahaan, atau pengumuman suku bunga pada ekspektasi pasar dan psikologi pasar. Artinya, pasar bereaksi ketika ekspektasi tersebut tidak terpenuhi atau terlampaui, biasanya dengan pergerakan yang tiba-tiba dan signifikan dapat menguntungkan para day trader.

Contoh Strategi Day Trading

Seorang day trader harus memiliki keunggulan atas pasar yang di tradingkan. Day trader menggunakan salah satu dari banyaknya strategi trading yang ada seperti swing trading, arbitrase, dan trading news. Mereka menyempurnakan strategi ini sampai berhasil menghasilkan keuntungan yang konsisten dan dapat membatasi kerugian mereka.

Day trader juga menggunakan berbagai strategi intraday sebagai pelengkapnya. Strategi ini meliputi:

1. Scalping: Strategi ini berfokus pada menghasilkan banyak keuntungan kecil dari perubahan harga sesaat yang terjadi sepanjang hari.

2. Range trading: Strategi ini menggunakan level support dan resistance yang telah ditentukan sebelumnya dalam harga untuk menentukan keputusan beli dan jual trader.

3. Trading News: Strategi ini memanfaatkan peluang perdagangan dari volatilitas tinggi yang terjadi di sekitar acara berita.

4. Trading HTF: Strategi ini menggunakan algoritma canggih untuk mengeksploitasi inefisiensi pasar kecil atau jangka pendek.

Ada juga beberapa aturan dasar day trading yang dapat Anda untuk ikuti dengan memilih trading dengan bijak, merencanakan titik masuk dan keluar, konsisten dan patuhi rencana tersebut. Kemudian, identifikasi pola dalam aktivitas pilihan trading Anda terlebih dahulu.

Manajemen Risiko dalam Day Trading

Manajemen risiko adalah proses mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengelola potensi risiko yang terkait dengan aktivitas trading. Dalam day trading, manajemen risiko sangat penting karena posisi ditutup pada akhir hari trading, sehingga tidak ada posisi yang ditinggalkan terbuka untuk mengurangi risiko.

Anda dapat mengelola risiko trading dengan menerapkan manajemen risiko ke dalam akun trading Anda, diantaranya:

1. Menetapkan batasan ukuran posisi maksimal yang akan dibuka dalam satu trading dapat membantu untuk mengendalikan jumlah risiko yang diambil.

2. Menetapkan batas kerugian maksimal yang akan diterima dalam satu trading dapat membantu untuk menghentikan trading yang merugi sebelum kerugian menjadi besar.

3. Memastikan bahwa rasio risiko/keuntungan yang diterima dalam setiap trading adalah positif dapat membantu untuk mengendalikan risiko.

4. Mengurangi risiko dengan menyebar investasi di berbagai jenis aset atau pasar yang berbeda.

5. Memasang Stop-loss order adalah perintah yang ditempatkan dari broker yang akan menutup posisi secara otomatis jika harga mencapai level tertentu.

6. Mengurangi jumlah trading yang dilakukan dapat membantu untuk mengurangi risiko.

7. Mempelajari dari kesalahan dan mengevaluasi strategi trading secara terus-menerus dapat membantu untuk mengelola risiko dengan lebih baik dalam dunia trading.

Manajemen risiko yang efektif sangat penting untuk menghindari kerugian besar dan memastikan bahwa akun trading tetap stabil. Namun, perlu diingat untuk tidak menjadi terlalu konservatif dalam manajemen risiko sehingga menghambat kesempatan untuk meraih keuntungan.

Analisis Teknikal untuk Day Trading

Beberapa teknik analisis teknikal yang umum digunakan dalam day trading diantaranya:

1. Analisis grafik: Menggunakan grafik harga untuk menentukan tren pergerakan harga dan mencari pola yang terjadi secara berulang.

2. Indikator teknikal: Menggunakan indikator seperti Moving Average, Relative Strength Index (RSI), atau Bollinger Bands untuk mengevaluasi pergerakan harga dan volatilitas.

3. Analisis volume: Menganalisis volume perdagangan untuk menentukan sentimen pasar dan mengidentifikasi potensi pembalikan arah.

4. Analisis Sentimen pasar: Mengidentifikasi sentimen pasar yang dapat mempengaruhi pergerakan harga, seperti optimisme atau pesimisme dari para pelaku pasar.

5. Analisis Berita : menganalisis berita ekonomi, politik dan sosial yang dapat mempengaruhi pergerakan harga, seperti laporan ekonomi.

Mengapa Day Trading Kontrovensial?

Potensi keuntungan dari day trading adalah topik yang sering diperdebatkan di forum-forum trading karena terjadinya penipuan menggunakan day trading di internet telah memikat para amatir dengan menjanjikan keuntungan besar dalam waktu singkat.

Beberapa orang melakukan day trading tanpa pengetahuan yang memadai, tetapi ada juga day trader hidup sukses meskipun sudah paham akan risiko yang didapatkan. Banyak manajer keuangan profesional dan penasihat keuangan menghindar menggunakan day trading. Mereka berpendapat bahwa banyak kasus penawaran hadiah tidak membenarkan risikonya.

Selain itu, banyak ekonom dan praktisi keuangan berpendapat bahwa strategi perdagangan aktif dalam bentuk apa pun cenderung berkinerja lebih buruk dari strategi trading pasif yang lebih mendasar dari waktu ke waktu terutama setelah memperhitungkan biaya dan pajak.

Keuntungan dari day trading memungkinkan untuk Anda akan memiliki keuntungan lebih rendah karena berisiko dan membutuhkan keterampilan yang cukup. Anda harus benar-benar memperhatikan trading Anda jika ingin menggunakan strategi day trading.

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca

Daftar Isi

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.
Buka Akun Demo dan Trading Tanpa Risiko

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil