Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store
google

Bank of Australia

Pengertian Bank of Australia

Bank of Australia yang lebih dikenal sebagai Reserve Bank of Australia (RBA) adalah bank sentral Australia yang berperan penting dalam mengawasi dan mengatur kebijakan moneter negara tersebut. 

Bank Sentral Australia (RBA) didirikan pada tahun 1960 dengan tujuan untuk memajukan stabilitas moneter, menjaga nilai tukar dolar Australia, dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di negara tersebut.

Sebagai lembaga bank sentral, RBA memegang peranan penting dalam pengelolaan sistem keuangan Australia serta mengawasi kebijakan moneter dan mata uang nasional.

Fungsi Bank of Australia

Bank of Australia memiliki beberapa fungsi utama yang mencakup berbagai aspek ekonomi dan keuangan Australia:

1. Kebijakan Moneter

Salah satu fungsi utama RBA adalah merumuskan dan melaksanakan kebijakan moneter. RBA menggunakan berbagai alat, seperti suku bunga, untuk mengendalikan jumlah uang beredar dan mengatur inflasi. Tujuannya adalah menjaga inflasi tetap berada dalam kisaran target yang ditentukan oleh pemerintah.

2. Pengaturan Sistem Pembayaran

RBA bertanggung jawab atas pengelolaan dan pengaturan sistem pembayaran Australia. Mereka memastikan bahwa sistem pembayaran berfungsi dengan baik dan efisien, memfasilitasi transaksi keuangan dan perdagangan di dalam negeri dan internasional.

3. Pemantauan Stabilitas Sistem Keuangan

RBA memantau stabilitas sistem keuangan Australia dan berperan dalam memitigasi risiko-risiko yang dapat mengganggu stabilitas sistem tersebut. Mereka bekerja sama dengan otoritas keuangan lainnya untuk mengidentifikasi dan mengatasi potensi masalah keuangan.

4. Pengelolaan Cadangan Devisa

RBA juga bertanggung jawab atas pengelolaan cadangan devisa Australia. Cadangan devisa digunakan untuk memenuhi kewajiban luar negeri negara dan menjaga stabilitas nilai tukar mata uang dolar Australia.

5. Penerbitan Uang Kertas

RBA bertanggung jawab atas penerbitan dan peredaran uang kertas di Australia. Mereka memastikan bahwa uang kertas yang beredar adalah aman dan dapat diterima oleh masyarakat.

Tugas Bank of Australia

Dalam menjalankan fungsi-fungsinya, RBA memiliki beberapa tugas yang diemban:

1. Menjaga Stabilitas Harga

Salah satu tugas utama RBA adalah menjaga stabilitas harga di Australia. Mereka berkomitmen untuk menjaga tingkat inflasi tetap berada dalam kisaran target yang ditentukan oleh pemerintah. Untuk mencapai ini, RBA menggunakan kebijakan moneter, seperti menaikkan atau menurunkan suku bunga.

2. Mengelola Sistem Moneter

RBA juga bertanggung jawab atas pengelolaan sistem moneter di Australia. Mereka mengawasi operasi bank-bank komersial dan institusi keuangan lainnya untuk memastikan sistem keuangan beroperasi dengan baik.

3. Memberikan Nasihat Pemerintah

RBA memberikan nasihat kepada pemerintah Australia tentang kebijakan moneter dan ekonomi. Mereka memberikan pandangan tentang kebijakan fiskal dan moneter yang sesuai untuk mencapai tujuan ekonomi negara.

4. Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan

RBA memainkan peran penting dalam menjaga stabilitas sistem keuangan Australia. Mereka memantau perkembangan dalam sektor perbankan dan keuangan, serta mengambil tindakan jika diperlukan untuk menghindari krisis keuangan.

5. Penelitian dan Analisis Ekonomi

RBA melakukan penelitian ekonomi dan analisis untuk memahami dinamika ekonomi Australia. Hasil penelitian ini digunakan untuk menginformasikan kebijakan moneter dan memberikan panduan kepada pemangku kepentingan ekonomi.

Contoh Kebijakan Bank of Australia

Berikut adalah beberapa contoh kebijakan yang telah diterapkan oleh Bank of Australia dalam menjalankan perannya sebagai bank sentral:

1. Kebijakan Suku Bunga

RBA secara rutin meninjau suku bunga Australia dan dapat menaikkan atau menurunkan suku bunga acuan sebagai salah satu alat untuk mengendalikan inflasi dan mendukung pertumbuhan ekonomi. Sebagai contoh, mereka mungkin menaikkan suku bunga jika inflasi meningkat di atas target.

2. Intervensi Mata Uang

RBA kadang-kadang melakukan intervensi di pasar valuta asing untuk mempengaruhi nilai tukar mata uang Australia. Hal ini dapat dilakukan untuk menjaga stabilitas nilai tukar atau mendukung ekspor Australia.

3. Pemotongan Suku Bunga Selama Krisis

Selama krisis ekonomi, seperti krisis keuangan global tahun 2008, RBA dapat memotong suku bunga secara agresif untuk merangsang pertumbuhan ekonomi dan mendorong pinjaman dan investasi.

4. Kebijakan Pembelian Obligasi

RBA juga dapat mengadopsi kebijakan pembelian obligasi pemerintah atau surat berharga lainnya untuk menginjeksi likuiditas ke dalam sistem keuangan dan menjaga suku bunga tetap rendah.

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca

Daftar Isi

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.
Buka Akun Demo dan Trading Tanpa Risiko

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil