Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store
google

Symmetrical Triangle Pattern

Definisi Symmetrical Triangle Pattern

Symetrical Triangle Pattern atau pola segitiga simetris adalah pola yang sangat umum dalam analisis teknikal trading. Pola ini terbentuk saat harga asset bergerak dalam range yang semakin sempit antara level tinggi dan rendah, sehingga membentuk pola segitiga simetris pada grafik.

Mengapa Pola Ini Terbentuk?

Pola Symmetrical Triangle atau segitiga simetris terbentuk ketika harga pasar bergerak dalam range yang semakin sempit antara level tinggi dan rendah, menciptakan bentuk segitiga pada grafik. Ini adalah tanda bahwa pembeli dan penjual sedang bertarung untuk mengendalikan harga, tetapi belum ada pihak yang jelas menang.

Berikut adalah proses pembentukan pola segitiga simetris dalam detail:

1. Pembentukan Trendline Atas dan Bawah

Pola ini mulai terbentuk ketika ada serangkaian puncak yang semakin rendah dan dasar yang semakin tinggi. Ini membentuk dua garis tren atau trendline – satu naik (ditarik dari dasar yang semakin tinggi) dan satu turun (dibuat dari puncak yang semakin rendah). Garis-garis ini bertemu di titik di mana pola segitiga akan selesai, dikenal sebagai "apex".

2. Konsolidasi Harga

Selama periode pembentukan pola ini, volume perdagangan biasanya menurun. Ini menunjukkan bahwa pasar sedang berada dalam kondisi konsolidasi, di mana pembeli dan penjual sama-sama aktif tetapi tidak ada yang dapat mengendalikan arah harga.

3. Breakout

Pembentukan pola segitiga simetris berakhir ketika terjadi breakout, yakni harga menembus salah satu dari trendline. Jika breakout terjadi di atas trendline turun, ini mengindikasikan bahwa pembeli telah memenangkan pertarungan dan harga mungkin akan naik. Sebaliknya, jika breakout terjadi di bawah trendline naik, ini mengindikasikan bahwa penjual mendominasi dan harga kemungkinan akan turun.

Perlu diingat bahwa walaupun pola ini dapat memberikan indikasi kemana harga akan bergerak, tidak ada yang pasti dalam dunia trading. Oleh karena itu, selalu penting untuk menerapkan strategi manajemen risiko yang tepat saat menggunakan pola ini atau alat analisis teknikal lainnya.

Manfaat Symmetrical Triangle Pattern

Manfaat utama dari pola segitiga simetris adalah kemampuannya dalam memberikan prediksi arah harga berikutnya. Ketika harga berhasil breakout dari pola segitiga, biasanya akan terjadi pergerakan kuat ke arah breakout tersebut. Ini memberikan trader peluang untuk membuka posisi dengan ekspektasi keuntungan yang baik.

Trader biasanya akan menunggu konfirmasi breakout sebelum membuka posisi. Konfirmasi ini bisa berupa penutupan candle di luar batas segitiga, atau peningkatan volume trading saat breakout.

Ciri-ciri Symmetrical Triangle Pattern

Pola segitiga simetris memiliki beberapa ciri khas, di antaranya adalah bentuk segitiga yang terbentuk dari trendline atas yang menurun dan trendline bawah yang naik, serta volume trading yang menurun saat pola terbentuk.

Risiko Symmetrical Triangle Pattern

Meskipun Symetrical Triangle Pattern bisa menjadi alat yang sangat berguna dalam trading, trader juga harus waspada terhadap risiko. Breakout yang salah atau "false breakout" bisa terjadi, dimana harga tampaknya menembus batas segitiga namun kemudian berbalik arah. Trader harus selalu menggunakan manajemen risiko yang baik, seperti penggunaan stop loss, untuk melindungi diri dari kerugian potensial.

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca

Daftar Isi

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.
Buka Akun Demo dan Trading Tanpa Risiko

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil