Waspada penipuan yang mengatasnamakan HSB.Klik di sini untuk melihat klarifikasi lengkapnya.
close

Simple Moving Average

Pengertian Simple Moving Average

Simple Moving Average (SMA) dalam trading adalah metode perhitungan yang digunakan dalam analisis teknis untuk mengidentifikasi tren dan pola pergerakan harga suatu aset dalam periode waktu tertentu. SMA menghitung rata-rata harga penutupan aset selama periode waktu yang ditentukan.

Proses perhitungan SMA melibatkan penjumlahan harga penutupan aset pada setiap periode waktu yang diinginkan, kemudian hasil penjumlahan tersebut dibagi dengan jumlah periode waktu. Misalnya, jika kita menggunakan SMA 10 hari, maka pada hari ke-10, kita akan menjumlahkan harga penutupan aset selama 10 hari terakhir dan hasilnya dibagi dengan 10.

Dengan menggunakan SMA, Anda dapat melihat tren harga secara lebih jelas. Jika harga aset berada di atas SMA, ini menunjukkan adanya tren naik atau bullish, sedangkan jika harga berada di bawah SMA, ini menunjukkan adanya tren turun atau bearish. SMA juga membantu dalam menghaluskan fluktuasi harga harian, sehingga memungkinkan investor untuk melihat tren jangka panjang.

Perlu diingat bahwa SMA memiliki keterlambatan dalam memberikan sinyal karena hanya berdasarkan harga historis. Selain itu, SMA rentan terhadap harga outlier yang dapat mempengaruhi perhitungan rata-rata.

Dalam analisis investasi, SMA digunakan sebagai alat bantu untuk mengidentifikasi tren harga dan memberikan petunjuk dalam pengambilan keputusan investasi. Dengan pemahaman yang baik tentang pengertian dan penggunaan SMA, investor dapat mengoptimalkan strategi investasi mereka.

Contoh Simple Moving Average

Misalnya, jika kita menggunakan SMA 10 hari dalam trading untuk sebuah saham, maka untuk menghitung SMA hari ke-10, kita perlu menjumlahkan harga penutupan saham selama 10 hari terakhir dan membaginya dengan 10. Dengan demikian, setiap hari akan ada perubahan SMA seiring dengan pergeseran periode waktu.

Contoh perhitungan SMA harga penutupan dalam 10 hari terakhir sebagai berikut: 

$50 - $52 - $55 - $57 - $60 - $58 - $56 - $54     - $53 - $52

Pada hari ke-10, setelah menghitung dan membagi jumlah harga penutupan selama 10 hari terakhir, kita mendapatkan SMA 10 hari sebesar $54.7. SMA ini memberikan gambaran tentang pergerakan rata-rata harga selama periode tersebut.

Kelebihan Simple Moving Average

1. Mudah digunakan: SMA adalah indikator yang sederhana dan mudah dipahami. Perhitungannya hanya melibatkan penjumlahan dan pembagian, sehingga dapat digunakan oleh investor pemula.

2. Mengidentifikasi tren: SMA membantu dalam mengenali tren yang sedang terjadi pada aset. Jika harga bergerak di atas SMA, ini menunjukkan adanya tren naik, sedangkan jika harga bergerak di bawah SMA, ini menunjukkan adanya tren turun.

3. Menghaluskan fluktuasi harga: SMA membantu menghaluskan fluktuasi harga harian, sehingga memungkinkan investor untuk melihat tren jangka panjang dengan lebih jelas.

Kekurangan Simple Moving Average

1. Tertinggal dalam memberikan sinyal: Karena SMA hanya berdasarkan harga historis, ia cenderung memberikan sinyal dengan keterlambatan. Ini berarti investor mungkin melewatkan peluang untuk masuk atau keluar dari pasar pada waktu yang tepat.

2. Rentan terhadap harga outlier: SMA memberikan bobot yang sama pada setiap harga penutupan dalam periode waktu tertentu. Hal ini membuatnya rentan terhadap harga outlier yang dapat mempengaruhi perhitungan rata-rata.

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca

Daftar Isi

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.
Buka Akun Demo dan Trading Tanpa Risiko

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil