Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store
google

Options Clearing Corporation

Definisi Options Clearing Corporation

Options Clearing Corporation (OCC) adalah lembaga kliring dan penjaminan terpusat yang berfungsi untuk memfasilitasi transaksi derivatif, terutama opsi, di berbagai bursa di Amerika Serikat

OCC berperan sebagai perantara antara penjual dan pembeli dalam transaksi opsi, memastikan bahwa kewajiban yang timbul dari transaksi tersebut dipenuhi. Dengan adanya OCC, risiko pihak lawan (counterparty risk) diminimalkan karena OCC menjamin penyelesaian transaksi bahkan jika salah satu pihak gagal memenuhi kewajibannya.

Peran OCC dalam Pasar Keuangan

OCC memainkan peran penting dalam stabilitas dan efisiensi pasar keuangan. Sebagai lembaga kliring, OCC menjamin bahwa semua kontrak opsi yang diperdagangkan di bursa yang berpartisipasi diselesaikan dengan benar. Ini berarti OCC mengambil alih risiko kredit dari anggota kliringnya, sehingga para pelaku pasar dapat berdagang dengan kepercayaan bahwa transaksi mereka akan diselesaikan meskipun salah satu pihak mengalami gagal bayar.

Anggota Options Clearing Corporation

Anggota OCC terdiri dari perusahaan-perusahaan keuangan yang memenuhi kriteria tertentu dan memiliki izin untuk melakukan transaksi opsi di bursa yang bekerja sama dengan OCC. Anggota OCC dibagi menjadi dua kategori utama: anggota kliring dan anggota non-kliring.

Anggota Kliring

Anggota kliring adalah perusahaan yang memiliki izin untuk mendirikan lembaga kliring dan penyelesaian transaksi opsi melalui OCC. Anggota kliring biasanya adalah perusahaan broker-dealer besar, bank, dan lembaga keuangan lainnya yang memiliki kapasitas dan sumber daya untuk memenuhi persyaratan OCC. Anggota kliring bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua transaksi yang mereka lakukan diselesaikan dengan benar dan tepat waktu.

Anggota Non-Kliring

Anggota non-kliring adalah perusahaan yang tidak memiliki izin untuk melakukan kliring langsung dengan OCC tetapi dapat melakukan transaksi opsi melalui anggota kliring. Anggota non-kliring termasuk perusahaan pialang kecil dan investor institusional yang menggunakan jasa anggota kliring untuk menyelesaikan transaksi mereka.

Kriteria Keanggotaan

Untuk menjadi anggota OCC, perusahaan harus memenuhi berbagai kriteria, termasuk persyaratan modal minimum, kepatuhan terhadap regulasi, dan kemampuan untuk mengelola risiko. OCC juga melakukan penilaian berkala terhadap anggota kliringnya untuk memastikan bahwa mereka terus memenuhi standar yang ditetapkan.

Tugas Options Clearing Corporation

OCC memiliki beberapa tugas utama yang mendukung stabilitas dan efisiensi pasar opsi dan derivatif. Berikut adalah beberapa tugas utama OCC:

1. Kliring dan Penyelesaian Transaksi

Tugas utama OCC adalah melakukan kliring dan penyelesaian transaksi opsi dan derivatif lainnya. Kliring adalah proses di mana OCC bertindak sebagai perantara antara pembeli dan penjual, menjamin bahwa kedua belah pihak memenuhi kewajibannya. Penyelesaian adalah proses di mana transfer aset dan pembayaran dilakukan untuk menyelesaikan transaksi.

2. Manajemen Risiko

OCC bertanggung jawab untuk mengelola risiko yang terkait dengan transaksi opsi dan derivatif. Ini termasuk mengevaluasi risiko kredit dari anggota kliring dan menggunakan mekanisme seperti margin dan jaminan untuk memastikan bahwa risiko diminimalkan. OCC juga memiliki sistem untuk memantau dan mengelola risiko pasar dan operasional.

3. Penyediaan Jaminan

OCC menyediakan jaminan kepada pasar bahwa semua transaksi opsi yang dikliring akan diselesaikan, bahkan jika salah satu pihak mengalami gagal bayar. Ini memberikan kepercayaan kepada pelaku pasar bahwa mereka dapat berdagang dengan aman dan efisien.

4. Pelaporan dan Kepatuhan

OCC bertanggung jawab untuk melaporkan aktivitas kliring dan penyelesaian kepada otoritas pengatur dan memastikan bahwa operasinya mematuhi semua regulasi yang berlaku. Ini termasuk penyusunan laporan keuangan yang akurat dan transparan serta pelaksanaan audit internal dan eksternal secara berkala.

5. Pengembangan Produk dan Layanan

OCC terus mengembangkan produk dan layanan baru untuk memenuhi kebutuhan pasar yang terus berkembang. Ini termasuk pengembangan teknologi kliring yang lebih canggih, perluasan layanan untuk produk derivatif baru, dan peningkatan efisiensi proses kliring dan penyelesaian.

6. Edukasi dan Pelatihan

OCC juga memiliki peran dalam edukasi dan pelatihan bagi anggotanya dan pelaku pasar lainnya. Ini termasuk penyediaan sumber daya pendidikan tentang perdagangan opsi, manajemen risiko, dan kepatuhan regulasi.

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca

Daftar Isi

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.
Buka Akun Demo dan Trading Tanpa Risiko

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil