Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store
google

Margin Call

Pengertian Margin Call

Margin call merupakan notifikasi atau permintaan dari broker kepada seorang investor untuk menyuntikkan dana tambahan ke rekening margin mereka. Situasi ini terjadi ketika nilai investasi yang dimiliki oleh investor turun di bawah level minimum yang telah ditetapkan oleh broker, yang dikenal sebagai persyaratan margin. Margin call biasanya terkait dengan perdagangan menggunakan leverage atau pinjaman dari broker.

Penyebab Margin Call

1. Leverage Tinggi: Penggunaan leverage tinggi meningkatkan risiko kerugian besar jika pasar bergerak melawan posisi trader.

2. Pergerakan Pasar yang Tidak Terduga: Fluktuasi harga yang tiba-tiba dan besar dapat menyebabkan nilai ekuitas turun secara signifikan.

3. Ketidakpatuhan terhadap Aturan Margin: Tidak mematuhi aturan margin broker, seperti tidak menambahkan dana saat diminta, bisa menyebabkan margin call.

4. Kekurangan Dana: Tidak memiliki dana yang cukup untuk menutup kerugian dapat memicu margin call.

5. Korelasi Antar Posisi: Memiliki beberapa posisi terbuka yang berkorelasi positif dapat meningkatkan risiko total terhadap pergerakan pasar yang merugikan.

6. Kondisi Pasar yang Volatil: Volatilitas tinggi memperbesar risiko karena pergerakan harga yang besar dan cepat.

7. Overtrading: Melakukan terlalu banyak perdagangan atau membuka posisi terlalu besar tanpa manajemen risiko yang tepat meningkatkan kemungkinan margin call.

Contoh Margin Call

Persyaratan Margin yang Tidak Terpenuhi

Misalnya, jika broker menetapkan persyaratan margin 30% dan nilai ekuitas di rekening margin investor turun di bawah persentase tersebut, margin call dapat dipicu.

Contoh: Jika investor memiliki posisi margin sebesar $10.000 dan persyaratan margin 30%, nilai ekuitas harus setidaknya $3.000 (30% dari $10.000). Jika nilai ekuitas turun di bawah $3.000, broker dapat memicu margin call.

Perubahan Harga Pasar yang Signifikan

Jika harga aset yang dipegang oleh investor mengalami penurunan tajam, nilai ekuitas di rekening margin dapat menurun di bawah persyaratan margin yang ditentukan.

Contoh: Jika investor memiliki posisi margin saham dengan nilai ekuitas sebesar $50.000 dan persyaratan margin 40%, maka nilai ekuitas harus setidaknya $20.000 (40% dari $50.000). Jika harga saham turun secara signifikan sehingga nilai ekuitas jatuh di bawah $20.000, broker dapat memicu margin call.

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca

Daftar Isi

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.
Buka Akun Demo dan Trading Tanpa Risiko

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil