Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store
google

Housing Starts and Building Permits

Pengertian Housing Starts and Building Permits

1. Housing Starts

Housing Starts mengacu pada jumlah proyek konstruksi perumahan yang baru dimulai dalam suatu periode waktu tertentu, biasanya diukur per bulan atau per tahun. Angka ini mencakup semua jenis perumahan, seperti rumah pribadi, apartemen, dan konstruksi lainnya. 

2. Building Permits

Building Permits atau Izin Bangunan merujuk pada persetujuan resmi diberikan oleh otoritas pemerintah setempat kepada pengembang atau pemilik properti untuk memulai suatu proyek konstruksi. 

Izin ini diperlukan sebelum konstruksi fisik dimulai dan mencakup persetujuan terhadap desain dan rencana konstruksi. Jumlah Building Permits diberikan dapat memberikan petunjuk tentang tingkat kepercayaan pengembang dan investor terhadap pasar properti, serta memberikan indikasi tentang proyek-proyek konstruksi yang akan datang.

Fungsi Housing Starts and Building Permits

1. Fungsi Housing Starts 

a. Mengukur Aktivitas Konstruksi Perumahan

Housing Starts memberikan gambaran tentang seberapa aktif sektor konstruksi perumahan dalam suatu periode waktu tertentu. Jumlah proyek yang dimulai mencerminkan tingkat kegiatan pembangunan di pasar perumahan.

b. Indikator Pertumbuhan Ekonomi

Jika Housing Starts meningkat, hal itu dapat menjadi sinyal pertumbuhan ekonomi yang sehat. Aktivitas konstruksi perumahan dapat menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan permintaan bahan bangunan, dan memberikan dampak positif pada industri terkait.

c. Pemantauan Tren Pasar Perumahan

Data Housing Starts membantu analis dan pelaku pasar untuk melacak tren pasar perumahan. Ini dapat memberikan wawasan tentang permintaan konsumen terhadap perumahan dan kecenderungan perubahan harga investasi properti.

2. Fungsi Building Permits 

a. Mengukur Rencana Konstruksi

Building Permits memberikan informasi tentang rencana konstruksi yang akan datang. Sebelum proyek konstruksi dimulai, pengembang harus mendapatkan izin resmi, dan jumlah Building Permits mencerminkan minat dan rencana investasi di sektor properti.

b. Indikator Kepercayaan Pengembang dan Investor

Jika jumlah izin bangunan meningkat, ini dapat diartikan sebagai tanda kepercayaan pengembang dan investor terhadap prospek ekonomi dan pasar properti. Kenaikan Building Permits dapat menunjukkan optimisme tentang permintaan perumahan di masa depan.

c. Prediktor Aktivitas Konstruksi Mendatang

Building Permits dapat dianggap sebagai indikator awal aktivitas konstruksi. Jumlah izin diberikan memberikan petunjuk tentang proyek-proyek yang akan segera dimulai, memungkinkan pelaku pasar untuk meramalkan dampaknya terhadap pasokan perumahan dan kondisi pasar.

Housing Starts dan Dampaknya pada Ekonomi

Berikut adalah housing starts dan beberapa dampak utama Housing Starts pada ekonomi, dijelaskan sebagai berikut:

1. Pertumbuhan Ekonomi

Jika Housing Starts meningkat, hal ini seringkali dianggap sebagai tanda pertumbuhan ekonomi yang positif. Aktivitas konstruksi perumahan menciptakan lapangan kerja baru dalam sektor konstruksi, memperluas permintaan untuk bahan bangunan, dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

2. Penciptaan Lapangan Kerja

Konstruksi perumahan melibatkan pekerjaan dalam berbagai sektor, termasuk tenaga kerja langsung di lapangan konstruksi dan pekerjaan terkait seperti manufaktur bahan bangunan. Peningkatan Housing Starts menciptakan peluang kerja baru, yang dapat meningkatkan tingkat pengeluaran konsumen.

3. Dampak pada Industri Terkait

Peningkatan aktivitas konstruksi perumahan juga memberikan dampak positif pada industri terkait, seperti industri furniture, peralatan rumah tangga, dan jasa perbaikan rumah. Ini menciptakan efek gelombang yang melibatkan banyak sektor ekonomi.

4. Investasi Properti dan Kredit Bank

Peningkatan Housing Starts dapat meningkatkan kepercayaan pengembang dan investor terhadap pasar properti. Selain itu, aktivitas konstruksi tinggi dapat mendorong kredit bank untuk mendukung proyek-proyek pembangunan, yang pada gilirannya meningkatkan likuiditas dan investasi dalam ekonomi.

5. Peningkatan Nilai Properti

Jika pasokan perumahan tidak memenuhi permintaan, peningkatan Housing Starts dapat membantu menyeimbangkan pasar dengan menyediakan lebih banyak unit perumahan. Ini dapat membantu mengurangi tekanan harga properti dan memberikan peluang bagi lebih banyak orang untuk memasuki pasar perumahan.

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca

Daftar Isi

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.
Buka Akun Demo dan Trading Tanpa Risiko

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil