Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store
google

High Volume Node

Pengertian High Volume Node

High Volume Node (HVN) adalah istilah yang digunakan dalam analisis Volume Profile untuk menggambarkan area pada chart di mana terjadi volume perdagangan yang signifikan selama periode waktu tertentu. 

Volume Profile adalah alat analisis teknis yang menampilkan jumlah volume yang diperdagangkan pada berbagai level harga, bukan hanya menampilkan volume berdasarkan waktu seperti pada histogram volume tradisional. HVN menunjukkan level harga di mana banyak transaksi terjadi, yang mengindikasikan adanya minat besar dari para pelaku pasar.

Kelebihan High Volume Node

Berikut kelebihan dari high volume node: 

1. Indikator Kestabilan Harga

HVN dapat menunjukkan area di mana harga memiliki kestabilan relatif. Karena banyak transaksi terjadi pada level harga ini, sering kali harga cenderung kembali ke HVN ketika deviasi terjadi. Ini karena HVN dianggap sebagai area nilai yang adil, di mana kepuasan tertinggi antara pembeli dan penjual tercapai.

2. Titik Referensi untuk Support dan Resistance

HVN sering kali berfungsi sebagai level support atau resistance yang kuat. Ini adalah karena para trader dan investor cenderung mengingat harga di mana mereka sebelumnya melihat banyak aktivitas, dan menggunakan level ini sebagai referensi untuk menentukan posisi beli atau jual. Ini menjadikan HVN alat yang berguna untuk merencanakan entri dan keluar dari perdagangan.

3. Meningkatkan Keakuratan Analisis

Ketika digunakan bersama dengan alat analisis teknis lainnya, HVN dapat meningkatkan keakuratan prediksi pergerakan harga. Dengan memahami dimana volume berkonsentrasi, trader dapat membuat keputusan yang lebih tepat tentang di mana menetapkan stop-loss atau mengambil keuntungan.

Kelemahan High Volume Node

Berikut kelemahan dari high volume node: 

1. Ketertinggalan Informasi

Seperti banyak indikator teknis, HVN merupakan indikator lagging, artinya itu memberikan informasi berdasarkan apa yang telah terjadi, bukan prediksi apa yang akan terjadi. Ini bisa membuatnya kurang bermanfaat dalam kondisi pasar yang sangat volatil atau tren baru yang berkembang.

2. Memerlukan Pengalaman

Menginterpretasikan HVN secara efektif memerlukan pengetahuan dan pengalaman dalam analisis Volume Profile. Pemula dalam perdagangan mungkin merasa sulit untuk mengidentifikasi dan memahami pentingnya HVN tanpa pemahaman yang solid tentang dinamika pasar.

3. Ketergantungan pada Software 

Untuk melihat dan menganalisis HVN, trader memerlukan akses ke perangkat lunak analisis teknis yang menyediakan fungsionalitas Volume Profile. Tidak semua platform trading menyediakan alat ini, yang dapat membatasi akses ke analisis berbasis HVN tanpa investasi tambahan dalam teknologi perdagangan.

High Volume Node Strategy Trading

1. Trading Pullback

Salah satu strategi yang efektif menggunakan HVN adalah trading pullback. Dalam strategi ini, trader mencari retracement atau pullback ke HVN setelah harga bergerak menjauh dari level tersebut. Karena HVN adalah area di mana harga cenderung stabil, trader menganggap retracement ke HVN sebagai kesempatan untuk masuk ke pasar dengan asumsi harga akan kembali bergerak ke arah tren sebelumnya.

2. Breakout Trading

Trader juga bisa menggunakan HVN untuk mengidentifikasi potensi breakout. Ketika harga menembus HVN dengan volume yang signifikan, itu bisa menjadi indikator kuat bahwa ada perubahan sentimen pasar dan awal dari tren baru. Trader akan mencari untuk memasuki perdagangan dengan arah breakout, mengantisipasi pergerakan harga yang cepat dan tajam.

3. Setting Stop-Loss

Menggunakan HVN untuk menetapkan stop-loss dengan benar adalah strategi lain yang populer. Trader menempatkan stop-loss di bawah (untuk posisi beli) atau di atas (untuk posisi jual) HVN terdekat untuk meminimalkan risiko jika harga kembali ke level ini dan terus bergerak melawan posisi yang diambil.

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca

Daftar Isi

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.
Buka Akun Demo dan Trading Tanpa Risiko

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil