Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store
google

Global Bond

Pengertian Global Bond

Global bond adalah instrumen utang yang diterbitkan oleh perusahaan multinasional atau pemerintah suatu negara dalam mata uang asing, biasanya dalam denominasi dolar AS atau euro, dan diperdagangkan di pasar global. Global bond memberikan kesempatan kepada penerbit untuk mendapatkan dana dari investor internasional dan mendiversifikasi basis investor mereka.

Manfaat Global Bond

Global bond memiliki sejumlah manfaat bagi penerbit dan investor. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari global bond:

  • Diversifikasi Sumber Dana: Penerbit global bond dapat mendiversifikasi sumber dana dengan mendapatkan akses ke pasar global dan investor internasional.

  • Peningkatan Likuiditas: Global bond cenderung memiliki tingkat likuiditas yang tinggi karena diperdagangkan di pasar global yang besar.

  • Penurunan Biaya Pinjaman: Dengan akses ke pasar global, penerbit global bond dapat memperoleh pinjaman dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan pinjaman domestik.

  • Diversifikasi Portofolio Investor: Bagi investor, global bond memberikan kesempatan untuk mendiversifikasi portofolio mereka dengan berinvestasi dalam instrumen utang dari berbagai negara dan mata uang.

5 Kategori Global Bond

Global bond dapat dikategorikan berdasarkan berbagai faktor, seperti penerbit, mata uang denominasi, dan jangka waktu. Berikut adalah lima kategori utama global bond:

1. Sovereign Bond

Sovereign bond diterbitkan oleh pemerintah suatu negara dan dijamin oleh pemerintah tersebut. Ini adalah instrumen utang yang relatif aman karena dijamin oleh pemerintah yang memiliki kekuatan fiskal.

2. Corporate Bond

Corporate bond diterbitkan oleh perusahaan multinasional dan dapat diperdagangkan di pasar global. Tingkat pengembalian corporate bond cenderung lebih tinggi daripada sovereign bond untuk mengkompensasi risiko yang lebih besar.

3. Supranational Bond

Supranational bond diterbitkan oleh lembaga internasional seperti Bank Dunia atau Dana Moneter Internasional (IMF) untuk mendanai proyek-proyek pembangunan di negara-negara berkembang.

4. Emerging Market Bond

Emerging market bond diterbitkan oleh pemerintah atau perusahaan dari negara-negara berkembang. Instrumen ini memiliki tingkat pengembalian yang lebih tinggi namun juga memiliki risiko yang lebih besar.

5. High-Yield Bond

High-yield bond, juga dikenal sebagai junk bond, adalah instrumen utang yang diterbitkan oleh penerbit dengan peringkat kredit rendah. Instrumen ini memberikan tingkat pengembalian yang tinggi namun juga memiliki risiko gagal bayar yang lebih tinggi.

Global Bond di Indonesia

Indonesia telah aktif dalam pasar global bond sebagai bagian dari upaya untuk mendiversifikasi sumber pembiayaan negara. Penerbitan global bond oleh Indonesia telah mendapatkan respon positif dari investor internasional, terutama karena pertumbuhan ekonomi yang stabil dan prospek ekonomi yang menjanjikan.

Penerbitan global bond oleh Indonesia telah memberikan manfaat berupa diversifikasi sumber dana, peningkatan likuiditas pasar keuangan Indonesia, dan penurunan biaya pinjaman. Namun, penerbitan global bond juga memiliki risiko, terutama terkait dengan fluktuasi nilai tukar dan perubahan kondisi pasar global.

Pemerintah Indonesia terus memantau perkembangan pasar global bond dan berusaha untuk menjaga stabilitas ekonomi serta meningkatkan daya saing pasar keuangan Indonesia di tingkat global.

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca

Daftar Isi

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.
Buka Akun Demo dan Trading Tanpa Risiko

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil