Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google

Cross Rate

Apa Itu Cross Rate

Cross rate adalah istilah yang digunakan dalam dunia keuangan untuk menggambarkan nilai tukar antara dua mata uang asing, namun keduanya tidak diukur dalam mata uang domestik resmi negara tempat pertukaran tersebut berlangsung. Dengan kata lain, jika mata uang A dan mata uang B tidak memiliki nilai tukar langsung, namun nilai tukar masing-masing terhadap mata uang C diketahui, maka kita dapat menghitung cross rate antara mata uang A dan B.

Misalnya, jika kita berada di Amerika Serikat (dimana mata uang resminya adalah USD) dan ingin mengetahui nilai tukar antara Euro (EUR) dan Yen Jepang (JPY), kita akan melihat cross rate EUR/JPY, meskipun transaksi tersebut tidak melibatkan USD.

Formula Cross Rate

Untuk menghitung cross rate, Anda dapat menggunakan formula berikut:

Cross Rate (A/B)=Rate (A/USD)×Rate (USD/B)

Dimana:

Cross Rate (A/B) adalah kurs tukar antara mata uang A dan mata uang B.

Rate (A/USD) adalah kurs tukar antara mata uang A terhadap USD.

Rate (USD/B) adalah kurs tukar antara USD terhadap mata uang B.

Contoh:

Misalkan kita ingin mengetahui kurs tukar antara EUR (Euro) dan JPY (Yen Jepang) dan kita memiliki data berikut:

Rate (EUR/USD)=1.20

Rate (USD/JPY)=110

Maka,

Cross Rate (EUR/JPY)=1.20×110=132

Jadi, kurs tukar antara EUR dan JPY adalah 132.

Catatan: Formula di atas berlaku jika Anda memiliki rate dalam bentuk "berapa unit mata uang asing yang dapat dibeli dengan satu unit USD". Jika rate diberikan dalam bentuk sebaliknya (berapa unit USD yang dapat dibeli dengan satu unit mata uang asing), Anda mungkin perlu melakukan penyesuaian pada formula.

Fungsi Cross Rate

1. Transaksi Mata Uang Asing: Cross rate memungkinkan pelaku pasar untuk mengkonversi mata uang satu ke mata uang lain tanpa harus melalui mata uang intermediari seperti Dolar AS. Ini mempermudah transaksi antar negara yang tidak melibatkan Dolar AS.

2. Menentukan Kurs Tukar: Dalam banyak kasus, pasar mungkin tidak memiliki likuiditas yang memadai untuk pasangan mata uang tertentu. Dalam kasus tersebut, cross rate dapat digunakan untuk menentukan kurs tukar antara dua mata uang dengan merujuk pada kurs tukar mereka terhadap mata uang ketiga yang lebih likuid.

3. Diversifikasi Portofolio: Investor dan trader yang ingin melakukan diversifikasi portofolio mereka ke mata uang asing dapat menggunakan cross rate untuk mengidentifikasi peluang investasi potensial dan mengukur risiko.

4. Analisis Keuangan: Perusahaan multinasional yang beroperasi di berbagai negara seringkali harus mengkonversi laporan keuangan mereka ke mata uang lokal. Cross rate digunakan untuk mengkonversi berbagai elemen laporan keuangan dari satu mata uang ke mata uang lain.

5. Lindung Nilai (Hedging): Pelaku pasar dapat menggunakan cross rate untuk melindungi eksposur mata uang mereka. Dengan memahami bagaimana dua mata uang berinteraksi satu sama lain melalui cross rate, mereka dapat memasang posisi yang melindungi mereka dari fluktuasi mata uang yang tidak diinginkan.

6. Spekulasi: Trader mata uang seringkali menggunakan cross rate untuk spekulasi, berdasarkan analisis mereka tentang bagaimana dua mata uang akan bergerak relatif satu sama lain.

7. Penyederhanaan Transaksi: Untuk negara-negara yang perdagangannya didominasi oleh Dolar AS, tetapi ingin berdagang satu sama lain tanpa harus melibatkan Dolar, cross rate menyediakan mekanisme untuk melakukan hal tersebut.

8. Pengukuran Kekuatan Relatif: Cross rate memungkinkan pelaku pasar untuk mengukur kekuatan relatif dari satu mata uang terhadap mata uang lain, tanpa distorsi yang mungkin disebabkan oleh faktor-faktor yang mempengaruhi mata uang utama seperti Dolar AS.

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca

Daftar Isi

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.
Buka Akun Demo dan Trading Tanpa Risiko

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil