Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store
google

Contract for Difference

Apa itu Contract for Difference?

Contract for Difference (CFD) adalah sebuah perjanjian yang digunakan dalam perdagangan derivatif keuangan, di mana perbedaan antara harga pembukaan dan penutupan dibereskan secara tunai. Nilai kontrak CFD tidak memperhitungkan nilai dasar aset: hanya perubahan harga selama masuk dan keluar dari perdagangan.

CFD merupakan strategi perdagangan yang lebih canggih yang digunakan oleh trader berpengalaman dan tidak diizinkan di Amerika Serikat. CFD tidak tersedia untuk investor ritel di AS karena regulasi dari Securities and Exchange Commission (SEC) dan Commodity Futures Trading Commission (CFTC).

CFD tersedia untuk:

  • Mata uang

  • Indeks keuangan global

  • Obligasi

  • Saham

  • Komoditas

Regulasi CFD Menurut Negara

Kontrak CFD tidak diizinkan di A.S. Mereka diizinkan di pasar over-the-counter (OTC) terdaftar di banyak negara trading utama, termasuk Inggris, Jerman, Swiss, Singapura, Spanyol, Prancis, Afrika Selatan, Kanada, Selandia Baru, Hong Kong, Swedia, Norwegia, Italia, Thailand, Belgia, Denmark, dan Belanda.

Sementara di Indonesia, meskipun tidak ada peraturan yang khusus mengawasi CFD, transaksi CFD secara luas dicakup oleh Peraturan Bappebti No. 109/Bappebti/PER/01/2014 tentang Kontrak Derivatif dalam Sistem Perdagangan Alternatif.

Cara Kerja CFD

Contract for Difference (CFD) adalah perjanjian antara investor dan broker CFD untuk menukar selisih nilai produk keuangan (sekuritas atau derivatif) antara saat kontrak dibuka dan ditutup. Seorang investor CFD tidak pernah benar-benar memiliki aset dasar melainkan menerima pendapatan berdasarkan perubahan harga aset tersebut. 

Misalnya, daripada membeli atau menjual emas fisik, seorang trader dapat dengan mudah berspekulasi apakah harga emas akan naik atau turun. Pada dasarnya, investor dapat menggunakan CFD untuk bertaruh apakah harga aset dasar atau sekuritas akan naik atau turun. 

Trader dapat bertaruh pada pergerakan naik atau turun. Jika trader yang telah membeli CFD melihat kenaikan harga aset, mereka akan menawarkan kepemilikannya untuk dijual. Selisih bersih antara harga beli dan harga jual dijumlahkan menjadi satu. Selisih bersih yang mewakili keuntungan dari trading diselesaikan melalui akun broker investor.

Di sisi lain, jika trader percaya bahwa nilai aset akan turun, posisi jual dapat ditempatkan. Untuk menutup posisi, trader harus membeli perdagangan yang mengimbangi. Kemudian, selisih bersih dari kerugian tersebut diselesaikan dengan uang tunai melalui akun mereka.

Contoh Contract for Difference

Seorang investor ingin membeli CFD di SPDR S&P 500 (SPY), yang merupakan dana yang diperdagangkan di bursa yang melacak Indeks S&P 500. Broker membutuhkan uang muka 5% untuk melakukan perdagangan ini.

Investor membeli 100 saham SPY seharga $250 per saham untuk posisi $25.000 dari mana hanya 5% atau $1.250 yang dibayarkan pada awalnya ke broker. Dua bulan kemudian SPY diperdagangkan pada $300 per saham, dan trader keluar dari posisi dengan keuntungan $50 per saham atau total $5.000.

CFD diselesaikan dengan uang tunai; posisi awal $25.000 dan posisi penutupan $30.000 ($300 * 100 saham), dan keuntungan sebesar $5.000 dikreditkan ke akun investor.

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca

Daftar Isi

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.
Buka Akun Demo dan Trading Tanpa Risiko

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil