Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store
google

Capacity Utilization

Definisi Capacity Utilization

Capacity Utilization adalah ukuran yang digunakan untuk mengevaluasi sejauh mana kapasitas produksi suatu industri atau ekonomi digunakan dalam periode waktu tertentu. Dinyatakan dalam persentase, indikator ekonomi ini mengukur perbandingan antara produksi aktual yang dilakukan dengan kapasitas maksimum yang mungkin dicapai.

Capacity Utilization memberikan gambaran tentang seberapa efisien sumber daya produktif digunakan. Jika Capacity Utilization tinggi (dekat 100%), ini dapat mengindikasikan bahwa perekonomian beroperasi pada tingkat produksi yang tinggi. 

Sebaliknya, jika Capacity Utilization rendah, ini bisa menjadi tanda lemahnya permintaan atau efisiensi produksi yang kurang baik. Data ini sering digunakan oleh analis ekonomi dan pengambil kebijakan moneter untuk memahami tingkat aktivitas ekonomi dan mengidentifikasi potensi risiko atau peluang.

Rumus Capacity Utilization

Rumus Capacity Utilization:

Capacity Utilization =(Actual Output / Potential Output) × 100

Dalam rumus tersebut:

Actual Output:

Actual Output adalah jumlah produksi aktual yang telah dicapai.

Potential Output:

Potential Output adalah kapasitas maksimum yang dapat dicapai dalam kondisi ideal.

Contoh Capacity Utilization

Contoh Capacity Utilization dapat dijelaskan sebagai berikut:

Misalkan suatu pabrik memiliki kapasitas produksi maksimum sebesar 10.000 unit produk dalam sebulan. Pada bulan tertentu, pabrik tersebut berhasil memproduksi sebanyak 8.000 unit. Dengan menggunakan rumus Capacity Utilization:

Capacity Utilization=(8,000 / 10,000)×100=80%

Dalam contoh ini, Capacity Utilization pabrik tersebut adalah 80%. Ini berarti pabrik hanya menggunakan 80% dari kapasitas maksimumnya selama periode waktu tersebut.

Penilaian Capacity Utilization menjadi relevan ketika dibandingkan dengan periode sebelumnya atau dengan industri sejenis. Jika pada bulan sebelumnya Capacity Utilization lebih rendah (misalnya 75%), maka peningkatan menjadi 80% bisa dianggap sebagai tanda positif karena menunjukkan peningkatan aktivitas produksi. 

Sebaliknya, jika industri sejenis memiliki Capacity Utilization yang lebih tinggi (misalnya 90%), pabrik mungkin perlu meningkatkan efisiensi atau menyesuaikan produksinya untuk tetap bersaing.

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca

Daftar Isi

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.
Buka Akun Demo dan Trading Tanpa Risiko

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil