Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store
google

Black Friday

Pengertian Black Friday

Black Friday adalah hari belanja besar-besaran yang biasanya terjadi pada hari Jumat setelah Thanksgiving di Amerika Serikat. Ini adalah salah satu hari belanja paling sibuk dalam tahun, di mana toko-toko besar menawarkan diskon besar-besaran pada berbagai produk, termasuk elektronik, pakaian, perabotan, dan banyak lagi. Black Friday menandai awal musim belanja Natal dan sering kali dianggap sebagai hari dimana penjualan ritel mencapai puncaknya.

Fungsi Black Friday

Black Friday memiliki beberapa fungsi yang penting dalam ekonomi ritel:

  • Meningkatkan Penjualan: Black Friday membantu toko-toko meningkatkan penjualan mereka dengan menawarkan diskon besar-besaran dan penawaran spesial. Ini menghasilkan arus kas yang signifikan bagi peritel dan produsen.

  • Menarik Konsumen: Diskon besar-besaran dan promosi khusus pada Black Friday menarik konsumen untuk berbelanja dan menghabiskan uang mereka. Hal ini juga memicu pembelian impuls dan memperluas pangsa pasar bagi merek-merek tertentu.

  • Menandai Awal Musim Belanja Natal: Black Friday menandai awal musim belanja Natal, di mana konsumen mempersiapkan hadiah-hadiah dan barang-barang lain untuk merayakan liburan.

Jenis-Jenis Black Friday

Meskipun Black Friday umumnya dikenal sebagai hari diskon besar-besaran di Amerika Serikat, namun terdapat beberapa jenis Black Friday yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa jenis Black Friday yang umum terjadi:

1. Black Friday Tradisional di Toko Fisik

Ini adalah jenis Black Friday yang paling dikenal. Pada hari ini, toko-toko fisik menawarkan diskon besar-besaran pada berbagai produk, mulai dari elektronik hingga pakaian, perabotan, dan banyak lagi. Konsumen seringkali menghabiskan waktu berjam-jam untuk berbelanja di antara kerumunan orang dan mencari penawaran terbaik.

2. Black Friday Online

Dengan perkembangan e-commerce, Black Friday juga telah berpindah ke platform online. Toko-toko e-commerce menawarkan diskon besar-besaran dan penawaran spesial melalui situs web mereka. Ini memungkinkan konsumen untuk berbelanja dari kenyamanan rumah mereka sendiri, tanpa perlu menghadapi kerumunan dan antrean panjang di toko fisik.

3. Cyber Monday

Meskipun bukan Black Friday secara harfiah, namun Cyber Monday terjadi pada hari Senin setelah Thanksgiving dan sering kali dianggap sebagai kelanjutan dari Black Friday. Pada hari ini, toko-toko online menawarkan penawaran spesial dan diskon besar-besaran pada berbagai produk elektronik, perangkat lunak, dan barang-barang lainnya. Ini menjadi waktu yang tepat bagi konsumen yang melewatkan Black Friday untuk mengejar penawaran khusus secara online.

4. Black Friday Khusus Industri

Beberapa industri juga memiliki Black Friday mereka sendiri. Misalnya, industri perjalanan memiliki "Travel Deal Tuesday" yang terjadi pada hari Selasa setelah Thanksgiving, di mana maskapai penerbangan dan hotel menawarkan diskon besar-besaran pada tiket dan akomodasi. Industri game juga memiliki "Black Friday Deals Week" di mana perangkat lunak, perangkat keras, dan aksesori game ditawarkan dengan harga diskon.

5. Black Friday Global

Meskipun Black Friday berasal dari Amerika Serikat, namun fenomena ini telah menyebar ke negara-negara lain di seluruh dunia. Toko-toko dan e-commerce di berbagai negara, termasuk Eropa, Asia, dan Australia, juga ikut serta dalam Black Friday dengan menawarkan diskon besar-besaran pada produk-produk mereka.

Contoh Black Friday

Contoh-contoh Black Friday meliputi:

  • Toko-toko besar seperti Walmart, Target, dan Best Buy menawarkan diskon besar-besaran pada produk-produk populer seperti televisi, ponsel cerdas, dan peralatan rumah tangga.

  • Situs web e-commerce seperti Amazon, eBay, dan Alibaba menawarkan penawaran spesial dan diskon besar-besaran pada berbagai produk, mulai dari barang elektronik hingga pakaian dan aksesoris.

  • Restoran dan layanan hiburan juga dapat menawarkan promosi khusus pada Black Friday, seperti diskon makanan atau tiket murah untuk acara-acara khusus.

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca

Daftar Isi

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.
Buka Akun Demo dan Trading Tanpa Risiko

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil