Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store
google

Big Cap

Pengertian Big Cap

Big Cap, atau disebut juga sebagai "kapitalisasi besar," merujuk pada saham-saham dari perusahaan-perusahaan dengan kapitalisasi pasar yang besar. Kapitalisasi pasar dihitung dengan mengalikan harga saham perusahaan dengan jumlah total saham yang beredar. Saham-saham Big Cap cenderung menjadi fokus perhatian investor karena ukuran dan stabilitasnya.

Jenis Saham Big Cap

Jenis saham Big Cap mencakup beragam karakteristik dan klasifikasi yang memengaruhi cara investor memandang dan mengelola portofolio mereka. Berikut ini adalah beberapa jenis saham Big Cap yang umum di pasar keuangan:

1. Blue Chip Stocks

Saham-saham Blue Chip adalah saham-saham dari perusahaan-perusahaan terkemuka dengan reputasi yang kuat dan mapan di industri mereka. Mereka sering dianggap sebagai investasi yang stabil dan memiliki kinerja finansial yang teruji. Blue Chip Stocks biasanya ditemukan di sektor-sektor seperti teknologi, keuangan, konsumen, dan kesehatan.

2. Dividend Stocks

Saham-saham Dividend Stocks adalah saham-saham Big Cap yang memiliki kecenderungan untuk membayar dividen yang stabil dan konsisten kepada pemegang saham mereka. Dividen ini biasanya berasal dari laba bersih perusahaan dan merupakan bagian dari kebijakan pembagian keuntungan. Saham-saham ini menarik bagi investor yang mencari pendapatan pasif dari investasi mereka.

3. Growth Stocks

Meskipun lebih umum ditemukan di kategori kapitalisasi kecil dan menengah, ada juga saham Big Cap yang dikenal karena pertumbuhan pendapatannya yang kuat dan prospek pertumbuhan yang cerah di masa depan. Saham-saham ini dikenal sebagai Growth Stocks. Mereka sering kali terkait dengan perusahaan teknologi, bioteknologi, dan inovatif lainnya yang terus berkembang.

4. Cyclical Stocks

Saham-saham Cyclical Stocks terkait dengan industri-industri yang sangat dipengaruhi oleh siklus ekonomi, seperti industri konstruksi, otomotif, dan manufaktur. Mereka cenderung mengalami fluktuasi harga yang signifikan seiring dengan perubahan dalam kondisi ekonomi makro. Saham-saham ini dapat memberikan potensi keuntungan yang besar dalam periode ekspansi ekonomi, tetapi juga rentan terhadap penurunan harga selama periode kontraksi.

5. Defensive Stocks

Saham-saham Defensive Stocks terkait dengan perusahaan-perusahaan yang menawarkan barang atau layanan yang dianggap sebagai kebutuhan pokok. Contoh industri yang sering dianggap defensif adalah makanan, minuman, utilitas, dan perawatan kesehatan. Saham-saham ini cenderung stabil selama kondisi ekonomi yang sulit karena permintaan yang relatif tetap.

Karakteristik Saham Big Cap

Saham-saham Big Cap memiliki beberapa karakteristik khas, antara lain:

Stabilitas Finansial: Perusahaan-perusahaan di belakang saham Big Cap sering memiliki bisnis yang mapan, model bisnis yang teruji, dan pendapatan yang stabil. Mereka mungkin memiliki pangsa pasar yang besar dan terdiversifikasi di berbagai sektor.

Likuiditas Tinggi: Saham-saham Big Cap diperdagangkan secara aktif di pasar dan biasanya memiliki likuiditas yang tinggi. Hal ini membuatnya mudah untuk dibeli dan dijual tanpa menimbulkan perubahan signifikan pada harga pasar.

Kapitalisasi Pasar Besar: Saham-saham Big Cap memiliki kapitalisasi pasar yang besar, yang berarti mereka memiliki valuasi yang signifikan di pasar saham. Hal ini sering kali memberikan kepercayaan kepada investor dan menarik minat dari lembaga keuangan besar.

Contoh Saham Big Cap

Beberapa contoh saham Big Cap yang dikenal luas di pasar keuangan internasional meliputi:

Apple Inc. (AAPL): Perusahaan teknologi terkemuka yang terkenal dengan produk-produknya seperti iPhone, iPad, dan Mac.

Microsoft Corporation (MSFT): Perusahaan perangkat lunak yang mengembangkan sistem operasi Windows dan berbagai layanan perangkat lunak lainnya.

Amazon.com Inc. (AMZN): Perusahaan e-commerce terbesar di dunia dengan berbagai lini bisnis termasuk e-commerce, cloud computing, dan layanan streaming.

Alphabet Inc. (GOOGL): Perusahaan induk dari Google, yang terkenal dengan mesin pencari Google, YouTube, dan berbagai layanan internet lainnya.

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca

Daftar Isi

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.
Buka Akun Demo dan Trading Tanpa Risiko

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil