Waspada penipuan yang mengatasnamakan HSB.Klik di sini untuk melihat klarifikasi lengkapnya.
close

Bank Kustodian

Pengertian Bank Kustodian

Bank kustodian (custodian bank) adalah lembaga keuangan yang memiliki tanggung jawab untuk mengamankan dan mengelola aset keuangan milik klien. Fungsi utama bank kustodian adalah menjaga keamanan, rekonsiliasi, dan pelaporan terkait aset keuangan seperti efek, saham, obligasi, dana investasi, dan instrumen keuangan lainnya yang dimiliki oleh investor, perusahaan, atau lembaga lain.

Fungsi Bank Kustodian

Tugas utama bank kustodian meliputi:

Pengamanan Aset

Bank kustodian bertanggung jawab untuk menyimpan aset keuangan klien dalam lingkungan yang aman dan terlindungi. Hal ini melibatkan penyimpanan fisik atau digital, serta penerapan langkah-langkah keamanan untuk melindungi aset dari risiko pencurian, kebakaran, atau kerusakan lainnya.

Rekonsiliasi dan Penyelesaian Transaksi

Bank kustodian melakukan rekonsiliasi dan penyelesaian transaksi terkait aset. Mereka memastikan bahwa transaksi yang dilakukan oleh klien sesuai dengan catatan dan bukti yang ada, serta memastikan bahwa aset telah ditransfer atau diterima dengan benar.

Pemberian Informasi dan Pelaporan

Bank kustodian menyediakan informasi kepada klien terkait status aset mereka, termasuk laporan tentang perubahan nilai, transaksi, dan aktivitas lainnya yang terkait dengan investasi. Pelaporan ini membantu klien memantau kinerja portofolio investasi mereka.

Penyimpanan Dokumen

Bank kustodian juga dapat menyimpan dokumen penting terkait dengan aset, seperti sertifikat saham atau dokumen transaksi lainnya.

Penyediaan Layanan Administratif

Bank kustodian dapat memberikan layanan administratif terkait manajemen dana, penghitungan imbal hasil, dan perhitungan dividen atau bunga.

Layanan Pemindahan Aset

Ketika klien melakukan perubahan atau pemindahan aset, bank kustodian memfasilitasi proses tersebut dengan menjaga integritas dan keamanan selama pemindahan.

Contoh Bank Kustodian

Berikut adalah beberapa contoh bank kustodian yang terkenal di dunia:

The Bank of New York Mellon (BNY Mellon)

Salah satu bank kustodian terbesar di dunia, BNY Mellon menyediakan layanan kustodian dan administrasi untuk berbagai jenis aset keuangan, termasuk saham, obligasi, dana investasi, dan lain-lain.

JPMorgan Chase

JPMorgan Chase adalah bank kustodian yang menyediakan layanan kustodian global kepada klien institusi, perusahaan, dan individu.

State Street Corporation

State Street adalah bank kustodian yang fokus pada layanan kustodian, pengelolaan dana, dan solusi investasi. Mereka memiliki jaringan internasional yang luas.

Citibank

Citibank juga memiliki divisi kustodian yang menyediakan layanan penyimpanan dan administrasi untuk aset investasi.

Northern Trust

Northern Trust adalah bank kustodian dan manajer investasi yang melayani klien institusi dan individu. Mereka memiliki kehadiran internasional dalam layanan kustodian.

HSBC

HSBC juga memiliki divisi layanan kustodian yang menyediakan layanan penyimpanan, administrasi, dan pelaporan untuk aset investasi.

BNP Paribas

BNP Paribas adalah bank kustodian global yang menawarkan layanan kustodian dan administrasi untuk berbagai jenis aset.

Wells Fargo

Wells Fargo menyediakan layanan kustodian dan administrasi untuk aset keuangan bagi klien institusi dan perusahaan.

UBS

UBS memiliki divisi layanan kustodian yang menyediakan layanan penyimpanan dan administrasi untuk aset investasi.

Standard Chartered

Standard Chartered juga memiliki layanan kustodian untuk menyimpan dan mengelola aset investasi.

Setiap bank kustodian memiliki cakupan layanan, kapabilitas, dan kehadiran geografis yang berbeda-beda. Pemilihan bank kustodian penting bagi institusi atau investor untuk memastikan aset mereka diamankan, dikelola, dan dilaporkan dengan baik sesuai kebutuhan dan tujuan mereka.

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca

Daftar Isi

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.
Buka Akun Demo dan Trading Tanpa Risiko

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil