Tepat ketika para pedagang Eropa kembali dari istirahat makan siang mereka, sesi AS dimulai pada jam 8:00 EST ketika pedagang mulai masuk ke kantor.

Sama seperti Asia dan Eropa, sesi AS memiliki satu pusat keuangan utama yang menjadi perhatian pasar.

Kita tentu saja berbicara, tentang "Kota yang Tidak Pernah Tidur" - New York City! Hutan beton tempat impian dibuat!

Di bawah ini adalah tabel rentang pip sesi New York dari pasangan mata uang utama.

PASANGAN NEW YORK
EUR/USD 77
GBP/USD 68
USD/JPY 34
AUD/USD 68
NZD/USD 62
USD/CAD 67
USD/CHF 56
EUR/JPY 72
GBP/JPY 77
AUD/JPY 71
EUR/GBP 36
EUR/CHF

Nilai pip dihitung menggunakan rata-rata dari data sebelumnya. Perhatikan bahwa harga ini BUKAN NILAI MUTLAK dan dapat bervariasi tergantung pada likuiditas dan kondisi pasar lainnya.

Lihat! kisaran sesi harga EUR / CHF belum dimasukan karena franc Swiss telah dipatok dengan euro di harga 1.2000 selama periode tersebut.

Berikut ini beberapa fakta tentang sesi New York:

  • Karena mengalami overlap dengan sesi Eropa, di awal sesi trading New York masih terdapat likuiditas yang cukup tinggi.
  • Sebagian besar laporan ekonomi dirilis nyaris berbarengan dengan dimulainya sesi New York. Dan kita harus ingat kalau sekitar 85% trading melibatkan Dolar AS. Sehingga pasar akan selalu bergerak kapan pun berita ekonomi AS dirilis.
  • Begitu pasar Eropa tutup, yang bersamaan dengan paruh kedua sesi trading New York, likuiditas dan volatilitas cenderung mereda.
  • Hanya ada sedikit pergerakan yang tertangkap pada Jumat sore, karena trader Asia memilih untuk menghabiskan waktunya berkumpul di tempat karaoke dan bar. Sementara trader Eropa lebih suka menghabiskan waktunya di pub dan nobar pertandingan sepakbola.
  • Selain itu, di hari Jumat terdapat kemungkinan terjadi reversal pada paruh kedua sesi AS. Penyebabnya adalah trader AS memutuskan untuk tutup posisi lebih awal di akhir pekan guna mengurangi tekanan akibat berita yang muncul menjelang libur.

Pair Mana Yang Bagus Ditradingkan Di Sesi New York?

Kita perlu mencatat bahwa akan ada banyak yang terjadi pada saat pasar AS dan Eropa berlangsung. Bisa dibayangkan, bank-bank dan semua perusahaan multinasional sibuk menjawab telepon. Kita bisa memanfaatkan momen ini untuk trading dengan mata uang apapun. Walau untuk amannya, lebih baik kita menggunakan mata uang mayor dan minor dan menghindari mata uang eksotik.

Di sisi lain, karena Dolar AS sering digunakan dalam sebagian besar transaksi, semua trader bisa dipastikan akan menaruh perhatian mereka pada rilis data AS. Entah apakah rilis data itu bersifat positif atau negatif, yang pasti rilis data AS akan mampu menggoncang pasar dunia.