Evening dan Morning Stars

Kedua candlestick di bawah adalah jenis triple pattern candlestick yang biasanya ditemukan pada sesi akhir trend.

Keduanya adalah sebuah sinyal pembalikan arah yang dapat diketahui dari ketiga karekteristiknya.

Karakteristik pola evening star sebelah kanan sebagai contoh:

  1. Candlestick pertama adalah sebuah bullish candlestick yang merupakan bagian dari candle uptrend.
  2. Candlestick kedua memiliki bentuk tubuh yang kecil menunjukkan tidak adanya pemenang didalam sesi tersebut. Candlestick ini dapat berupa bullish atau bearish.
  3. Candlestick ketiga adalah sebuah konfirmasi tentang pembalikan arah trend pasar terjadi di sepanjang sesi. Dan harga ditutup dibawah separuh rentang harga candlestick pertama.

Three white soldiers dan black crows


Three white soldiers terbentuk ketika long bullish candle mengikuti downtrend sekaligus menunjukkan bahwa pembalikan arah mulai terjadi.

Tipe candlestick ini diyakini sebagai deteksi sinyal untuk potensi bullish, yang terbentuk setelah perpanjangan downtrend dan konsolidasi singkat.

Candlestick pertama disebut dengan reversal candle yang mengakhiri sesi downtrend atau konsolidasi yang terjadi setelah downtrend sudah berakhir.

Supaya pola dianggap valid, candlestick kedua harus lebih besar dari badan candlestick sebelumnya.

Dan harga penutupan juga mendekati harga tertingginya atau bisa dikatakan hampir tidak mempunyai shadow diatas bodi.

Candlestick ketiga setidaknya harus berbentuk sama dengan candlestick kedua dan memiliki shadow kecil atau tidak mempunyai shadow sama sekali.

Three black crows adalah kebalikan dari three white soldier. Pola Ini terbentuk ketika tiga bearish candle mengikuti UPTREND yang kuat, menunjukkan kalau pembalikkan mulai terjadi.

Candlestick kedua harus mempunyai tubuh yang lebih besar dibandingkan candlestick pertama dengan harga penutupan di dekat harga terendahnya.

Sedangkan candlestick ketiga mempunyai bentuk bodi sama dengan candlestick kedua dengan ukuran shadow kecil atau tidak mempunyai shadow sama sekali.

Three Inside Up and Down


Three inside up adalah sebuah trend reversal yang bisa dijumpai di bawah sebuah sesi downtrend.

Pola ini menandakan bahwa sebuah sesi downtrend kemungkinan akan segera berakhir dan sebuah sesi uptrend akan segera mulai terbentuk.

Berikut ini adalah ciri-ciri dari pola pembalikan arah:

  1. Candlestick pertama harus berada di bottom downtrend dan mempunyai ciri long bearish candlestick.
  2. Candlestick kedua paling sedikit menutup lebih dari separuh candlestick pertama.
  3. Candlestick ketiga harus ditutup diatas harga tertinggi candlestick pertama untuk mengkonfirmasi bahwa trader pembeli menguasai sesi trading dan berhasil membalikkan sesi downtrend.

Three inside down adalah kebalikan dari three inside up yang merupakan sebuah trend reversal yang bisa dijumpai di atas sebuah sesi uptrend.

Pola ini menandakan bahwa sesi uptrend segera berakhir dan sesi baru downtrend segera dimulai. Sebuah three inside down harus memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Candlestick pertama ditemukan diatas sesi uptrend dengan long bullish candlestick.
  2. Candlestick kedua ditutup paling sedikit dibawah separuh candlestick pertama.
  3. Candlestick ketiga ditutup dibawah nilai terendah candlestick pertama untuk mengkonfirmasi bahwa para trader penjual menguasai sesi trading dan berhasil membalikkan sesi uptrend menjadi downtrend.