Sama seperti manusia, candlestick memiliki ukuran tubuh (body) yang beragam.

Candlestick yang mempunyai bentuk bodi panjang (long) mengindikasikan volume kekuatan pembeli atau penjual. Semakin panjang bodi maka semakin tinggi tingkat tekanan jual maupun beli. Artinya konsentrasi para penjual dan pembeli sangat kuat dan sedang mengambil alih kondisi pasar.

Sedangkan candlestick dengan ukuran bodi pendek (short) mengindikasikan bahwa jumlah pembeli atau penjual sangat sedikit. Perlu diketahui yang dimaksud dengan bullish adalah pembeli dan bearish adalah penjual.

Candlestick dengan bentuk bodi panjang dan berwarna putih mengindikasikan tekanan beli sedang kuat. Semakin panjang bentuk bodi maka semakin besar kekuatan para pembeli dan kondisi pasar berada dalam trend bullish.

Sedangkan candlestick dengan bentuk bodi panjang berwarna hitam menunjukkan bahwa tekanan jual sedang kuat. Semakin panjang bentuk bodinya maka semakin besar kekuatan para penjual dan kondisi pasar dalam trend bearish.

Bayangan ekor

Bayangan atas dan bawah pada candlestick memberi petunjuk penting tentang sesi trading.

Bayangan atas (upper shadows) menandakan sesi tinggi.

Bayangan bawah (lower shadows) menandakan sesi rendah.

Candlestick dengan shadow pendek menunjukkan harga bergerak disekitar harga pembukaan dan penutupan dan sedangkan candlestick dengan shadow yang panjang menunjukkan bahwa harga bergerak jauh dari harga pembukaan dan penutupan.

Jika candlestick mempunyai long upper shadow dan short lower shadow (gambar kiri), menunjukkan pada awal sesi didominasi oleh trader pembeli sehingga permintaan harga menjadi sangat tinggi, kemudian dengan alasan apapun para penjual datang dan menolak kenaikan harga tersebut dan harga pun tertekan kebawah mendekati harga pembukaan sehingga terbentuklah long upper shadow.

Jika candlestick mempunyai long lower shadow dan short upper shadow (gambar kanan), menunjukkan bahwa pada awal sesi didominasi oleh trader penjual sehingga harga tertekan dibawah harga pembukaan. Tetapi kemudian segerombolan pembeli datang dan tertarik untuk membeli sehingga harga pun kembali naik keatas di dekat harga pembukaan sehingga terbentuklah long lower shadow.