Jika hendak berinvestasi pada pasar saham tertentu, Anda memerlukan mata uang lokal untuk membelinya. Anda dapat membayangkan sebesar apa efek pasar saham DAX (pasar saham Jerman), terhadap mata uangnya.

Secara teori, setiap kali DAX naik, Investor mengharapkan Euro juga akan naik karena investor perlu mendapatkan profit dari Euro. Meskipun korelasinya tidak sempurna, data masih menunjukkan keakuratan yang cukup kuat.

Korelasi EUR/JPY terhadap Pasar Saham

Kami melakukan sedikit riset terhadap korelasi EUR/JPY yang tampaknya sangat berkorelasi dengan pasar saham di seluruh dunia.

Anda harus tahu bahwa Yen dan Dolar AS dianggap sebagai safe havens yang aman di antara mata uang utama.

Saat kepercayaan terhadap ekonomi global turun menyebabkan trader panik, sehingga trader akan mengalihkan uang mereka dari pasar saham, yang akhirnya menyebabkan penurunan nilai DAX dan S&P500.

Dengan uang yang mengalir keluar dari pasar-pasar ini, kita melihat EUR/JPY jatuh karena para traders berlarian mencari perlindungan dana yang aman.

Di sisi lain, ketika matahari cerah dan selera risiko merajalela, investor memasukkan uang mereka ke pasar saham, yang pada akhirnya menyebabkan kenaikan pada pasangan mata uang EUR/JPY.

Lihatlah grafik di bawah ini untuk memahami analisa forex EUR/JPY, DAX dan S&P500.

Korelasi dari keduanya tampak bertahan dengan baik pada beberapa dekade terakhir karena EUR/JPY dan kedua indeks naik secara bersama-sama hingga tahun 2008, ketika dihantam Grear Financial Crisis (GFC).

Pada akhir 2007, EUR/JPY telah mencapai puncaknya, begitu pula dengan indeks saham.