Engulfing candles

Bullish engulfing pattern adalah dua buah pola candlestick yang menunjukkan adanya sebuah kemungkinan terjadinya pergerakan harga naik yang kuat.

Sinyal ini terbentuk ketika sebuah bearish candlestick diikuti langsung oleh sebuah bullish candlestick yang kuat atau lebih besar.

Candlestick bullish ini “menelan” bearish candlestick sebelumnya, artinya para trader pembeli benar-benar mengalahkan para trader penjual sehingga harga berada jauh diatas harga penutupan sesi sebelumnya yang berada pada sesi downtrend.

Selain itu,bearish engulfing pattern merupakan kebalikan dari bullish engulfing pattern

Candlestick bearish ini terbentuk ketika bullish candlestick “ditelan” oleh bearish candlestick yang muncul sesudahnya.

Ini menunjukkan bahwa kekuatan para trader pembeli sudah lemah dan kini saatnya para trader penjual masuk dan mengalahkan para trader pembeli.

Tweezer bottoms dan tops


Jenis pola candlestick ini biasanya terlihat setelah trend naik atau trend turun yang panjang, menunjukkan pembalikkan harga akan segera terjadi.

Apa anda sadar kalau formasi candlestick ini terlihat seperti sepasang pinset (tweezer)?

Kriteria tweezer yang efektif seperti di bawah ini:

Candlestick pertama sama bentuknya dengan pola keseluruhan trend, jika harga bergerak naik, berarti candlestick pertama adalah bullish.

Candlestick kedua berlawanan bentuknya dengan pola keseluruhan trend. Jika harga bergerak naik, maka candlestick kedua adalah bearish.

Tweezer tops harus memiliki tinggi yang sama, sementara Tweezer bottoms harus memiliki titik/posisi terendah yang sama.