Di bab ini, Anda akan mempelajari keputusan trading menggunakan pola candlestick yang telah dijelaskan di bab sebelumnya.

Perlu diingat, melihat pola candlestick tidak efektif tanpa mempertimbangkan lingkungan dan harga pasar secara real-time.

Sebagai peringatan sebelum melangkah lebih lanjut!

Seperti halnya Indikator atau alat teknis apa pun, jika candlestick mengarah ke pembalikan atau kelanjutan trend, TIDAK berarti itu akan terjadi.

Ini adalah pasar forex dan tidak ada sesuatu yang pasti!

Menggunakan candlestick bersamaan dengan support dan resistance

Cara paling mudah untuk melakukan analisa candlestick adalah dengan menggunakan level support dan resistance, karena pergerakan harga cenderung berbalik arah setelah masuk ke area ini, dengan melihat bentuk candlestick yang muncul di area support dan resistance, akan lebih mudah memprediksi ke mana harga akan bergerak selanjutnya.

Berikut adalah contohnya:

Disini Anda menentukan level resistance di harga 1.4900.

Anda ingin sekali entri pasar saat ini tetapi memutuskan untuk menunggu karena candle sedang menyentuh level sangat bullish.

Saat upper shadow terlihat melampaui garis resistance, mungkin ada keinginan untuk segera buka posisi buy. Namun, karena sudah mempelajari jenis candlestick, Anda lebih menahan diri untuk dengan melihat pola candlestick berikutnya.

Setelah menunggu dengan sabar, terlihat dua candlestick yang muncul berikutnya yaitu, three inside down. Mengetahui bahwa pola ini adalah sinyal bearish yang cukup kuat, Anda mulai memasang posisi sell. Tak hanya itu, stop loss juga di pasang di atas level resistance untuk jaga-jaga dari kerugian.

Alhasil, kesabaran berbuah manis! Pengetahuan akan support & resistance ditambah dengan pola candlestick, potensi keuntungan pun meningkat. Lihat seperti apa keuntungan yang Anda peroleh dari menggabungkan kedua analisa tersebut.

Mantap sekali bukan?! Dengan kesabaran serta menguasai dua jenis analisa teknikal saja bisa menghasilkan keuntungan.

Lihat bagaimana harga bergerak sesuai dengan perkiraan.

Anda bisa mengantongi beberapa ratus pips dalam waktu singkat dan bisa dijadikan modal membeli mobil sport atau sampai jet pribadi!

Anda mungkin berpikir, “Mengapa harus melihat level support dan resistance dengan candlestick? Akan melihat lebih banyak sinyal jika hanya dengan candlestick dan menghasilkan lebih banyak uang! "

Untuk menjawab ini, lihat lagi pada grafik yang sama dengan kajian hipotesis Anda ...

Kita menyoroti beberapa sinyal potensial hanya berdasarkan formasi candlestick.

Lihat!

Jika membuat keputusan hanya berfokus pada pola candlestick saja, Anda akan terus kehilangan uang!

Dengan menggabungkan candlestick dan level support dan resistance, Anda telah meningkatkan peluang untuk menang.