Pergerakan Harga Naik Tajam Karena Investor Melirik Safe Haven Lagi

Peluang : Bearish Open Sell : 1930.00 Target Profit : 1938.50 Stop Loss : 1914.00

Analisa Fundamental 


Harga emas stabil di sekitar puncak karena investor mengunci keuntungan dan berhati-hati menjelang pembacaan ekonomi utama dan pertemuan bank sentral dari seluruh dunia minggu ini. Emas menguat tajam karena meningkatnya jumlah taruhan bahwa Federal Reserve AS akan menaikkan suku bunga dengan kecepatan yang lebih lambat dalam beberapa bulan mendatang, mengurangi tekanan pada aset yang tidak memberikan imbal hasil. Gagasan ini dilanjutkan oleh data yang menunjukkan inflasi mereda lebih lanjut pada bulan Desember, yang membebani dolar dan imbal hasil Treasury AS. Kekhawatiran resesi di ekonomi utama tahun ini juga melihat permintaan safe haven emas yang baru, karena dampak dari kenaikan suku bunga yang tajam hingga tahun 2022 mulai terasa.Hal – hal tersebut memebuat Sentimen positif untuk Emas dan mengankat harga emas naik tajam. 


Analisa Teknikal 


Pada time frame H1 dapat kita lihat bahwa harga berada padadekat area Resistance, terlebih RSI mengindikasikan sudah memasuki area Oversold oleh karenanya kita dapat melakukan aksi jual pada area level harga 1930.00 – 1935.00 dengan batasan rugi 1938.50 dengan taking profit area di 1914.00 dengan melakukan aksi penjualan berarti kita melakukan trading Counter Trend. Sementara dapat kita lihat EMA 50 (kuning ) EMA 100 (Biru) telah melakukan persilangan keraah atas yang mengindikasikan Trend bullish sedang terjadi kita dapat melakukan aksi beli jika harga melakukan throwback ke 1898.50 – 1891.50. Gunakan Stoploss dalam melakukan transaksi dan amankanlah posisi trading anda sebelum berita yang berdampak besar rilis.


DISCLAIMER: KONTEN ARTIKEL BERSIFAT SPEKULATIF DAN TIDAK MENJAMIN. PASTIKAN BATAS RISIKO YANG BISA ANDA TANGGUNG SEBELUM EKSEKUSI PASAR.