Emas Menguat Tipis Cenderung Sideways, Namun Momentum Bullish Masih Kuat Karena Ekpektasi Data Inflasi Amerika Malam Ini Akan Kembali Menunjukkan Penurunan

Peluang : Bullish Open Buy : 1866.00 Target Profit : 1890.00 Stop Loss : 1858.00 Estimasi Profit / Lot : $2400

Analisa Fundamental 

 

Harga emas menguat dan mencapai level tertinggi tujuh bulan, namun cenderung bergerak sideways menjelang rilis data Consumer Price Index Amerika yang menjadi salah satu indikator inflasi. Angka Consumer price Index atau Index Harga konsumen (IHK) diperkirakan naik 6,5%, tahun-ke-tahun, yang dibandingkan dengan kenaikan 7,1% yang dilaporkan dalam laporan November. Index Dollar juga bergerak sidewats dan sedikit menguat pada Rabu kemarin. Apabila data IHK keluar lebih rendah dari prediksi maka pelaku pasar akan semakin optimis bahwa The Fed akan memperlambat laju kenaikan suku bunga, sekaligus akan segera menghentikan kenaikan suku bunga dalam waktu yang lebih cepat. 

 

Analisa Teknikal 

 

Grafik harian XAUUSD membentuk doji candle setelah menyentuh harga tertinggi, secara teknikal berpotensi melakukan reversal, namun harus ditunjang dengan indikator teknikal lain. RSI masih berada di area overbought dan momentum EMA masih menunjukkan tanda bullish yang kuat. Namun waspadai pola divergensi antara RSI dengan grafik candle. Hari ini XAUUSD diprediksi bergerak di kisaran 1865 – 1893.


DISCLAIMER: KONTEN ARTIKEL BERSIFAT SPEKULATIF DAN TIDAK MENJAMIN. PASTIKAN BATAS RISIKO YANG BISA ANDA TANGGUNG SEBELUM EKSEKUSI PASAR.