GBP Tertekan Setelah Investor Melihat Tidak Semua Anggota MPC Berpandangan Hawkish, Serta Pengaruh Penguatan Dollar

Peluang: Bearish Open Sell: 1.22400 Target Profit: 1.21250 Stop Loss: 1.22800 Estimasi Profit/Lot: $1150

Analisa Fundamental 

 

GBP justru melemah tajam setelah Bank of England mengumumkan kenaikan 50 basi point suku bunga. Faktor pertama yang menekan GBP adalah Dollar yang menguat setelah pernyataan The Fed pasca FOMC Meeting. The Fed secara tegas menyatakan akan tetap menaikkan suku bunga untuk membuat inflasi turun hingga target The Fed di kisaran 2%. Selain itu The Fed juga menaikkan target suku bunga d 2023, dari 5% menjadi 5.5%. Faktor yang kedua adalah, ternyata dari 9 orang orang anggota BOE yang tergabung dalam MPC (Monetary Policy Committee), tidak semuanya mendukung keputusan kenaikan suku bunga, 2 diantaranya ternyata menginginkan suku bunga tidak berubah. Hal ini membuat investor berasumsi bahwa kedepannya BOE akan mulai menghentikan kenaikan suku bunga. 

 

Analisa Teknikal 

 

Grafik harian GBPUSD akhirnya mengkonfirmasi pola bearish, setelah membuat long body bearish candle dan pola Bearish Enguilfing.Candle ditutup di bawah EMA14. Hari ini GBPUSD diprediksi bergerak di kisaran 1.21250 – 1.22500.


DISCLAIMER: KONTEN ARTIKEL BERSIFAT SPEKULATIF DAN TIDAK MENJAMIN. PASTIKAN BATAS RISIKO YANG BISA ANDA TANGGUNG SEBELUM EKSEKUSI PASAR.