GBPUSD Koreksi Naik, Namun Masih Dibebani Kekhawatiran Keuangan Tahunan Inggris

Peluang : Sideways Open Sell : 1.08500 Target Profit : 1.07500 Stop Loss : 1.09200 Estimasi Profit/Lot : $ 1000

Analisa Fundamental  

Ditopang oleh pernyataan Bank of England yang membeli obligasi pemerintah Inggris jangka panjang telah menopang kenaikan GBPUSD sebesar 157 pip di level 1.0888. GBPUSD nampak kembali turun di awal sesi Kamis ini, terbebani kembali naiknya dollar AS dan masih tingginya kekhawatiran pasar terhadap kondisi keuangan negara Inggris. Bank of England (BOE) mengambil sikap tegas dengan menghentikan semua penjualan surat-surat hutang Inggris dan berbalik membeli surat-surat hutang jangka panjang kemarin sempat menopang GBPUSD menguat selain koreksi pada dollar AS. Tetapi pelaku pasar masih nampak berhati-hati di tengah kondisi keuangan Inggris yang nampak memburuk. Kebijakan menteri keuangan Inggris yang baru, Kwasi Kwarteng, untuk memotong pajak di Inggris sejak pekan lalu, mengikuti kebijakan pemerintah untuk membatasi harga tertinggi bahan bakar yang harus dibayarkan masyarakat Inggris, serta rencana stimulus sebagai upaya menjaga kestabilan ekonomi masyarakat Inggris dipandang sebagai langkah yang berbahaya karena akan mendorong Inggris pada hutang jangka panjang yang besar. Hal-hal ini yang menjadi pendorong pelemahan Pound Sterling sehingga sempat mencatat level rekor terendah 1.0330 di pekan lalu. Jam 18:30 WIB, anggota BOE David Ramsden akan berpidato dan berpeluang menjadi penggerak harga GBPUSD.  

  

Analisa Teknikal  

GBPUSD dibuka dengan harga turun hampir menyentuh garis tengah Bollinger setelah sebelumnya menabrak Upper Line dari Bollinger Bands, sementara Stochastic sudah berhasil menembus area oversold. GBPUSD berpeluang dijual menguji support di level 1.0976, namun waspadai pembalikan arah hingga harga menembus resistance di level 1.0728.

 

Grafik 4 jam dan harian 

image.png

image.png


DISCLAIMER: KONTEN ARTIKEL BERSIFAT SPEKULATIF DAN TIDAK MENJAMIN. PASTIKAN BATAS RISIKO YANG BISA DITANGGUNG SEBELUM EKSEKUSI PASAR.