EURUSD Nampak Turun Pasca Kenaikan Tinggi Kemarin, Kemungkinan Kemarin Hanya Koreksi Naik

Peluang : Sideways Open Sell : 0.97300 Target Profit : 0.96300 Stop Loss : 0.98000 Estimasi Profit/Lot : $ 1000

Analisa Fundamental  

Ditopang sentimen melemahnya dollar AS dan pernyataan yang cenderung hawkish dari Presiden ECB Christine Lagarde telah mendorong naik EURUSD di hari Rabu, berakhir menguat 143 pip di level 0.9735. EURUSD nampak kembali turun di awal hari Kamis ini, setelah koreksi dollar AS kemarin menopang naik EURUSD. Kabar referendum wilayah-wilayah Ukraina yang sudah berada di bawah militer Rusia meminta bergabung dengan Rusia kemarin, menjadi pemicu pelemahan dollar AS di tengah sikap hati-hati pasar mengalihkan dana investasi pada aset aman logam emas dan menopang naik mata uang utama terhadap dollar AS. Walaupun hingga saat ini, media-media besar Eropa dan AS nampak menepis referendum Rusia sebagai referendum palsu, meningkatkan sikap hati-hati pelaku pasar kemarin. Fokus pasar masih kepada peluang kenaikan suku bunga dari The Federal Reserve dan European Central Bank (ECB) di bulan Oktober mendatang. Walau keduanya menunjukkan sikap hawkish, tetapi The Fed masih nampak optimis menopang kenaikan suku bunga di atas level 4.00%, dan ECB belum memberikan target yang pasti. Hal ini dapat menopang kembali minat pasar pada dollar AS. Hari ini, data German Prelim CPI dan data ekonomi AS berpeluang menjadi penggerak EURUSD.  

  

Analisa Teknikal  

EURUSD dibuka dengan harga turun hampir menyentuh garis tengah Bollinger setelah sebelumnya menabrak Upper Line dari Bollinger Bands, sementara Stochastic sudah berhasil menembus area oversold. EURUSD berpeluang dijual menguji support di level 0.9624, namun waspadai pembalikan arah hingga harga menembus resistance di level 0.9780

 

Grafik 4 jam dan harian 

image.png

image.png


DISCLAIMER: KONTEN ARTIKEL BERSIFAT SPEKULATIF DAN TIDAK MENJAMIN. PASTIKAN BATAS RISIKO YANG BISA DITANGGUNG SEBELUM EKSEKUSI PASAR.