GBPUSD Sentuh Harga Terendah Selama Ini di Level 1.0300, Tertekan Pasca Putuskan Potong Pajak

Peluang : Sideways Open Sell : 1.05500 Target Profit : 1.04500 Stop Loss : 1.06200 Estimasi Profit/Lot : $ 1000

Analisa Fundamental


Naiknya dollar AS dan kekhawatiran kondisi ekonomi Inggris serta rencana stimulus dari pemerintah Inggris telah menekan turun GBPUSD, melemah 395 pip ke level 1.08626 di hari Jumat kemarin. GBPUSD turun sangat jauh pada hari Senin ini setelah kabar pemerintah Inggris melakukan pemotongan pajak Jumat kemarin. Selain pemotongan pajak usaha, Kwasi Kwarteng, menteri keuangan Inggris yang baru, juga menganulir kenaikan pajak pendapatan yang sebelumnya sudah diterapkan, memotong pajak pembelian untuk produk tertentu, menurunkan pajak asuransi dan skema pajak belanja oleh turis. Lebih lanjut Kwarteng mengajukan stimulus sebesar 72 biliun Pound Sterling sebagai dana bantuan masyarakat. Kebijakan pemerintah Inggris ini terus menyebabkan turunnya nilai tukar mata uang pound sterling terhadap dollar AS dan mata uang lainnya. Belum lagi kebijakan moneter Bank of England yang dipandang pasar sebagai langkah yang kecil dibandingkan bank sentral utama lainnya. The Fed telah menaikkan suku bunga sebesar 0.75% pada masing-masing pertemuan bank sentral sebanyak 3x. ECB dan SNB telah menaikkan tingkat suku bunga sebesar 0.75%, dan ECB dikabarkan akan menaikkan tingkat suku bunga lebih lanjut di bulan Oktober nanti.Sentimen ini dapat berlanjut di pekan depan jika data-data ekonomi Inggris belum menunjukkan perbaikan yang signifikan. 

  

Analisa Teknikal 

GBPUSD dibuka dengan harga turun menembus support keduanya dan hampir menyentuh support ketiganya, namun kembali koreksi naik ke area diatas support kedua. GBPUSD berpeluang bergerak turun menguji support ketiganya di level 1.0273 jika berhasil menembus support keduanya di level 1.0506. GBPUSD masih berpeluang dijual selama harga tidak bergerak naik menembus resistance di level 1.0925.

image.png


DISCLAIMER: KONTEN ARTIKEL INI HANYA BERSIFAT SPEKULATIF DAN TIDAK MENJAMIN. PASTIKAN BATAS RISIKO YANG BISA ANDA TANGGUNG SEBELUM EKSEKUSI PASAR.